Teknologi

Aplikasi Text to Speech yang Support Bahasa Indonesia

Berikut beberapa aplikasi sound of text atau Text to Speech yang support Bahasa Indonesia:

#1 Aplikasi Google Translate

Aplikasi Text to Speech pertama adalah Google Translate. Aplikasi yang satu  ini pastinya sudah banyak dikenal para pengguna sebagai aplikasi penerjemah teks gratis dengan berbasis web Google yang menjadi browser utama para pengguna.

Bukan hanya sebagai aplikasi penerjemah, Google translate juga dapat dipakai untuk membantu pelafalan teks yang dimasukkan. Hal ini karena Google translate didukung oleh fitur Text to Speech yang dapat mengubah teks menjadi audio.

Audio yang dihasilkan dari aplikasi ini juga sangat baik dan didukung dengan banyak bahasa, termasuk bahasa indonesia. Tapi sayangnya kamu tak bisa atur jenis ataupun kecepatan suara yang dihasilkan. Teks yang dimasukan juga hanya sebatas 5000 karakter saja. 

#2 Aplikasi Voice Aloud Reader

Aplikasi text to speech bahasa indonesia berikutnya adalah Voice Aloud Reader. Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu untuk mengubah teks panjang. Bukan hanya satu dua paragraf saja, tapi bisa juga hingga 1 artikel, bahkan 1 web page bisa diubah menjadi audio. 

Dengan aplikasi ini juga kamu dapat mengubah berbagai jenis teks menjadi audio.  Bahkan teks offline seperti Doc, PDF, atau  OpenOffice bisa diubah menjadi audio. .

Cara pemakaiannya cukup mudah, kamu cukup copy paste alamat website yang ingin kamu ubah jadi audio. Jadi, kamu tak perlu mengcopy seluruh teks pada artikel tersebut.  

Aplikasi ini tersedia di Play Store, dan bisa kamu instal secara gratis. Tampilan aplikasinya juga cukup simple dan user friendly. 

#3 Aplikasi Narrator’s Voice

Selanjutnya adalah aplikasi Narrator’s Voice. Aplikasi ini pernah meraih penghargaan sebagai aplikasi text to speech terbaik pada tahun 2016 lalu. Tentu saja, karena aplikasi Narrator’s Voice ini bisa dipakai untuk memahami bagaimana pelafalan kata-kata dalam bahasa asing yang tepat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan suara para narator yang tersedia. Kamu bisa pilih narator terbaik sesuai kebutuhanmu. Bukan hanya itu saja, Kamu juga dapat men-download hasil teks yang telah diubah jadi suara yang dibacakan aplikasi ini. 

#4 ResponsiveVoice

buat suara dari teks lewat situs responsive voice
buat suara dari teks lewat situs responsive voice

Aplikasi text to speech bahasa iNdonesia selanjutnya adalah ResponsiveVoice, yang juga bisa kamu pakai secara gratis. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal masukan kata-kata atau kalimat yang ingin diubah jadi suara. 

Kemudian pilih bahasa dan jenis suara di bagian bawah, klik tombol Play untuk mendengarkan hasilnya. Cukup mudah, bukan?

Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya kustomisasi suara. Jadi kamu tidak bisa  mengubah efek, kecepatan pembacaan, jumlah karakter yang terbatas, dan tinggi rendahnya nada suara.

#5 Talk Free-Text to Voice

Aplikasi Text to speech berikutnya adalah Talk Free-Text to Voice. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan bisa kamu download gratis.  Cara menggunakannya cukup mudah, sama seperti aplikasi text to speech lainnya, dengan mengetikan kalimat yang ingin diubah jadi suara. 

Aplikasi ini juga mendukung impor halaman web langsung dari browser untuk kamu dengarkan. Terdapat beberapa fitur seperti ubah teks jadi suara, fitur untuk membacakan halaman web, play/stop/pause. Juga bisa ekspor audio WAV file. Aplikasi ini juga didukung banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia

Nah, itulah review dari 6 aplikasi text to speech yang mendukung penggunaan bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat!

Sumber: Apec2013.or.id