Hewan Pengubah Sejarah Dunia

Hewan memang menggenggam sejarah yang panjang di kehidupan manusia. Kehidupan manusia juga tidak dapat lepas dari kehadirannya. Berikut kami sudah mengumpulkan hewan-hewan yang mewarnai sejarah kehidupan manusia untuk Anda.

Laika, Anjing Pertama di Angkasa

Tanggal 3 November 1957, Laika terbang ke pesawat Sputnik 2 dan jadi binatang pertama kali yang mengorbit dan buka jalan manusia dalam dunia antariksa. Kosmonot binatang ini cetak sejarah cuman berlalu penyeluncuran pesawat tanpa awak Soviet yakni Sputnik 1 sebagai tanda zaman penelusuran luar angkasa.

Laika awalnya hanya satu ekor anjing liar saat sebelum diamankan dan dilatih secara intens dengan anjing lain, tetapi faksi Soviet putuskan mengirim Laika karena ketahanan badannya yang melewati anjing lain. Walau Soviet mengeklaim Laika sukses selamat dalam Sputnik 2 satu minggu saat sebelum meninggalnya, tahun 2002 baru terbuka bukti jika Laika mati beberapa saat sesudah ledakan karena kepanasan dan stress.

Sesudah mengelilingi bumi lebih dari 2.000 kali, Sputnik bersama Laika didalamnya terbakar saat masuk atmosfer bumi pada April 1958. Agustus tahun 1960, anjing luar angkasa Soviet Belka dan Sterlka jadi anjing pertama kali yang selamat mengelilingi bumi. Kurang dari satu tahun sesudahnya, persisnya 12 April 1961, pilot Soviet, Yuri Gagarin, jadi manusia pertama di luar angkasa. 8 tahun sesudahnya persisnya 22 Juli 1969 Amerika cetak sejarah dengan mengirim manusia pertama ke bulan.

Cher Ami, Penyelamat Pasukan Amerika dalam Perang Dunia I

Sepanjang peperangan, Cher Ami, sebagai satu diantara beberapa ribu burung yang dipakai korps pengirim pesan Amerika di Perancis untuk mengirimi info penting dalam perang. Oktober 1918, walau Cher Ami cedera kronis karena shooting lawan tetapi dia masih mengirimi pesan ke pasukan Amerika dari gagalion Mayor Charles Whittlesey yang lenyap dari seksi infantri 77 yang terjerat disamping timur laut Perancis sepanjang serangan Meuse-Argonne offensive, mereka terkepung pasukan lawan sementara mereka terserang pasukan Amerika yang tidak ketahui terang di mana mereka ada. Walau tentara Jerman tembak Cher Ami saat terbang, burung itu masih tetap sampaikan pesan ke Whittlesey di mana battalion itu ada. Pada akhirnya battalion itu selamat dan Cher Ami dianugerahkan penghargaan Croix de Guerre oleh pemerintahan Perancis. Sesudah meninggalnya pada juni 1919, burung itu diawetkan oleh pakar pengawetan dan dipampang di museum Smithsonian.

Cairo, Pencium Kehadiran Osama Bin Laden

Tanggal 2 Mei 2011, Cairo bergabung dalam team Navy SEALs yang membunuh pimpinan Al-Qaeda Osama bin Laden dalam penangkapan di Abbottabad, Pakistan. Visi yang berjalan hamper satu decade itu pada akhirnya sukses membunuh dalang dibalik kejadian 9/11. Bukti mengenai anggota Navy SEALs yang turut serta masih dirahasiakan, mengenai Cairo yang belum dijumpai secara luas. Berdasar sebagian sumber, anjing K9 itu berperanan untuk menolong patrol dan serang tiap lawan yang dating.

Cairo beritanya satu ekor anjing Belgian Malinois yang sama tetapi lebih kecil dari anjing German shepherd. Anjing tipe Malinois diputuskan karena kepandaian, kecepatan dan keakuratan indra dan kemampuan gigitannya. Sejak penangkapan bin Laden, kehadiran Cairo masih mistis, tetapi dikabarkan juga sesaat sesudah penangkapan itu ketika Presiden Obama berjumpa dan mengucapkan selamat ke mereka, dia minta berjumpa dengan Cairo yang ada di ruang samping.

Tikus dan Kutu yang Menghantui Kehidupan Era Tengah

Pada tengah era ke-14 masehi, wabah yang mematikan yaitu pandemi Black Death membunuh sepertiga komunitas Eropa atau beberapa 25 juta orang. Waktu itu, pemicu Black Death belum juga dijumpai, walau sebagian orang yakin jika itu ialah usaha bangsa Yahudi membunuh pengikut Kristen walau yang lain mengaitkan dengan musibah gempa bumi maupun hukuman dari Tuhan atas semua dosa manusia.

Beberapa periset nanti mengenali hal itu sebagai penyakit menyebar karena bakteri yersinia pestis yang mengontaminasi tikus dan serangga lain dan menyebar ke manusia karena gigitan kutu yang terkena. Pandemi Black Death menebar lewat Asia tengah ke arah Eropa di mana pandemi itu dating di tahun akhir 1340-an dan secara cepat membunuh beberapa orang dan mengkacaukan kehidupan warga. Salah satunya karena pandemi ini ialah kekurangan tenaga kerja yang menjalar dan mengakibatkan peningkatan tingkat gaji karena beberapa pebisnis benar-benar memerlukan tenaga kerja.

Monyet yang Membunuh Raja

Pada awal Oktober 1920, Alexander si raja Yunani sedang jalan-jalan di kebun dan di saat yang bertepatan anjing piaraan kepunyaannya serang monyet piaraannya. Saat si raja coba pisahkan ke-2 binatang itu, ada monyet yang lain menggigitnya. Cedera itu mengontaminasi raja dan membuat wafat pada 25 Oktober 1920 di umurnya yang baru 27 tahun.