Teknologi

Bikin Presentasi Menarik dan Interaktif Menggunakan Classpoint.io

Presentasi adalah hal yang sudah umum dilakukan. Oleh karena itu, seringkali penontonnya merasakan bosan apabila persentasenya tidak menarik atau juga tidak punya fitur interaktif. Apalagi jika menggunakan presentasi ini untuk tujuan mengajar. Dengan presentasi biasa saja, para murid tidak akan memperhatikan sama sekali. Oleh karena itu, ada classpoint.io sebagai pertimbangan.

Kelebihan Classpoint.io

Classpoint.io merupakan sebuah perangkat lunak yang akan membuat file PPT atau presentasimu berubah menjadi lebih menarik, mengundang banyak interaksi dari penonton dan juga kamu akan terlihat lebih profesional karena kecanggihannya. Ada beberapa kelebihan mengapa Classpoint ini direkomendasikan dan banyak digunakan. Berikut ulasannya.

classpoint.io

1. Mudah

Hal pertama yang jelas menjadi kelebihan dari Classpoint ini adalah mudah digunakan. Apabila hal itu masih terlalu sulit, websitenya menyediakan tutorial untuk membuat semua bagian yang akan membuat file presentasi kamu lebih menarik dan interaktif. Bahkan pengembang mengklaim kamu hanya butuh 10 menit untuk menguasainya.

Tersedia juga banyak template yang bisa kamu pakai sehingga kamu tidak perlu untuk membuat segala sesuatunya dari awal. Kamu hanya perlu merubah apa yang sudah ada dan menghiasnya agar sesuai dengan tema presentasimu.

2. Gratis

Yap, aplikasi Classpoint ini bisa digunakan secara gratis meski memang ada versi premiumnya. Untuk versi gratisannya memang memiliki batasan, hanya saja untuk fiturnya bisa digunakan sepenuhnya sama seperti versi premiumnya. Untuk versi premiumnya terbagi menjadi dua, yang pertama langganan bulanan dan satu lagi apabila ingin ada kerjasama dengan pihak sekolah.

Untuk biaya per bulannya juga terbilang terjangkau yakni sekitar 8 dollar per bulannya atau sekitar 100 ribuan rupiah saja. Sangat terjangkau bukan untuk sebuah perangkat lunak yang punya banyak manfaat dan fitur menarik.

3. Banyak Fitur

Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat presentasimu jauh lebih menarik. Mulai dari membuat kuiz yang interaktif dengan sistem ranking, papan tulis digital untuk semua peserta presentasi sehingga bisa menuangkan semua idenya dalam oret-oretan bebas. Dengan demikian tidak ada peserta presentasi yang akan tertidur.

Pilihan kuisnya pun beragam, mulai dari menarik garis hingga pilihan ganda. Semua itu bisa kamu manfaatkan dengan gratis atau tanpa membayar sekalipun. Menarik bukan?

4. Ringan

Perangkat lunak classpoint.io ini memang berbasis Windows. Namun bukan berarti membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menggunakannya. Kamu setidaknya membutuhkan perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi minimum Windows 10 atau Windows 11, atau sudah menggunakan Microsoft Office 2013, 2016, 2019, 2021 atau 365.

Untuk tutorial penginstalannya dan juga penggunaannya akan diberikan selanjutnya. Jangan khawatir, caranya sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Berikut ulasannya.

classpoint.io

Cara Menginstal Classpoint

  1. Langkah pertama, buka situs classpoint.io
  2. Selanjutnya klik Download Now yang berada di pojok kanan atas
  3. Nantinya kamu akan diminta untuk mendaftar, daftarkan diri kamu dan unduh filenya
  4. Selanjutnya, klik file yang sudah diunduh. 
  5. Proses instalasi akan berlangsung, tunggu hingga selesai
  6. Classpoint siap digunakan setelah me restart laptop atau komputer

Cara Menggunakan Classpoint.io

Setelah Anda menginstal ClassPoint, akan muncul di pita PowerPoint kamu sebagai tab. Klik Masuk untuk memulai. Jika kamu belum memiliki akun ClassPoint, buat akun gratis kamu dengan mengklik tombol Daftar. Setelah berhasil masuk, kamu akan memiliki akses ke semua ikon yang ditampilkan di ikon Pita.  

Dalam mode penampilan slide, kamu dapat melihat toolbar ClassPoint, dengan anotasi dan alat keterlibatan siswa untuk membantu presentasi interaktif kamu. Kode kelas ditampilkan di sudut kanan atas, agar siswa atau pengunjung presentasi dapat bergabung dan berpartisipasi dalam presentasi kamu di seluruh kelas.

Selanjutnya kamu bisa memilih berbagai fitur yang ada mulai dari kuis, hingga papan tulis digital. 

Itulah informasi mengenai classpoint.io yang mana sangat bermanfaat untuk presentasi baik untuk kepentingan kantor hingga kepentingan mengajar. Karena aplikasi ini gratis, tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Apabila kamu merasa aplikasi ini layak untuk kamu beli lisensinya, kamu bisa melakukan pembayaran langganannya. Selamat mencoba.

Sumber: Datapendidikan.com