Teknologi

Cara Mudah Pakai Avast Chrome dan Fitur-Fiturnya

Internet memang memberikan cukup banyak kemudahan pada semua orang. Namun, jika tidak dimanfaatkan dengan baik justru memunculkan banyak masalah. Salah satunya adalah masuknya virus atau malware yang menyebabkan laptop atau PC mengalami gangguan.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah virus adalah menggunakan platform, namun juga bisa  menggunakan aplikasi antivirus. Sayangnya, tidak semua aplikasi antivirus mampu bekerja di website juga. Namun, Avast bisa melakukannya dalam bentuk ekstensi dari Chrome.

Mengenal Aplikasi Avast Chrome

Avast Online Security atau Avast Chrome adalah ekstensi atau Add-on yang ditujukan secara khusus untuk Google Chrome. Aplikasi ini akan memberikan kenyamanan saat melakukan browsing dan melakukan aktivitas via website.

Lihat juga: Alternatif Sound of Text Error di TikTok

Aplikasi ini terintegrasi dengan baik dengan browser. Begitu aktif, proses scanning akan dilakukan secara berkala seperti layaknya menggunakan antivirus standar. Selain itu, akan muncul notifikasi yang memerintahkan Anda untuk tidak masuk ke website tertentu.

Add-on ini merupakan produk gratis yang ditawarkan oleh Avast. Meski demikian, fitur yang ditawarkan ada banyak dan tetap memberikan perlindungan yang maksimal.

Cara Memasang dan Menggunakan

Menggunakan ekstensi Avast untuk Chrome cukup mudah dan bisa dilakukan dalam hitungan menit. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Aplikasi ini hanya bisa digunakan di Google Chrome versi paling anyar. Pastikan untuk melakukan update dahulu agar tidak terjadi masalah.
  • Masuk ke Chrome Web Store lalu cari Avast di sana. Anda juga bisa langsung menggunakan tautan ini.
  • Setelah masuk bisa langsung klik tombol biru di pojok kanan atas yang bertuliskan Add to Chrome.
  • Selanjutnya, akan muncul notifikasi baru yang berkaitan persetujuan. Klik Add extension.
  • Proses download akan dilakukan dahulu sebelum pemasangan otomatis.
  • Jika sudah terpasang, akan ada indikator di pojok kanan atas pada browser Chrome.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Avast versi website ini? Anda cukup menekan indikator centang hijau di kanan atas. Jika sudah menyala artinya aktif. Website apa saja yang dibuka setelahnya akan diproses dahulu.

Anda tidak perlu mengatur apa-apa karena aplikasi akan berjalan dengan sendirinya, misal saat mencari website di Google. Indikator safe akan muncul dalam bentuk centang hijau. Kalau indikator tidak muncul, artinya sedang ada masalah pada situs tersebut.

Fitur Unggulan Avast Web

Fitur unggulan apa saja yang ada pada yang ditawarkan oleh Avast? Secara umum hampir sama dengan versi aplikasi PC. Namun, lebih ringan dan gratis, berikut selengkapnya:

  • Mengumpulkan informasi berkaitan dengan situs-situs yang terindikasi melakukan Phising. Selanjutnya, Avast akan memberi peringatan sebelum Anda membukanya.
  • Dipercaya oleh 220 juta pengguna di seluruh dunia. Jadi, bisa dipastikan Add-on ini memang berkualitas dan cocok untuk semua pengguna Chrome.
  • Bisa menunjukkan rating dari berbagai situs. Umumnya, pengguna dari Avast akan memberikan rating, sehingga Anda tahu mana saja yang sesuai dan tidak.
  • Melakukan bypass dengan peringatan saat Anda tidak sengaja masuk ke situs dengan reputasi buruk dan terindikasi Phising. Jadi, Anda bisa lebih aman karena data akan terjaga.
  • Mampu melakukan blokir atau memberantas iklan yang mengganggu dan jumlahnya banyak. Fungsinya jadi mirip sekali dengan Adblock.

Biaya Layanan Avast Web

Biaya langganan Avast Web ini tidak ada, semua orang bisa menggunakan secara gratis. Namun, perlindungan yang diberikan tetap akan terbatas dibandingkan menggunakan antivirusnya yang berupa aplikasi.

Khusus aplikasi Avast, Anda bisa juga mengunduhnya secara gratis di situs resmi. Untuk versi gratis, lisensinya sekitar setahun untuk satu PC. Selanjutnya untuk kategori Premium biayanya sekitar Rp 200.000 per tahun/perangkat.

Jika ingin patungan dengan banyak orang, ada baiknya memakai yang versi 10 PC. Harganya hanya Rp 300.000 per tahun untuk 10 PC. Jauh lebih hemat dan bisa member.

Tulisan terkait: https://blogs.itb.ac.id/wikia/epub-reader-baca-epub-instan/

Ekstensi Avast yang tersedia untuk Google Chrome sangat bermanfaat untuk menyaman berselancar. Anda tidak akan mengalami masalah saat membuka situs tertentu. Semua akan dicek sehingga peluang terjadi phising dan sejenisnya tidak terjadi.

Hal lain yang cukup menarik dari Add-on ini adalah mudahnya kita memberikan rating pada situs tertentu. Jadi, saat membukanya akan tahu apakah website itu baik atau buruk. Selain itu, iklan yang terlalu mengganggu juga akan dibasmi.