[Materi Kuliah] Istilah Dasar dalam Anatomi

Anatomi- [andriarto.blog.uns.ac.id]
Bidang Anatomi
Bismillah…
Saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk berbagi melalui postingan saya saat ini. Kebetulan saat sedang membaca buku berjudul Sport Science karangan Cho Young-Sun kemarin, saya sedikit teringat mengenai materi kuliah pada mata kuliah Anatomi pada semester 1 dulu. Banyak kenangan yang sulit terlupakan. Entah apa yang membuat Anatomi begitu melekat di pikiran saya, bahkan saya ingat ketika awal perkuliahan saya begitu ‘sebel’ dengan mata kuliah ini. Tak disangka sekarang saya begitu mencintainya #cieee 🙂 . Pada postingan kali ini saya hanya sekadar berbagi pengalaman saya mengenai Anatomi , ditambah lagi akhir-akhir ini sedang maraknya adik-adik mahasiswa baru yang memperbincangkan masa perkuliahan dan kehidupan kampus yang akan mereka jalani, jadi sekalian semoga postingan saya kali ini bisa dibaca oleh adik-adik mahasiswa baru (khususnya mahasiswa olahraga dan kesehatan) sehingga bermanfaat untuk referensi saat menjalani perkuliahan nanti.

Sebelumnya kita harus berkenalan dengan yang namanya Anatomi. Apa itu Anatomi ?
Anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh manusia, berasal dari bahasa yunani “ana”yang berarti habis atau keatas dan “tomos” yang berarti memotong atau mengiris. Maksudnya anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh (manusia) dengan cara menguraikan tubuh (manusia) menjadi bagian yang lebih kecil kebagian yang paling kecil, dengan cara memotong atau mengiris tubuh (manusia) kemudian diangkat, dipelajari, dan diperiksa menggunakan mikroskop.

Yang saya ketahui Anatomi itu dibagi menjadi dua bagian yaitu Anatomi Macroscopia dan Anatomi Microscopia. Anatomi yang akan diajarkan pada perkuliahan dan untuk memperdalam atau untuk memahami ilmu  gerak adalah anatomi macroscopia yang tergolong dalam anatomi sistematika yang meliputi osteologi, arthrologi dan myologi, dan anatomi regional yang meliputi Regio Membri Superioris (anggota gerak atas), Regio Membri Inferioris (anggota gerak bawah), Regio Thoracalis (dada) dan Regio Abdominalis (perut). Istilah-istilah tersebut memang asing bagi sebagian yang belum pernah mempelajari anatomi dan seiring dengan bertambahnya ‘jam terbang’ dan wawasan tentang anatomi, maka akan semakin mudah memahaminya. Dan dengan postingan ini, saya mencoba ‘mengantar’ Anda yang ingin mempelajari lebih dalam Anatomi dengan menuliskan istilah-istilah dasar yang harus Anda ketahui dan pahami untuk mempelajari Anatomi lebih dalam. Istilah-istilah tersebut merupakan bekal awal yang akan menjadi dasar landasan segala macam pembahasan mengenai Anatomi, jadi penting kiranya Anda mempelajari istilah-istilah tersebut karena berdasarkan perkuliahan yang saya jalani, istilah-istilah tersebut hampir selalu dipakai di setiap perkuliahan. Jadi dengan memahami (dan tentu saja menghafalkan) akan sangat menunjang Anda dalam memahami setiap materi yang akan diberikan. Lantas apa sajakah istilah-istilah tersebut yang dari tadi saya maksud ? Jadi pada postingan saya kali ini, demi kenyamanan Anda dalam membaca artikel, maka hanya sebagian istilah yang akan saya tuliskan, selengkapnya (kumpulan istilah anatomi lengkap) bisa Anda unduh pada tautan Istilah Anatomi Lengkap ini.

Semua pembahasan dan penggunaan istilah anatomi disesuaikan dengan standar posisi anatomi. Hal ini dibuat agar tidak terjadi kesalahpahaman arti dari masing-masing pendapat. Nah seperti apa posisi anatomi tersebut? Posisi anatomi adalah sbb :

Sikap Anatomi [andriarto.blog.uns.ac.id].png
Sikap Anatomi
  1. Berdiri dengan tegak, dengan kepala, kedua mata, dan jari kaki menghadap ke depan.
  2. Kedua tangan di sisi tubuh dengan telapak tangan terbuka ke depan.
  3. Kedua kaki merapat dan mengarah ke depan.

Istilah untuk Perbandingan

  • Superior (=atas) atau kranial: lebih dekat pada kepala.
    Contoh: Hidung terletak superior terhadap mulut.
  • Inferior (=bawah) atau kaudal: lebih dekat pada kaki.
    Contoh: Dada terletak inferior terhadap leher.
  • Anterior (=depan): lebih dekat ke depan.
    Contoh: Tulang rusuk terletak anterior terhadap tulang belakang.
  • Posterior (=belakang): lebih dekat ke belakang.
    Contoh: Jatung terletak posterior terhadap tulang rusuk.

Istilah untuk Gerakan

  • Fleksi dan ekstensi. Fleksi adalah gerak menekuk atau membengkokkan. Ekstensi adalah gerakan untuk meluruskan. Contoh: gerakan ayunan lutut pada kegiatan gerak jalan. Gerakan ayunan ke depan merupakan (ante)fleksi dan ayunan ke belakang disebut (retro)fleksi/ekstensi. Ayunan ke belakang lebih lanjut disebut hiperekstensi.
  • Adduksi dan abduksi. Adduksi adalah gerakan mendekati pusat tubuh. Abduksi adalah gerakan menjauhi pusat tubuh. Contoh: gerakan membuka tungkai kaki pada posisi istirahat di tempat merupakan gerakan abduksi (menjauhi pusat tubuh). Bila kaki digerakkan kembali ke posisi siap merupakan gerakan adduksi (mendekati pusat tubuh).

Kumpulan Istilah Selengkapnya →

Sementara sedikit  materi tersebut yang bisa saya tuliskan di sini. Harapan saya bisa menjadi ‘pengantar’ bagi Anda yang ingin lebih dalam mempelajari Anatomi. Berdasarkan pengalaman semester yang lalu, Mata Kuliah Anatomi ini menjadi salah satu ‘momok’ yang menghantui mahasiswa olahraga dan kesehatan khususnya untuk mendapatkan nilai maksimal. Mayoritas mahasiswa kesulitan dalam menghafal istilah-istilah Anatomi yang bisa dibilang banyak dan ‘agak ribet’ dalam pengucapannya. Jadi semoga dengan mempelajari istilah-istilah dasar ini Anda bisa lebih memahami dan mencintai Anatomi sehingga nantinya bisa lancar dalam menjalani masa perkuliahan dan yang pasti mendapatkan nilai/hasil yang memuaskan. Aamiiin…

Dan untuk menutup postingan kali ini, saya akan bagikan sedikit tips untuk dapat memahami dan mencintai Anatomi sehingga (dosen) Anatomi juga akan mencintai Anda 🙂

Tips Memahami Anatomi :

  1. Saat perkuliahan selalu duduk di bangku paling depan (wajib). Jangan takut duduk paling depan karena Mata Kuliah Anatomi membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk memahami materi yang disampaikan. Dengan duduk di bangku paling depan Anda akan semakin mudah mendengar dan memahami semua yang disampaikan oleh dosen.
  2. Selalu aktif saat perkuliahan. Aktif yang saya maksud di sini adalah keberanian untuk bertanya apabila ada materi yang kurang jelas atau yang belum bisa dipahami. Usahakan sampaikan pertanyaan yang cerdas yang akan membuat dosen Anda ‘melirik’ Anda dan di perkuliahan-perkuliahan selanjutnya dosen tidak segan untuk menjawab bahkan berdiskusi dengan Anda. Selain itu juga usahakan aktif juga dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen di tengah-tengah perkuliahan. Jangan takut salah dalam menjawab, dosen akan selalu mempunyai penilaian/penghargaan bagi mahasiswa yang aktif dalam diskusi kelas. Manfaatkanlah hal itu. 🙂
  3. Setelah berhasil menarik hati dosen Anda, yang terakhir adalah mengubah cara belajar Anda. Anatomi memang sulit bagi mereka yang tidak mau belajar. Walaupun banyak istilah-istilah dalam anatomi yang harus dihafalkan, namun saran dari saya jangan gunakan metode menghafal yang konvensional. Intinya saat belajar jangan hanya dihafalkan, saya dulu menghafalkan dengan metode catat dan rangkum. Jadi istilah-istilah yang saya hafalkan saya catat dan saya buat rangkuman untuk memudahkan saya saat menghafalkannya di masa yang akan datang. Atau silakan Anda cari/buat sendiri metode yang paling ideal untuk Anda.

Sekian postingan saya mengenai Istilah-Istilah Dasar dalam Anatomi yang dipelajari pada semester 1. Terimakasih Anda telah membaca tulisan saya ini. Semoga bermanfaat 🙂

 

Setelah membaca dan memahami istilah dasar yang merupakan bekal untuk belajar Anatomi, selanjutnya sila baca Materi Kuliah Anatomi Dasar (pembahasan pertama saat perkuliahan Anatomi Dasar) di tulisan saya yang ini → Materi Kuliah Anatomi Dasar

17 Comments

  1. Juve

    Ini postingan yang berguna bagi mahasiswa/i yang khusus untuk belajar tentang anatomi tubuh manusia. Mungkin juga untuk disiplin ilmu lain bahwa inti dari tulisan ini adalah ketika kita belajar mengahafal maka seseorang belum dan atau sulit untuk memahaminya secara benar. Saya bukan seorang guru atau dosen tetapi ini pengalaman saya selama menempuh studi. Mengapa banyak orang gagal dalam studinya? salah satu faktor adalah karena suka belajar mengahafal tetapi bukan untuk dimengerti. Saya selalu mengatakan kepada teman atau tim kerja bahwa belajar itu untuk mengerti sehingga kita bisa jadikan itu sebagai referensi untuk menciptakan atau membuat konsep yang baru dengan apa yang sudah kita pahami dari tulisan sebelumnya.
    menghafal juga berakibat buruk karena kalaupun ia mengetahui sesuatu dengan mnhafal maka ia tidak berkreasi karena dia belum mengerti apa yang telah dipelajarinya. Didunia kerja pun saya sering membimbing pelajar dan mahasiswa yang melakukan job training selalu saja menemukan hal yang sama bahwa meghafal itu menjadi pola studi mereka. Hanya sedikit dari mereka yang membaca dan memahaminya atau mengerti akan bacaan itu. Disini saya menemukan artikel ini yang seirama dengan pemahaman saya bahwa belajar untuk mengerti itu penting bukan belajar untuk menghafal. Inilah alasan saya mebuat comment disini karena sangat menari untuk saya baca ulang atau menyimak isi tulisan anda.
    Terimakasih untuk penulis artikel ini karena telah membagi ilmunya untu dishare kepada mahasiswa dan masyarakat luas.
    Salam
    Juve

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Terimakasih atas komentar nya 🙂
      Memang benar selama ini mahasiswa kesulitan dalam menghafal karena memang hafalan mereka belum mempunyai orientasi yang jelas untuk apa, ada yang menghafal hanya untuk mengerjakan ujian, atau apalah, dan setelah ujian atau apa tersebut hafalan mereka hilang, karena mereka cenderung menggunakan metode hafalan yang konvensional. Yang pasti kesulitan dalam menghafal didasari karena orientasi yang kurang tepat dalam menghafal itu sendiri, kebanyakan masih belum sadar apa sebenarnya tujuan mereka menghafal sesuatu, padahal hakikat menghafal adalah menanamkan ‘sesuatu’ tersebut pada pikiran kita yang nantinya sebagai bahan belajar di kemudian hari, dan seperti kita tahu bahwa proses belajar itu abadi (selalu kita lakukan di kehidupan kita), dan tujuan menghafal adalah membantu proses belajar yang kita lakukan agar cepat diproses oleh otak. Jadi intinya menghafal harus dibarengi dengan proses belajar, karena menghafal dan belajar adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan.
      Sekali lagi terimakasih atas kunjungan dan komentarnya Saudara Juve 🙂

      Reply
  2. Adam Fachri

    Amazing !
    Bahasanya gampang bgt dipahami, artikel-artikel yang lain bahasanya tinggi bgt saya jadi makin bingung 😀
    Eh nemu blog ini jadi lebih dapet konsepnya, makasih bang. Cuma alangkah lebih lengkap lagi kalau istilah gerakan itu di kasih gambar, saran aja sih, hehe…
    Mumpung temen yang lain lagi pada sibuk ngurus ospek, saya curi start aja belajar anatomi 🙂 hehehe
    Memang isunya makul anatomi susah, jadi iseng-iseng pengen nyuri start 😀
    Sekali lagi makasih bang 🙂

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Alhamdulillah..:)
      Memang sebisa mungkin saya tulis menggunakan bahasa yang simple sehari-hari mas. Salut deh kalau memang mau belajar konsepnya, karena memang belajar konsep jauh lebih efisien daripada hanya sekadar menghafal materi 🙂
      Oiya mengenai gambar sebenarnya sudah terpikir juga mas, hanya saja demi kenyamanan pembaca saat nge’load artikelnya takut memberatkan loading blog, hehe..
      Kalau blog ini sudah “lumayan” nanti pasti semua artikel saya lengkapi gambar kok 🙂
      Terimakasih atas masukannya, dan terimakasih juga sudah mau berkunjung dan meninggalkan komentar 🙂

      Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      🙂
      Semoga tipsnya bermanfaat..
      Siap mas ! Karena memang blog ini saya buat untuk mencurahkan segala catatan beserta tips-tips sederhana yang saya sarikan dari kehidupan perkuliahan saya sehari-hari hehe
      Ditunggu saja update nya, dan jangan lupa subscribe hehe 🙂

      Reply
  3. Rolin

    Interesting article. Very simple but easy to understand. Penulis yang baik hati, tulisan anda sangat sederhana(very simple) tetapi sangat mudah dipahami dan memberikan ilmu yang sangat menarik baik bagi mahasiswa maupun masyarakat luas. Anda tau banyak orang kerja juga sudah lupa istilah istilah sederhana seperti ini karena sering diesbut dimana mana namum kadang kadang pendengarnya kaget karena istilah itu mungkin pernah ia dapatkan secara umum pada saat di SLTA namum karena berlalunya waktu dgn pekerjaan atau kerja yang hampir tak ada kaitan dengan istilah itu maka semuanya sudah lupa(asal jangan lupa ingatan saja hehehee). Asal bapak ketahui juga saya sendiri yang berkomentar saat ini sedang mencari istilah itu, lalu kudapatkan tulisan anda dari kata search” memahami istilah anatomi tubuh”. Bukan ahli atau berkaitan dengan pekerjaan saya namun karena orang menyebutnya lalu jadi bingung, waktu senggangpun saya gunakan untuk searching kebetulan kerjaanku di internet setiap hari.
    Memang pada dasarnya tulisan intelektualitas akan menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bisa mempengaruhi orang lain jika membaca tulisanya. Masukanya bahwa selalu update setiap bulan biar pembaca selalu menemukan tulisan baru dan menarik untuk dibaca dan dipahami seperti tulisan dalam artikel ini.
    Terimakasih telah membantu orang lain dalam membagi ilmunya, semoga Tuhan senantiasa memberikan berkat yang berlimpah untuk anda dan keluarga dan selalu dilindungi.
    Salam pendidikan

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Salam kenal bang Rolin.
      Terimakasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan berkomentar di blog sederhana saya ini.
      Syukurlah jika tulisan sederhana saya ini bisa berguna bagi siapapun yg membaca, pada dasarnya saya hanya ingin berbagi, apapun yang pernah saya dapat sebisa mungkin saya bagikan kepada pembaca, jadi mohon maaf apabila ada kesalahan pemahaman ataupun kesalahan dalam penulisan.
      Berkaitan dengan update artikel setiap bulan itu juga sudah saya agendakan bang, bahkan saya usahakan setiap minggu update artikel, namun dikarenakan kesibukan dunia nyata yang kurang bisa diajak kompromi, maka saya belum bisa konsisten mengenai jadwal update artikel. Kedepanya saya usahakan untuk bisa lebih me-manage waktu agar urusan dunia nyata bisa saya sesuaikan dengan urusan update artikel. 🙂
      Terimakasih banyak atas komentar dan sarannya.
      Semoga kesuksesan juga selalu menyertai Anda.
      Salam.
      Irfan Andriarto

      Reply
  4. Flores Komodo package

    Menarik dan sangat berguna bagi siapa saja karena tidak terbatas pada mahasiswa saja sebab ilmu itu bagi semua orang yang mau belajar tanpa batas usia. Benar kata orang bijak bahwa sepanjang hayat masih dikandung badan maka sepanjang itupula orang belajar apa saja sesuai dengan profesi. Salut akan semua artikel yang anda muat karena saya sering membaca artikel artikel anda. Semua tulisan mudah dipahami. Trims untuk sharenya

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Salam kenal 🙂
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog sederhana saya.
      Syukurlah jika tulisan saya bisa berguna bagi siapapun yang membaca. Harapannya tidak hanya berguna bagi yang membaca,tapi juga bisa disebarkan ilmunya ke orang lain. Hehe.
      Sekali lagi terimakasih atas komentarnya dan semoga kesuksesan selalu menyertai Anda.
      Salam.
      Irfan Andriarto.

      Reply
  5. Lombok Komodo tours

    Banyak yang lupa ya, ternyata dalam postingan ini masih bisa menggali lagi ilmu saat di SLTA dulu sehingga sekedar untuk mengingatkan atau untuk sebuah referensi tetapi tulisan anda menerangkan begitu bermakna karena itu penting sebagai pengetahuan umum untuk kesehatan sehingga bisa mengenal tubuh sendiri dan berupaya mengenal betapa artinya kehidupan jika di manfaatkan dengan positif baik bagi diri sendiri maupun sesama manusia. Saya salut akan artikel anda dan menanti artikel selanjutnya tetapi harus kualitasnya sama seperti tulisan dalam postingan ini ya??? walau beda judul.
    Salam super pendidikan Indonesia yang hebat. I love my country, INDONESIA

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog sederhana saya ini.
      Untuk masalah update artikel berkualitas selalu saya usahakan 🙂
      Kenyamanan dan manfaat yang dirasakan pembaca menjadi prioritas pertama saya. Jadi mohon maaf apabila masih terdapat kesalahan dalam penulisan maupun pemahaman yang saya tuliskan.
      Kedepannya saya berusaha memberikan yang terbaik untuk pembaca.
      Salam.
      Irfan Andriarto

      Reply

Tuliskan pendapat Anda...