Kebiasaan Unik yang Menunjang Gaya Hidup Sehat

[andriarto.blog.uns.ac.id]-tips-kebiasaan-unik-hidup-sehat
Kebiasaan Unik Penunjang Gaya Hidup Sehat
Bismillah…

Syukur alhamdulillah sampai detik ini, meski conditioning di awal perkuliahan semester 4 sudah berjalan, masih diberi kesehatan yang tak kurang suatu apapun. Sehingga bisa kembali berbagi tips meski tugas-tugas kuliah sudah mulai menyapa 🙂 Bicara mengenai kesehatan, kesehatan adalah hal terpenting dalam menjalani semua rutinitas hidup setiap manusia di berbagai jenjang usia. Semua usia, dari anak-anak, remaja, dewasa hingga yang berusia lanjut perlu yang namanya kesehatan. Pada dasarnya, hidup sehat itu mudah dijalankan, namun butuh proses dan bertahap yang dilakukan setiap hari. Sehingga menjadi kebiasan rutin yang mudah untuk dipraktekkan. Itulah yang terkadang membuat sebagian orang menganggap hidup sehat merupakan suatu hal yang sulit dilakukan bahkan ada yang menganggap hanya sebuah impian. Karena mereka kurang sabar dalam menjalani suatu proses.

Oleh karena itu, dengan tulisan kali ini saya ingin mengajak Anda yang sampai detik ini masih beranggapan bahwa hidup sehat itu sulit, menjadi sadar bahwa apapun tidak ada yang sulit jika Anda mau sedikit bersabar. Mari mulai hidup sehat sekarang. Dengan memulai gaya hidup sehat setiap hari, maka tubuhpun akan mengalami peningkatan kualitas kesehatan secara drastis. Hal ini tentunya akan berdampak pada semakin bersemangatnya Anda dalam bekerja serta tubuhpun tidak akan mudah terserang berbagai penyakit sepanjang hari. Nah, oleh karena itulah saya ingin berbagi tips menumbuhkan kebiasaan yang unik untuk menunjang dan memudahkan Anda dalam memulai gaya hidup sehat. Mengapa saya katakan unik? Karena kebiasaan-kebiasaan di bawah ini tidak banyak orang yang senang melakukannya, dan juga masih jarang kita temui di sekitar kita. Kalaupun ada, jumlahnya pasti bisa dihitung jari 🙂 Yuk simak kebiasaan-kebiasaan unik untuk mencapai gaya hidup sehat mulai dari :

1. Tidur Lebih Awal Di Malam Hari

Bagi sebagian besar dari kita tentu lebih memilih untuk tidak tidur lebih awal. Coba Anda perhatikan orang sekitar atau bahkan teman Anda, berapa yang sudah melakukan kebiasann tidur di bawah jam 9 (malam)? 🙂 Beberapa alasan yang sering sekali saya dengar adalah sedang sibuk mengerjakan tugas, menonton film atau acara favoritnya yang segera dimulai ataupun mengobrol dengan teman/sahabat, atau bahkan hanya sekadar ber-chatting ria di gadget mereka hingga melewatkan jam tidurnya. Faktanya, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup setelah beraktivitas padat seharian. Dan saat malam hari lah waktu yang paling tepat untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk tidur di bawah jam 9 malam. Lantas bagaimana dengan tugas kuliah? Urusan dengan rekan sejawat? Dan bla..bla..bla lainnya? Selesaikan esok hari 🙂 Semakin awal Anda tidur, semakin awal juga kok bangun nya 🙂 Selesaikan tugas di pagi hari, atau bahkan yang lebih baik coba tuntaskan tugas di sore harinya sebelum malam tiba, berlatihlah mengatur waktu. Di awal memang sulit, tapi ketika Anda bisa melalui fase-fase sulit untuk bertahan dari hal yang baik, di saat itulah Anda selangkah menuju keberhasilan. Bersabarlah, kebiasaan hidup sehat memang sulit di awal, itu yang belum banyak orang tau, dan disitulah letak keunikannya 🙂

2. Berolahraga Di Pagi Hari

Inilah salah satu kebiasaan tersulit bagi sebagian besar dari kita. Padahal saya yakin Anda pun pasti sudah memahami betapa luar biasa manfaat olahraga di pagi hari. Namun Anda bisa menghitung dengan jari, berapa orang yang dapat meluangkan waktunya untuk berolahraga di pagi hari. Tidak usah terlalu berat membebankan olahraga pada tubuh Anda. Cukup lakukan jogging sambil mendengarkan musik favorit Anda. Atau yang lebih sederhana berjalan-jalan mengitari komplek rumah Anda. Masih kurang sederhana? Lakukan stretching (peregangan) pada tubuh dan anggota gerak badan Anda. Intinya, lakukan aktivitas fisik untuk mengaktifkan tubuh Anda, istilahnya pemanasan sebelum menjalani aktivitas seharian. Sulit bangun bagi? Lakukan tips poin ke-1 sebagai solusinya 🙂

3. Hobi Berjalan Kaki

Nah, ini juga sulit dilakukan di era sekarang ini. Hal ini dapat dibutktikan, banyak diantara kita yang lebih memilih mengendarai kendaraan bermotor hanya untuk menjangkau sebuah tempat yang bisa kita jangkau hanya dengan berjalan kaki saja. Tuntutan kesibukan mungkin yang membuat Anda mencari alasan untuk selalu terburu-buru menuju suatu tempat. Padahal hal itu bisa Anda atasi dengan kebiasaan mengatur waktu. Hal yang paling menjiwai masyarakat kita saat ini adalah “jam karet”. Mungkin bisa dibilang suatu hal yang luar biasa ketika masyarakat kita bisa tepat waktu dalam melakukan segala hal. Padahal itu hal yang biasa. Mari mulai kebiasaan hidup sehat dengan melakukan hal yang paling sederhana, yaitu berjalan kaki. Jika Anda seorang mahasiswa perantauan (seperti saya), pasti mencari letak kost/rumah kontrak yang tidak terlalu jauh dari lokasi kampus,bukan? Nah, mulai sekarang mari berangkat ke kampus dengan berjalan kaki. Anda akan menjadi mahasiswa yang unik ketika bisa tepat waktu dengan berjalan kaki 🙂

4. Minum Air Putih Cukup Setiap Hari

Banyak diantara kita yang membutuhkan air putih disaat sedang terasa haus saja. Padahal indikasi seseorang mengalami dehidrasi sudah muncul bahkan ketika Anda belum merasa haus [Baca penjelasan detailnya di tulisan saya yang ini : Awas! Kenali Indikasi tubuh mengalami Dehidrasi ] . Tubuh seseorang sebagian besar tersusun atas cairan, jadi berbagai masalah kesehatan akan mudah muncul, jika tubuh kekurangan cairan setiap hari. Minumlah air putih lima gelas setiap pagi atau delapan gelas setiap harinya (Disesuaikan dengan aktivitas fisik yang anda lakukan). Saya sarankan untuk selalu membawa persediaan air minum kemanapun Anda bepergian. Ke kampus, hang out, atau hanya sekadar wifi-an 😀 Pastikan kebuthan cairan Anda terpenuhi. Dan ingat, jangan menunggu haus untuk mencukupi lebutuhan cairan Anda. Malu membawa botol minuman kemana-mana? Mengapa malu? Itu unik 🙂

5. Makan Buah Setiap Hari

Nah, untuk poin yang ini sekalian saya ingatkan, bahwa kebiasaan makan buah bukan wajib untuk kalangan kaya saja. Semua orang juga wajib rutin mengonsumsi buah-buahan. Perlu Anda ketahui, bahwa buah-buahan mengandung zat gizi yang penting untuk tubuh kita, yaitu vitamin. Dan vitamin tidak bisa diproduksi dan disimpan oleh tubuh, jadi mau tidak mau harus kita penuhi setiap hari dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin. Contoh sederhananya adalah buah-buahan. Ada berbagai jenis buah-buahan yang dapat Anda beli sesuai dengan kantong Anda. Bahkan meski saya mahasiswa perantauan yang dituntut untuk selalu berhemat, masih saya sempatkan untuk membeli buah setiap mingggunya untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, kok. 🙂 Pilihan buah sebenarnya bergantung selera Anda, namun saya pribadi paling suka melengkapi menu sarapan saya dengan buah pisang dan anggur 🙂 Setiap pagi di kampus juga saya sempatkan untuk makan pisang, bukan ndeso ataupun sok kaya, tapi unik 🙂

Nah, mungkin sementara itu yang bisa saya tuliskan sekarang. Masih ada tugas yang menunggu untuk disapa malam ini 😀 Sebenarnya masih ada banyak kebiasaan-kebiasaan unik yang membantu Anda mencapai gaya hidup sehat yang Anda dambakan selama ini. Mungkin lain waktu bisa saya sambung lagi. 😀
Terimakasih atas waktu dan perhatiannya membaca tulisan saya ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun pemahaman. Syukron 🙂

23 Comments

  1. ayperda

    Sepatu kak Irfan kesehatan tetap harus menjadi prioritas utama walaupun ada kegiatan, tugas dll yang udah kayak rel kereta. Dari ke 5 kebiasaan yang diatas saya masih kesulitan untuk menata jam tidur maklum insomia kak. hehehe jadi kalau belum malem blm bisa tidur. mungkin lain waktu bisa disampaikan tips dalam mengatasi insomia kak? nice post ^_^

    Reply
  2. Rizal Nurhidayat

    ini kak yang perlu saya garis bawah …kurang sabar dalam menjalani suatu proses… soalnya kesabaran adalah salah satu kunci kesuksesan… Kalau soal kebiasaan diatas semuanya jarang saya lakukan kak, apalagi yang tidur awal dan olahraga pagi… makan buah juga belum bisa setiap hari, maklum kantong anak kost terbatas… Kalau berjalan kaki sih mulai dibiasakan… dan untuk yang minum air putih, inshaa Allah sudah cukup… hehhe… 😀

    Reply
    • Irfan Andriarto

      Wah, bagus deh kalau beberapa sudah Kak Rizal coba 🙂
      Kalau masalah kantong mahasiswa sih sama kak 😀
      Cuma pengen bagi tips aja nih, kita sebagai mahasiswa kan udah biasa tuh investasi buat urusan-urusan kuliah, buat urusan blogging juga udah biasa, nah gak ada salahnya dong mulai sekarang investasi buat kesehatan 🙂
      Beli buah-buahan tiap minggu, setel alarm buat bangun pagi, sederhana sih kak. Cuma ya itu, harus sabar dalam menjalani suatu proses 🙂
      Terimakasih Kak Rizal atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
  3. Muhammad Adam

    Jujur kak, saya masih merasa sulit pada poin 1.
    Saya terbiasa mengerjakan tugas sampai larut malam kak. Terus kalau malam hari itu enak buat belajar bahasa pemrograman (alias ngoding, hehe). Suasana tenang, enak buat belajar, plus internet kenceng, hehe…

    Reply
    • Irfan Andriarto

      Nah, maka dari itu kak saya sebutnya kebiasaan unik. 🙂
      Karena sebenarnya banyak yang udah tau dan pengen praktekkin, tapi banyak juga yang kalah sama “bla..bla..bla” nya itu hehe 😀
      Yang penting poin lainnya berusaha dijalani ya kak 🙂
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
  4. Zee

    Nice post kak Irf. .:)
    Membaca poin ke-4 saya jadi sadar kalau selama ini saya minum hanya disaat sangat haus. .bahkan setelah makan saja sering lupa. .:D
    Lalu saya kira untuk poin ke-3 sudah cukup tanpa berolahraga setiap pagi. .ternyata masih perlu. .
    Terima kasih informasinya. .:)

    Reply
    • Irfan Andriarto

      Wah, hati-hati kak kalau masalah cairan tubuh. Mulai sekarang harus makin rajin minum air, bahkan mungkin Kak Zee juga sudah tau kalau ada penelitian yang membuktikan bahwa kita bisa hidup puluhan hari tanpa makanan, tapi kita tidak bisa hidup beberapa hari saja tanpa minum.
      Harapannya setelah membaca ini Kakak jadi makin sering minum dan yang pasti juga berolahraga. Kalau masih malas berolahraga sendiri, boleh kok ngajak rekan atau pacarnya 🙂
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
  5. enas nasrudin

    ternyata tidur lebih awal itu bagus ya, dari semua point diatas yang sulit nomer 1 kyknya, nanti saya akan coba praktekan minimal 1 bulan sebelum tahun 2016 ini berakhir, sebelumnya terimakasih info nya.

    Reply

Tuliskan pendapat Anda...