[Materi Kuliah] Anatomi Dasar Semester 1

SAnatomi Dasar [andriarto.blog.uns.ac.id].pngBismillah…

Jadi postingan kali ini bermula ketika kemarin iseng lihat statistik blog dan saya kaget, kenapa? Karena hampir 50 keyword yang masuk di pencarian blog saya adalah mengenai Materi Anatomi 😀 Maka dari itu, kali ini akan coba saya tuliskan beberapa catatan saya selama menjalani perkuliahan Anatomi di Semester 1. Materi saya sadur dari beberapa slide dan modul selama perkuliahan, yang kala itu diampu oleh Bapak Drs.Budhi Satyawan, M.Pd.

Nah untuk mengawali pembahasan seperti judul yang saya tulis, Anda harus terlebih dahulu mengerti dan memahami apa itu Anatomi. Untuk mengetahuinya sila baca tulisan saya mengenai pengertian Anatomi di tautan ini → Apa itu Anatomi?

Setelah memahaminya, maka akan saya lanjutkan mengenai materi kuliah yang akan dipelajari di Mata Kuliah Anatomi Dasar khususnya bagi Mahasiswa Penjaskesrek UNS. Jadi begini, Anatomi merupakan ilmu yang dapat dipisahkan/dikategorikan menjadi beberapa cabang ilmu, diantaranya ertologie (mempelajari tentang sel) ; hystologie (mempelajari tentang jaringan) ; osteologie (mempelajari tentang tulang) ; arthrologie (mempelajari tentang persendian) ; myologie (mempelajari tentang otot) ; neurologie (mempelajari tentang syaraf) ; dan antropologie (mempelajari tentang ukuran organ tubuh). Untuk cabang Osteologi, arthrologie, dan myologie termasuk dalam kinesiologi (ilmu gerak). Oleh karena itu, bagi mahasiswa olahraga pentingnya mempelajari Anatomi adalah untuk memahami ilmu gerak, karena Olahraga berarti melakukan gerak. Hal ini akan menyangkut tulang (pasif), otot (aktif), gerakan (persendian), systema neuro muscullar (syaraf otot). Sehingga Anatomi dalam tinjauannya terdiri atas dua unsur pokok, yaitu :

Alat penggerak aktif

  • Alat dalam    : Cor (jantung), Pulmo (Paru-paru), Otot (muscullus), urat (tendon), jaringan pengikat (ligamen)

Alat penggerak pasif

  • Tulang (os), tulang-tulang (ossa)

Namun demikian, pada perkuliahan di Semester 1 hanya akan diberikan mengenai dasar-dasarnya, yaitu mengenai Alat penggerak pasif, atau mudahnya pada semester 1 hanya akan mempelajari Osteologie (mempelajari tentang tulang) dan Arthrologie (mempelajari tentang persendian). Untuk cabang ilmu gerak lainnya (alat gerak aktif) diantaranya hystologie (mempelajari tentang jaringan), myologie (mempelajari tentang otot), dan neurologie (mempelajari tentang syaraf) akan dipelajari pada semester selanjutnya di mata Kuliah Anatomi Lanjut.

Catatan : Jika Anda tidak lulus dalam mata kuliah ini (Anatomi Dasar) maka Anda tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah Anatomi Lanjut. Hal ini juga demi kebaikan Anda selama mengikuti perkuliahan. Maka dari itu bersungguh-sungguhlah dalam mengikuti setiap perkuliahan, untuk tips-tips nya bisa Anda baca di tautan ini 🙂 → Tips Anatomi

Setelah mengetahui cabang-cabang ilmu dalam Anatomi serta tau bahwa pada Semester 1 hanya akan mempelajari Tulang dan Persendian, maka selanjutnya perlu Anda mengerti juga bahwa tulang-tulang pada tubuh kita terbagi menjadi 4 bagian utama, yaitu :

  1. Cranium (tulang tengkorak) – link belum tersedia
  2. Sceleton trunchi ( tulang badan) – link belum tersedia
  3. Sceleton extrimitas superior ( tulang anggota gerak atas) – link belum tersedia
  4. Sceleton extrimitas inferior ( tulang anggota gerak bawah) – link belum tersedia

Catatan :  Klik pada salah satu tautan di atas untuk membaca rincian materinya.

Nah mari kita masuk pada materi utama, yaitu Osteologie dan Arthrologie 🙂

1. Osteologie

Tulang (os) adalah organ yang padat, keras, elastis, yang menyusun suatu rangka yang disebut systema sceleti, sedang rangkanya sendiri disebut sceleton humanum. Lantas apa fungsi tulang bagi tubuh kita? Ada beberapa fungsi, diantaranya :

  1. Memberi kekuatan pada badan. Bisa Anda bayangkan apabila pada tubuh Anda tidak terdapat tulang. Pasti akan sangat lemah dan tak bertenaga.
  2. Memberi bentuk tubuh. Tubuh kita terbentuk dari beberapa tulang yang membentuk rangka.
  3. Sebagai alat gerak pasif. Karena alat gerak aktif kita adalah otot yang dirangsang oleh syaraf.
  4. Sebagai alat pelindung organ dalam. Khususnya adalah tulang iga dan tulang dada.
  5. Sebagai tempat melekatnya otot dan ligamen

Klasifikasi Tulang

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk, yaitu :

Anatomi Dasar-os longum
Os Longum

1.  Os longum (tulang panjang), yaitu tulang yang berbentuk panjang, menyerupai pipa. Misalnya os femur, os tibia, os fibula, os humerus.


 

Anatomi Dasar-os breve
Os Breve

2.  Os Breve, merupakan tulang yang pendek persegi. Ukuran panjang dan lebar dan tebalnya. hampir sama. Misalnya, tulang-tulang pada pangkal tangan dan pangkal kaki.


 

Anatomi Dasar-os plana
Os Plana

3. Os plana, tulang ini bentuk pipih, ceper, tidak memupunyai rongga. Pada umumnya menjadi batas ruang tubuh. Misalnya tulang tengkorak, belikat, rusuk.


 

Anatomi Dasar-os irregular
Os Irregularis

4. Os Irregularis, tulang-tulang ini bentuknya kompleks dan beraneka ragam. Misalnya ruas tulang belakang, tulang-ttulang gelang bahu, gelang panggul, tempurung lutut dan tulang-tulang kecil di wajah

 ↓ Download Materi Osteologie selengkapnya ↓

2. Arthrologie

Articulatio/ joint/ sendi adalah hubungan antara dua tulang atau lebih. Jadi pertemuan antara dua tulang atau lebih pada tubuh kita disebut sendi. Berdasarkan struktur dan geraknya dibagi menjadi 3 (tiga) bentuk/ tipe, yaitu :

1. Synarthrosis : suatu bentuk articulatio yang tidak ada geraknya. Permukaan tulang yang saling bersendi berhubungan secara langsung dengan dibantu jaringan pengikat. (3 macam synarthrosis).

Anatomi Dasar-gomphosis
Gomphosis : bentuk synarthrosis yang menghubungkan antara radix dentis dengan alveolus
Anatomi Dasar-sutura
Sutura: bentuk synarthrosis yang dibantu oleh jaringan pengikat fibrosa. Hanya terdapat di cranium
Anatomi Dasar-syndesmosis
Syndesmosis : bentuk synarthrosis yang dibantu oleh lig. Interossius (syndesmosis tibiofibularis inferior)

 

2. Amphiarthrosis : bentuk articulatio yang pada facies articularisnya dihubungkan oleh cartilago.

Download Materi Arthrologie selengkapnya

Nah mungkin sementara itu dulu yang bisa saya tuliskan mengenai Materi Kuliah Anatomi Dasar Semester 1 ini, materi selengkapnya bisa Anda baca pada tautan yang terkait di masing-masing pembahasan. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan maupun definisi dari setiap istilah, kita sama-sama belajar, bukan? 🙂 Terimakasih atas waktunya untuk membaca tulisan saya ini. Semoga bermanfaat. Syukron 🙂

Sila baca juga tulisan menarik lainnya mengenai Tips Mudah Memahami Anatomi di tautan ini → Tips Anatomi

19 Comments

  1. Arifin Satya

    Terimakasih telah berbagi materi yang bermanfaat sekali 🙂
    Kebetulan lagi browsing nemu blog kamu, lumayan buat nambah referensi. Ijin ngutip ya, saya cantumin sumbernya kok 🙂
    Salam dari FPOK UPI 🙂

    Reply
  2. Fajar Fitri Susanti

    Good.. Lanjutkan dik Irfan semoga bermanfaat untuk orang lain. Saya juga alumni POK UNS, penjas 2001.. Dlu Matkul yg paling ak sukai adalah anatomi,, sampe hafal Pak Budi Satiawan,, jaman dl bljrnya cm di 1 buku (itu aj fotocopy) ga kaya sekarang ada Internet, banyak referensinya.. Salam olahraga!!!

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Wah, salam kenal ya Mbak Fitri. 😊
      Gak nyangka bisa ‘ketemu’ senior di dumay,hehe.

      Anatomi emg bikin penasaran,Mbak.
      Seru mempelajarinya, bikin ketagihan haha.

      Sampe sekarang antomi masih dipegang Pak Budhi kok.
      Untuk masalaah referensi sebenernya malah sama kampus gak dikasih buku/peganga apa-apa. Jadi ya cuma modal slide presentasi beliau terus kami print sendiri. 😂

      Kapan main ke kampus lagi,Mbak? Kampus udh makin kece loh haha

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya,Mbak.😊
      Salam olahraga!

      Reply

Tuliskan pendapat Anda...