Olahragakan Pikiran Anda dengan Bermimpi

UPDATE! Semua artikel, materi, file download dan konten terbaru blog ini kami upgrade ke situs GuruPenjas.com. Segera cek untuk mendapatkan update materi terbaru!

GuruPenjas.com | GuruPenjas.com | GuruPenjas.com

[andriarto.blog.uns.ac.id]-olahraga-pikiran
Olahragakan Pikiran Anda dengan Bermimpi
Bismillah…
Salam Olahraga! Kembali tak pernah bosan saya bangkitkan semangat Anda untuk selalu ingat, bahwa semangat mampu menopang harapan, bahwa semangat mampu mencipta keajaiban, dan semangat lah yang mampu mngobarkan api keberhasilan. Kali ini saya mengajak Anda bersemangat, tak peduli apapun yang sedang Anda lakukan saat ini, bersemangatlah ! 🙂

Mungkin Anda ingin segera menemukan jawaban, dari segenggam pertanyaan yang ada di hati dan pikiran, mengenai judul yang saya tuliskan. Jadi pada tulisan kali ini saya hanya ingin mengajak Anda memanfaatkan waktu luang yang mungkin jarang Anda rasakan, entah karena kesibukan ataupun rasa malas yang “gak ketulungan”.

Olahraga. Yap! Olahraga adalah kegiatan yang selalu ingin dilakukan oleh semua orang yang sering terbentur waktu dan kesempatan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa olahraga menjadi salah satu kunci keberhasilan seseorang. Mengapa? Karena olahraga menjadi kebutuhan dasar (selain kebutuhan nutrisi) yang menjadikan tubuh sebagai subjek utama melakukan segala aktivitas (belajar, bekerja, bertanding, dsb) dengan maksimal. Jadi jelas bahwa olahraga menjadi sesuatu yang penting untuk melalui proses kehidupan yang keras ini. Masalah kembali muncul ketika kita bingung olahraga apa yang harus kita lakukan, yang membutuhkan sedikit waktu dan usaha, dan pasti membawa dampak besar bagi tubuh kita. Jogging? Lari? Bersepeda? Bukan ! Tapi Bermimpi 😀 Olahragakan pikiran Anda dengan bermimpi.

Kok bisa? Bisa kok 😀

Kekuatan berdampak besar

Banyak sekali orang-orang yang menyepelekan kekuatan mimpi. Ingat ! “kekuatan” , mohon di garis bawahi kata tersebut. Kita pasti tau seberapa berpengaruhnya “kekuatan” dalam hidup kita. Kekuatan membawa dampak yang besar bagi kehidupan kita. Begitu juga kekuatan mimpi, begitu besar pengaruhnya dalam hidup kita. Kekuatan menghasilkan sebuah keinginan yang di dalamnya terdapat sebuah harapan. Dengan kekuatan besar yang kita ciptakan dalam kehidupan kita, maka harapan besar juga akan tercipta di dalamnya. Dengan harapan, sebuah keajaiban sangat mungkin untuk terjadi. Karena dalam kehidupan ini, suatu pencapaian tidak hanya berasal dari sebuah usaha, namun juga dari sebuah keajaiban. Jadi disini jelas, sebuah kekuatan akan menghasilkan harapan, keajaiban, dan tentu saja sebuah pencapaian.

Mimpi Pemicu Kebahagiaan

Pernah bermimpi menjadi pengusaha sukses? Menjadi mahasiswa teladan? Atau menjadi manusia yang berguna? 😀 Apa yang Anda rasakan setelah bermimpi, senang (bisa), sedih (juga bisa), takut (mungkin), bingung (mungkin juga). Jadi begini , sadar tidak sadar semua emosi dan perasaan yang kita rasakan akan berdampak positif pada diri kita, apapun itu (perasaan positif maupun negatif), sedih, takut, senang, bangga, bingung, dsb. Semuanya akan perdampak positif pada diri kita (kalau kita mau lebih peka terhadap perasaan dan kondisi hati kita). Misal emosi takut, bisa menjadikan seseorang menjadi lebih waspada dalam bertindak, dan lain sebagainya. Jadi tanpa Anda sadari, dengan bermimpi kita memicu sebuah perasaan yang berdampak positif terhadap hidup kita. Sebuah perasaan positif tentu menghasilkan sebuah kebahagiaan, jadi jelas bahwa dengan bermimpi kita memicu kebahagiaan menghampiri hidup kita.

Gratis !

Yap siapa sih yang tidak suka gratisan? Bermimpi itu gratis ! 😀 Di jaman yang syarat akan biaya ini istilah gratis memang semakin populer 😀 Tapi dewasa ini banyak yang memandang sebelah mata dengan objek yang berbau gratis, padahal apa yang gratis itu selalu berkualitas buruk? Apa yang gratis itu selalu berdampak negatif? Tidak , sama sekali tidak. Coba bayangkan kalau udara yang kita hirup saaat ini berbayar, ada pajaknya pula. Nahloh , jadi tidak usah khawatir, yang gratis itu tidak selalu buruk kok ( walaupun ada yang iya ). Contohnya saja bermimpi (dalam hal ini bermimpi yang kaitannya dengan harapan masa depan), bermimpi itu gratis ! Saya yakin kalian sudah paham dengan istilah tersebut, tapi kebanyakan dari kalian terbentur dengan ungkapan “Kalau mimpi jangan tinggi-tinggi, kalau jatuh nanti sakit !”. Ah ungkapan itu sudah basi! Ada yang baru nih saya kasih deh gratis 😀

“Bermimpilah setinggi-tingginya hingga tak ada satupun yang mampu melampauinya, kalaupun kita jatuh, kita tidak akan merasa sakit, karena juara sejati tidak akan pernah merasa sakit,apalagi hanya karena terjatuh”

~ Irfan Andriarto

Nah dari ungkapan tersebut harusnya kita sadar, betapa hebatnya kekuatan mimpi. Satu yang harus kita ingat, proses bermimpi itulah hakikat kebahagiaan sesungguhnya. Jadi setelah kita tentukan mimpi yang tinggi, tugas kita adalah berusaha mencapainya dengan proses yang baik, pelan tetapi pasti. Ingat , pelan tetapi pasti . Kalaupun di tengah jalan kita bertemu dengan kawan lama yang bernama ‘kegagalan’ , sapa saja dengan senyuman kesuksesan yang sudah kita siapkan sejak awal. Dengan begitu proses menuju kesuksesan akan semakin asik. Sekali lagi saya ingatkan kalau bermimpi itu gratis ! Jadi kalau ada yang gratis kenapa tidak kita ambil? 😀

Oke sampai di sini kalau boleh saya ambil kesimpulan MIMPI harus BESAR, tapi langkahnya kecil-kecil. Mimpinya harus tinggi, setinggi-tingginya, tapi sering orang lupa dan inginnya loncat langsung, yang pada akhirnya jatuh terkapar. Mimpi harus tinggi, tapi langkahnya harus kecil-kecil. Ingat itu 🙂

Ibarat dari Ngawi ke Solo, bagaimanapun jauh ambil ancang-ancang kalau lompat mana mungkin sampai, tapi sedikit demi sedikit, masuk Sragen dulu, baru Karanganyar, pasti sampai Solo tujuan. Itu sebabnya banyak orang tidak bisa meraih mimpinya, karena selalu berusaha melompat atau melakukan langkah besar yang sebenarnya dia tidak mampu, akibatnya dia tidak pernah merasakan sukses-sukses kecil. Padahal sukses besar itu tumpukan dari sukses-sukses kecil.

Nah, jadi dari bebrapa paragraf yang saya tuliskan, intinya kita bisa mencapai kesuksesan dengan dimulai dari diri sendiri. Kita harus mampu mengoptimalkan diri kita, salah satu caranya dengan berolahraga. Olahraga yang paling sederhana dan mampu membawa dampak luar bisa adalah bermimpi. Tentu saja, meng-olahraga-kan pikiran kita 😀
Terimakasih atas waktu dan perhatiannya membaca tulisan saya ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pemahaman dan penulisan. Syukron 🙂

18 Comments

  1. fuadaf

    emht kak saya mau tanya nih, itu tadi kan mengolahragakan pikiran dengan bermimpi, aku mau tanya aku kan males berolahraga fisik hehe. lalu untuk menimbulkan niat untuk berolahraga fisik itu gimana ya kak ada trik-triknya gak kak? hehe

    Reply
    • Irfan Andriarto

      Halo kak Fuad 🙂
      Oh, penyakit menaun itu haha 😀 Jadi gini kak,kalau memang kakak pengen berolahraga tapi males,yang pertama kakak lakukan adalah:
      1) Ajak teman, dengan mengajak teman, motivasi kakak yang terbentur rasa malas akan berkurang atau bahkan hilang. Jadi jika dilakukan bersama olahraga itu semakin mengasyikan 🙂
      2) Pilih cabang olahraga yang kakak sukai, karena jika sudah tidak suka mau diapain juga gak bakal bisa semangat kak. Jadi misal kakak tidak suka cabang olahraga apapun, mungkin bisa dicoba dengan bersepeda. selain jogging dan lari, bersepeda menjadi pilihan yang ampuh untuk memulai menyenangi olahraga.
      3) Beri reward kepada diri kakak jika berhasil melakukan meski hanya sebentar/sedikit. Entah dengan membeli makanan atau barang kesukaan kakak, dengan berlibur, dsb.

      Mungkin 3 itu kakak coba dan rasakan manfaatnya. Kalau belum berhasil juga, kontak saya kak,pasti saya temani berolahraga 😀 😀
      Semoga membantu 🙂

      Reply
  2. suci

    setiap kalimatnya mengandung energi 😀 yang baca jadi ikutan semangat 45 😀 , moga saja nda males-malesan lagi buat olahraga tambahan 😀

    kak mau tanya dong, kebetulan saya kan kuliah di jurusan Olahraga juga, tiap hari udah olhrga terus tuh praktek seminggu udah 3 sampai 4 kali , apa masih perlu olahraga lagi ??

    Reply
    • Irfan Andriarto

      Wah, jangan terlalu melebihkan. 🙂
      Oh, saya yakin kalau masih mempertanyakan hal seperti itu, pasti olahraga yg dilakukan berapa kalipun seminggu kurang bisa membawa manfaat kak. Jadi harus benar-benar ikhlas, menjadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan tuntutan 🙂
      Voba mulai sekarang ditevisi lagi goal atau tujuan Anda berolahraga 🙂
      Semoga membantu 😀

      Reply
  3. rizzaumami

    Keren, bener-bener guru olahraga. Cocok banget jadi motivator. Itu!!! 🙂
    Bahkan pikiran aja ada olahraganya ya, Fan. Selain bermimpi, mungkin brainstorming akan jadi cara lain biar pikiran kita setrong karena sering ‘olahraga’.

    Reply
  4. Rizal Nurhidayat

    …Mimpi harus tinggi, tapi langkahnya harus kecil-kecil…
    Itu yang saya sangat setuju kak… 😀
    Tapi sebelumnya ini “Mimpi” yang dimasud adalah Bunga Tidur atau mimpi yang seperti cita-cita kak? Soalnya pas saya baca judulnya saya kira ini mimpi yang Bunga Tidur kak… hehhe… 😀

    Reply
  5. Nanda Rahma A.

    Sebenarnya mimpi yang “besar” itu banyak sekali, kak. Namun karena terlalu besarnya mimpi itu, jadi takut mengambil resiko terjatuh, hehe.
    Artikelnya menarik kak, baru pertama kali saya dengar bahwa kita bisa berolahraga dengan bermimpi 😀

    Reply
    • Irfan Andriarto

      Yaaah,kok takut sih kak,kan udah saya kasih quote itu 😀
      Wah,apa iya baru pertama kali? 😀
      Sebenernya dengan berdiam diri dan kosongkan pikiran pun juga bisa berolahraga kok kak 🙂 Next time saya share deh kak 😀

      Reply

Tuliskan pendapat Anda...