Tips Super Lengkap Memilih Sepatu Lari

tips-memilih-sepatu-running-[andriarto.blog.uns.ac.id]
Bingung Memilih Sepatu Running
Bismillah…
Bagaimana kabar Anda hari ini ? Semoga selalu dalam lindungan-Nya 🙂 Jadi ceritanya artikel ini bermula dari rasa ingin tahu saya terhadap kata “ideal” yang ada pada sebuah sepatu running. Seperti apa sebenarnya sepatu running yang ideal itu?
Sebelum mengulasnya perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya untuk pelari pemula kadang tidak mementingkan jenis sepatu yang dipakai. Sebagai contoh, memang Anda hanya melakukan lari beberapa kilometer dan Anda berpikir kenapa tidak memakai sepatu “futsal” yang fashionable. Dalam jangka pendek pemikiran tersebut memang menguntungkan, tapi jika dilakukan terus menerus bisa saja terjadi cidera pada kaki Anda. Karena itulah pada artikel kali ini saya berikan tips dalam memilih sepatu running yang benar-benar ideal dan nyaman untuk Anda, karena kecocokan sepatu dan pemilihan sepatu lari yang ideal dengan kaki Anda bukan hanya berdasarkan dari warna dan motifnya saja. Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat sepatu tersebut menjadi “ideal”, yang dalam artikel ini saya membaginya dalam 3  faktor, yang secara garis besar mewakili berbagai faktor tersebut, diantaranya faktor kaki, sepatu, dan terkahir faktor eksternal.

1. Kaki

a.    Jenis kaki

Sebelum membeli kenalilah kaki Anda. Ada tiga jenis kaki yang perlu Anda tahu dan pahami :

Kaki datar (Flat Feet)

pronator-foot-[andriarto.blog.uns.ac.id]
Kaki Datar (Pronator Foot)
Anda akan tahu Anda memiliki kaki datar jika Anda tidak melihat lengkungan apapun. Bagian bawah kaki Anda, dari jari-jari kaki ke tumit, benar-benar datar. Jika Anda melakukan tes jejak, cetakan Anda akan terlihat seperti gumpalan kaki yang berbentuk penuh. Anda tidak akan menemukan lengkungan kosong dari jempol kaki Anda ke tumit. Jika kaki Anda datar, Anda kemungkinan besar adalah seorang pelari overpronator, yang berarti bahwa kaki Anda menggulung ke dalam ketika Anda sedang berlari. Anda mungkin akan membutuhkan sepatu lari yang dapat mempertahankan stabilitas Anda. Carilah kata-kata “motion control” dan “stability” di kotak sepatu lari. Selain sepatu motion control, beberapa pelari dengan kaki datar juga perlu memakai orthotics (alas kaki yang dibuat berdasarkan cetakan bentuk kaki masing-masing individu untuk mengoreksi masalah yang berhubungan dengan kaki).

Kaki tinggi melengkung (High-arched Feet)

supinator-foot-[andriarto.blog.uns.ac.id]
Kaki Melengkung (Supinator Foot)
Jika Anda melakukan tes jejak, cetak kaki Anda akan terlihat melengkung ke dalam, membuat bagian tengah kaki Anda terlihat sangat kurus. Ketika Anda mendorong tangan Anda pada bagian bawah kaki Anda, bagian lengkung itu akan tetap kaku. Jika Anda memiliki lengkungan tinggi, kemungkinan Anda adalah seorang yang berlari secara supinate atau underpronate, yang berarti kaki Anda menggulung keluar ketika Anda berlari. Ini sangat penting untuk pelari dengan lengkungan tinggi, agar secara berkala mengukur kakinya, karena berlari akan menyebabkan lengkungan mereka secara bertahap akan jatuh dan membuat kaki mereka lebih panjang lagi. Anda perlu mencari sepatu lari yang fleksibel dengan midsole lembut yang menyerap shock. Ketika membeli sepatu lari, pilihlah sepatu yang ketika diterangkan mengandung kata-kata “fleksibel” atau “empuk”.

Netral atau Kaki yang Normal (Neutral/Normal Feet)

normal-foot-[andriarto.blog.uns.ac.id]
Kaki Normal (Normal Foot)
Jika Anda telah memeriksa kaki atau jejak Anda dan cetakan kaki tidak menunjukan bentuk yang penuh atau lengkungan kosong yang tinggi, kemungkinan besar Anda memiliki kaki netral atau normal. Jejak Anda akan memiliki lengkungan kosong, tapi tidak lebih dari 2 centimeter. Selama Anda memilih sepatu lari yang tidak berlawanan dengan jenis kaki Anda, Anda tidak akan menemui masalah. Ini adalah jenis yang paling umum dari semua bentuk kaki dan paling aman dari cedera selama Anda mengenakan sepatu yang tepat. Jika Anda memiliki kaki normal, Anda dapat memilih berbagai macam jenis sepatu lari, termasuk yang dibuat untuk pelari dengan kaki yang sedikit datar atau melengkung. Namun hindari memilih sepatu lari yang memiliki dukungan stability atau motion control yang terlalu tinggi.

b. Ukuran kaki

Pastikan Anda mengetahui lebar dan panjang kaki Anda. Karena dengan hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk mencari sepatu lari yang tepat untuk Anda kenakan. Perlu diketahui bahwa pada saat Anda berlari, kaki-kaki Anda membutuhkan ruang bergerak paling tidak setengah centimeter. Karena itu pastikan lebar kaki Anda sehingga sepatu yang Anda akan beli tidak terlalu sempit atau pas. Nah untuk memudahkan Anda dalam mengukur kaki agar mendapatkan ukuran sepatu yang pas, maka saya berikan tips mengukurnya.

Basahi kaki Anda lalu tapakkan/injakkan pada permukaan yang datar dan kering (bisa juga pada kertas berwarna cerah agar bentuk tapak kaki terlihat jelas). Setelah itu ukur panjang kaki Anda  mulai dari ujung jari kaki hingga ujung belakang tumit menggunakan penggaris. Catatlah hasilnya dan cocokkan dengan tabel yang ada pada gambar di bawah (saya ambil sample merk Adidas, untuk tabel merk lain bisa Anda lihat selengkapnya di halaman ini).

ukuran-sepatu-[andriarto.blog.uns.ac.id]
Tabel Konversi Ukuran Sepatu

2. Sepatu

a. Bahan peredam : Ketika kaki Anda menginjak permukaan kala berlari, sebenarnya dihasilkan tegangan impuls yang cukup besar pada kaki. Jika hal ini terjadi terus menerus dapat mengakibatkan cedera tanpa Anda sadari. Semakin cepat Anda lari maka semakin besar tegangannya. Oleh karena itu pilih lah sepatu yang memiliki peredam impuls.

b. Berat : Semakin ringan sepatu yang Anda gunakan, maka makin cepat Anda dapat lari. Tetapi dalam menilai berat sepatu ideal harus diukur dari berapa jarak yang akan ditempuh. Biasanya sepatu ringan cocok untuk jarak dekat sekitar 5km. Untuk yang jarak menengah lebih baik pilih yang tak terlalu ringan.

c. Kelenturan : Sepatu punya sifat yang menyerap energi gerak dalam besaran tertentu. Saat kaki melangkah ke belakang, maka sepatu akan menekuk. Jika kurang lentur akan banyak energi gerak yang terserap, sehingga memperlambat lari Anda. Tes kelenturan sepatu dengan menekuknya, semakin kuat sepatu menghentak balik maka semakin lentur.

d. Ventilasi : Suhu dalam sepatu kadang kala berada di atas batas normal karena aktivitas dan tanggungan beban pada kaki. Jika suhu terlalu panas akan berakibat tidak nyaman pada kaki Anda. Pilih sepatu dengan ventilasi yang baik agar tak mengganggu performa lari Anda.

e. Rongga dalam sepatu : Pedoman berikut mungkin bisa membantu dalam menentukan pas tidaknya sepatu yang Anda pakai:

  1. Periksa apakah ada cukup ruangan di atas ujung jari kaki dalam sepatu Anda. Masukkan ibu jari ke dalam ujung sepatu dan harus pas berada di atas jari kaki yang terpanjang.
  2. Periksa apakah ada cukup ruang di kiri-kanan kaki Anda. Sepatu tidak boleh ketat, tapi kaki Anda juga tidak boleh terpeleset ke sana-kemari.
  3. Tumit Anda harus nyaman berada di bagian belakang sepatu dan tidak boleh tergelincir turun-naik ketika berjalan atau berlari.
  4. Sepatu harus memegang kaki dengan aman, tetapi tidak boleh menekan dengan ketat pada daerah kaki mana pun.

3. Eksternal

Kunjungi Toko Sepatu Yang Profesional

Memang banyak sekali toko sepatu bertebaran di luar sana. Namun perlu Anda ketahui bahwa hanya sedikit toko sepatu yang memiliki karyawan yang profesional. Karyawan yang profesional selain mampu melayani Anda dengan baik, juga mampu memberikan saran dan masukan dalam memilih sepatu, selain itu juga mampu menganalisis bagaimana tipe kaki Anda dan akan mendapat referensi yang berguna untuk Anda pakai sebagai masukan sebelum menentukan sepatu lari yang benar-benar cocok untuk Anda.

Pikirkan Struktur Tanah

Banyak sepatu lari saat ini memiliki keunggulan masing-masing pada kondisi lapangan para pelari. Sebelum membeli pastinya Anda akan tahu akan berlari dimana. Apakah strukturnya rata atau berbatu-batu? Itu akan memudahkan Anda lebih jauh lagi dalam memilih sepatu lari.

Tentukan Sejauh Mana Anda Akan Berlari Tahun Ini

Anda sendiri yang akan menentukan seberapa sering dan berapa jarak yang akan Anda tempuh selama setahun pertama. Apakah marathon, atau lomba lari 5km, 10km, 21km, atau hanya ingin berolahraga lari biasa-biasa saja bersama kerabat ataupun komunitas. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk membeli satu sepatu lari yang benar-benar Anda butuhkan.

Berlari Kecil

Saat Anda akhirnya menemukan sepatu lari, pastikan Anda mencoba dengan berlari kecil. Jangan sampai ada ketidaknyamanan pada saat Anda mencoba sepatu lari tersebut. Karena sedikit saja tidak nyaman, akan mengganggu saat berlari sepanjang jarak yang Anda tempuh. Jadi pastikan benar-benar nyaman.

Jangan Lapar Mata

Ini merupakan hal yang paling penting. Karena terkadang hawa nafsu Anda akan model sepatu menjadikan Anda jauh dari kebutuhan. Akhirnya sepatu lari yang Anda beli hanya berdasarkan fashion saja bukan kegunaan. Hati-hati ini bisa menjadikan kaki Anda menderita bila tidak sesuai.

Waktu Pembelian

Belilah sepatu pada sore / malam hari, pada sore / malam hari kaki cenderung membesar dan terkadang ada perbedaan besar anatar kaki kanan dan kaki kiri, maka untuk kenyamanan maksimal pilihlah sepatu dengan ukuran kaki yang terbesar, yaitu pada malam/sore hari.

Nah saya kira itulah beberapa tips dalam memilih/membeli sepatu running yang ideal dan nyaman untuk Anda. Memang mungkin tidak bisa semua bisa Anda terapkan saat membeli sepatu, namun saya harap bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memilih sepatu running yang benar-benar ideal sehingga menunjang performa lari Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal. Di akhir artikel saya beri ilustrasi untuk lebih memahami tips memilih sepatu lari.

Katakanlah Anda adalah seorang mahasiswa olahraga yang ingin membeli sepatu lari. Jenis kaki Anda adalah Flat Feet (kaki datar). Dan di sebuah toko sepatu Anda dihadapkan pada tiga pilihan sepatu yang bakal Anda beli nantinya.
  1. Sepatu untuk kaki melengkung seharga Rp 800.000
  2. Sepatu untuk kaki normal seharga Rp 500.000
  3. Sepatu untuk kaki datar seharga Rp 300.000
Nah setelah Anda membaca tips yang saya tulis di atas, seharusnya Anda sudah bisa menentukan sepatu mana yang harus Anda beli. Berdasarkan berbagai faktor yang sudah Anda pelajari, pilihan jatuh pada sepatu nomor 3, yaitu sepatu untuk kaki datar seharga Rp 300.000.

Harga memang tak pernah berbohong, namun kenyamanan Anda dalam memilih sepatu yang benar-benar ideal adalah mutlak di atas segalanya.

Terimakasih telah maluangkan waktu untuk membaca tulisan saya ini. Syukron, semoga bermanfaat. 🙂

96 Comments

  1. Rian

    “Jangan Lapar Mata” 😀
    Nancep banget tu kak, hampir 98% pasti lapar mata pas beli sepatu running hehehe
    Nice tips 🙂

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      🙂
      Jangan bilang kalau kamu salah satu dari 98% itu ya hehe 😀
      Sebenarnya tidak ada larangan untuk membeli sepatu yang fashionable kok mas, hanya saja itu nomor sekian, yang nomor satu adalah kenyamanan dan manfaat dari sepatu yang akan kita beli 🙂
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
    • Andra

      I really like your blog.. very nice colors & theme.

      Did you make this website yourself or did you hire someone to do it
      for you? Plz answer back as I’m looking to construct my own blog and would like to find out where u got this
      from. thank you

      Reply
  2. Darma

    Wahh biasanya kalo mau beli spatu lari liat dari warna yang mencolok mas 😀 sama liat harga yang murah kwkw tapi setelah baca artikel ini jdi pengen nyoba lagi cari spatu lari yang bagus kwkwk

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      🙂
      Nah, sama seperti komentar saya sebelumnya, bahwa fashion dan harga memang perlu dipertimbangkan dalam membeli sepatu lari, namun hal itu nomor sekian, yang paling penting adalah kenyamanan dan manfaat dari sepatu lari tersebut mas 🙂
      Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar 🙂

      Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Iya tips di atas berlaku juga untuk sepatu olahraga lain mas 🙂
      Mungkin ada beberapa detail yang berbeda, namun secara umum sama kok tipsnya 🙂
      Makasih sudah diingetin 🙂

      Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Nah iya betul sekali bang.
      Bagi beberapa orang mungkin dianggap sepele,namun sebenarnya sangat memengaruhi keberlangsungan kesehetan kita sehari-hari.
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
  3. Muhamad Amril

    JUAL PERLENGKAPAN OLAHRAGA LARI, RENANG, SEPEDA, DAN TRIATHLON. MULAI DARI KACA MATA, BAJU HINGGA SEPATU !!! KUNJUNGI SAJA LANGSUNG KE WEB KITA !!! BARANG ASLI IMPORT DENGAN KUALITAS KEREEEENNN!!! JADI TUNGGU APA LAGIIIII???? LANGSUNG AJA KUNJUNGI SUKAOUTDOOR.COM !!!

    Reply
  4. Tours and Travel to Flores Komodo

    Ini hal yang sederhana namun mungkin bagi kebanyakan orang mengganggap hal yang biasa saja tetapi penulis telah memberikan sedikit solusi akan masalah bagaimana membeli merek sepatu dan cara menggunakan sepatu yang memenuhi standar kesehatan. Ini ibarat duri kecil tetapi ketika menusuk badan seseorang akan menyakitkan karena sepatu dianggap bukan hal yang penting untuk kesehatan namun sangat bermakna ketika membaca artikel ini. Ayo berpikir dari hal hal yang kecil seperti ini tetapi sangat berguna bagi kesehatan. Selamat menulis bagi penulis semoga bermanfaat bagi sesama.

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di blog sederhana saya ini.
      Memang masalah pemilihan sepatu mungkin masih menjadi permasalah yang kurang begitu diperhatikan, namun sebenarnya sepatu menjadi objek yang krusial yang berkaitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sehingga penting kiranya menjadi perhatian rekan-rekan pembaca untuk lebih memerhatikan masalah pemilihan sepatu agar kesehatan kita tidak tersandung oleh masalah yang oleh kebanyakan orang dianggap sepele, yaitu Pemilihan Sepatu Lari yang Benar dan Ideal.
      Salam.
      Irfan Andriarto

      Reply
  5. sepatu adidas lari

    I’m not sure where you’re getting your info, but great topic.
    I needs to spend some time learning more or understanding more.
    Thanks for excellent information I was looking for this info for my mission.

    Reply
  6. technology blog

    I have not read too many good things about Webfetti – mainly people wanting to remove it from their computers, so I’m looking for alternatives that I do not need to install.. Do you have web-sites where I can copy codes from to change the layout of my blogspot blog? The templates on blogspot are fine to get you started, but I’m ready for a change..

    Reply
  7. rizzaumami

    Wah mantep juga yah kalo mau pilih sepatu buat lari. Kalo saya malah seringnya kejebak yang itu, model, warna, fashionable, 😀 padahal ada yang lebih penting.

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Wah, mulai sekarang lebih hati-hati aja,Mas.
      Fashionable gak salah kok, tapi itu nomor sekian, kesehatan kaki Mas yang paling penting, apalagi kalau penggunaannya setiap hari 🙂
      Makasih mas atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
  8. Darin

    Very interesting content, your site can go viral, you need some initial traffic only.
    But how to get initial traffic? There is one tricky method.
    Search in google for: Bisserie’s viral traffic

    Reply
  9. Adici

    Nice inpoooo!!!
    Thanks bgt udah share info ttg tips memilih sepatu lari.
    Aku sempat bingung memilih sepatu yg seperti apa, karena banyak modelnya, & untuk brand tertentu kan mengeluarkan seri model ini itu ada “maksudnya” tersendiri, I mean misalnya dlm teknologi pembuatan sepatu itu atau jenis bahannya yg beda.
    Anyway, skali lg makasih udah share tips ini, jd lebih “tercerahkan” buat beli sepatu yg cocok sama tipe kaki.
    Happy running!

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Nah, iya kak, kita sebagai konsumen juga harus berhati-hati dalam pemilihan sepatu lari ini. Jangan sampai hanya tergiur modelnya saja 😀
      Syukurlah jika tips nya bermanfaat, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya 🙂

      Reply
  10. Fadli

    terima kasih infonya. mau tanya, untuk mizuno, sepatu tipe apa yang cocok buat saya? tipe kaki saya normal, dan saya biasanya lari dalam jarak menengah. terima kasih.

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Halo Kak Fadli 🙂
      Kalau menurut saya pribadi, Mizuno yang ajib untuk kaki normal itu adalah Mizuno Wave Rider kak 😀
      Sebenarnya sih semua sepatu Mizuno Wave dibuat untuk mengurangi dan mengalihkan dampak tekanan dari kaki kita pada setiap hentakan kaki ke permukaan. Jadi secara umum semua Mizuno Wave nyaman untuk kaki normal kak, apalagi jika kakak sering lari di jarak menegah.
      Tapi kalau saya pribadi lebih suka pake yang Mizono Wave Rider kak hehe 😀

      Reply
  11. Horacio

    Hello there, just became alert to your blog through Google, and
    found that it is really informative. I am gonna watch out for brussels.

    I’ll appreciate if you continue this in future. Lots
    of people will be benefited from your writing. Cheers!

    Reply
  12. Guadalupe

    I was recommended this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know
    such detailed about my trouble. You are amazing!
    Thanks!

    Reply
  13. Minnie

    I believe that is among the most significant info for me.
    And i’m happy reading your article. However want to commentary on some general
    things, The web site style is perfect, the articles is really
    great : D. Just right job, cheers

    Reply
  14. Mercedes

    Hi there! I’m at work browsing your blog frm my new apple iphone!
    Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your
    posts! Carry on the great work!

    Reply
  15. Jackeline Looker

    Terima kasih atas berita dari ulasan di atas. saya antusias menyimaknya. Semoga dengan informasi-informasi yang ada di blog ini akan menambah wawasan para anak muda indonesia. Semoga penulis di blog ini di berikan kesehatan dan kebahagaian selalu. Terima kasih

    Reply
  16. Anto

    Boleh minta rekomendasi sepatu lari merk lokal & tipenya yg ringan-empuk-lentur untuk kaki normal lari 5Km?

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Halo Kak Anto 🙂
      Kalau untuk merk lokal boleh dicoba Sepatu Running merk Specs yang Street Rider, kak. 🙂

      Selain harganya terjangkau, bahannya juga lentur.

      Terimakasih ataa kunjungannya 🙂

      Reply
  17. Sakong

    Hello it’s me, I am also visiting this web site regularly, this
    site is really fastidious and the visitors are in fact sharing pleasant thoughts.

    Reply
  18. Tangkas

    Halo, tulisannya bagus.. Memberikan banyak informasi. Terima kasih

    Bisa minta masukkan? Saya berencana untuk rutin berolahraga lari.
    Model kaki sepertinya normal, untuk jogging sekitar rumah atau di treadmill saja, dan akan dipakai lari 5K (rencananya)
    Sepertinya saya butuh sepatu yang nyaman, ada rekomendasi?
    merek dan tipenya.. atau model seperti apa?
    Terima kasih

    Reply
    • Profile photo of Irfan Andriarto Irfan Andriarto

      Halo Kak Tangkas 🙂
      Sebelumnya saya pengen tau dlu kakak lagi nyari produk/merk lokal atau luar.

      Kalau untuk kaki normal buat lari jarak menengah menurut saya :

      Merk lokal bolek kk coba Sepatu Lari Specs Tambora,bahannya ringan dan nyaman di kaki normal. Selain itu harganya juga sangat terjangkau kak.

      Selanjutnya untuk merk luar menurut saya bisa kakak coba Sepatu Lari Adidas Supernova. Meski sedikit agak mahal namun kenyamanan dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi kak 🙂

      Mungkin sementara itu dlu rekomendasi dari saya, kalau masih ada yang ditanyakan sila langsung tanyakan lagi 🙂

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, dan mohon maaf apabila opini saya kurang tepat. Hehe 😀

      Reply
  19. delhi escort

    Hello my loved one! I wish to say that this post is amazing, great
    written and come with almost all significant infos.
    I would like to look extra posts like this .

    Reply
  20. singar

    Woah! I’m really enjoying the template/theme of this site. It’s simple, yet effective.

    A lot of times it’s difficult to get that “perfect balance” between superb usability
    and visual appeal. I must say that you’ve done a very
    good job with this. Additionally, the blog loads very fast for me on Safari.
    Superb Blog!

    Reply
  21. AgnusOLinnan

    It’s actually a great and helpful bit of info. I’m glad which you
    shared this helpful information with us. Please
    keep us informed like this. Thanks for sharing.

    Reply
  22. Helda

    Halo, Mas. Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat. Kebetulan saya ingin memulai olahraga lari, dan salah satu hal penting adalah pemilihan sepatu. Saya sangat terbantu artikel ini. Terima kasih

    Reply

Tuliskan pendapat Anda...