Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Sepak Bola

Berikut ialah beberapa tehnik dasar permainan sepak bola:

Menyepak Bola

Menyepak bola (kicking) bisa dilaksanakan dengan semua sisi kaki, tetapi secara tehnis supaya bola bisa disepak secara baik, menyepak dilaksanakan dengan memakai pungung kaki atau kura-kura kaki, segi kaki sisi dalam, segi kaki sisi luar, punggung kaki sisi dalam, dan punggung kaki sisi luar.

Arah dari menyepak bola:

  • Untuk memberinya atau mengoperkan bola pada rekan
  • Untuk menyarangkan bola ke gawang musuh
  • Untuk hidupkan bola kembali sesudah terjadi satu pelanggaran seperti sepakan bebas, sepakan pelosok, sepakan hukuman, sepakan gawang dan lain-lain.
  • Untuk lakukan clearing atau pembersihan pada jalan sapu bola yang beresiko di wilayah sendiri atau dalam usaha membendung gempuran musuh pada wilayah pertahanan sendiri.

Mengatur Bola

Mengatur atau hentikan bola atau stopping bisa dilaksanakan dengan tungkai bawah, kaki sisi dalam, kaki sisi luar, punggung kaki (penuh atau sisi luar), sol sepatu, tumit kaki (jarang-jarang dipakai), telapak kaki, tulang kering, paha, perut,dada, dan kepala.

Arah hentikan bola untuk mengatur bola, terhitung untuk mengendalikan tempo permainan, mengubah pergerakan permainan atau mengganti arah permainan dan mempermudah untuk lakukan passing.

Membawa Bola

Arah membawa bola atau Dribbling untuk melalui musuh, untuk dekati wilayah pertahanan musuh, untuk melepaskan diri dari kawalan musuh, untuk cetak gol, dan untuk meleawati wilayah bebas.Ada banyak jenis langkah membawa bola salah satunya dengan memakai kura-kura kaki sisi dalam, kura-kura kaki penuh dan kura-kura kaki sisi luar.

Sundul Bola

Arah sundul bola atau heading untuk mengoperkan bola ke rekan, menepis bola dari wilayah gawang atau wilayah beresiko, melanjutkan bola ke rekan atau wilayah yang kosong, dan untuk membikin gol ke gawang musuh. Teknik sundul bola bisa dilaksanakan dalam status sikap berdiri, lari dan melonjak.

Merampas Bola

Merampas bola atau tackling ialah teknik merebut bola dari musuh yang kuasai bola. Teknik ini umumnya dilaksanakan oleh pemain bertahan atau pemain belakang untuk hentikan gerak musuh. Langkah merampas bola bisa dilaksanakan dengan berdiri, melayang-layang atau juga bisa dengan jatuhkan badan baik dari depan atau samping pemain dengan mempertimbangkan saat yang pas supaya bola betul-betul bisa diambil dan bukan sebuah pelanggaran.

Lemparan Ke Dalam (throw-in)

Melempar bola yang keluar ke lapangan harus dilaksanakan dengan memakai ke-2 tangan lewat di atas kepala, ke-2 kaki pemain yang melempar bola harus ada di luar garis samping batasan lapangan dan saat melempar bola ke-2 kaki harus ada di tanah, jangan diangkat.

Gerak Tipu

Gerak tipu ini dilaksanakan dengan arah untuk mengusik dan hilangkan kesetimbangan musuh.

Teknik Penjaga Gawang

Teknik yang penting dilaksanakan seorang kiper (goal keeping) supaya tidak kecolongan atau bungkusukkan bola diantaranya : tangkap bola dengan tinggi perut, tangkap bola berguling ditanah, tangkap bola dengan tinggi dada dan menepiskan bola tinggi lewat atas gawang.

Baca Juga: Teknik Menggiring Bola