Teknologi

Cara Mudah Pasang Fix Play di Chrome untuk Nonton Movie GD

Saat ini website dengan layanan streaming film atau serial cukup mudah untuk ditemui. Umumnya, website ini menawarkan tontonan gratis pada semua orang. Sebagai gantinya, berbagai iklan akan muncul untuk operasional pemiliknya.

Sebagian besar video yang bisa diputar menggunakan beberapa server penyimpanan. Server yang paling umum digunakan adalah server Google Drive atau GD. Server ini dikenal sangat cepat dan bisa langsung melakukan pengunduhan jika Anda pakai IDM.

Mengenal Fix Play untuk Google Chrome

Fix Play sebenarnya bukan aplikasi yang diciptakan untuk semua orang. Orang yang menawarkan aplikasi ini adalah Gabut.net. Situs menyediakan layanan streaming video gratis pada semua orang. Mereka menggunakan server video yang beragam termasuk Google Drive.

Sebagian besar pengguna tidak mengalami masalah dengan layanan ini. Namun, pengguna Google Chrome sering mengalami gangguan. Salah satunya adalah video jadi blank dan tidak bisa diputar kembali.

Solusi dari permasalahan ini akhirnya diberikan oleh pemilik situs sendiri. Mereka membuat aplikasi yang diunggah ke Chrome Web Store. Fix Play dibuat untuk melakukan pembenahan pada pemutar sehingga video bisa diputar dengan sempurna.

Meski pencipta menggunakannya untuk situs yang mereka bangun, aplikasi ini bisa berguna untuk semua jenis layanan website. Asal menggunakan server Google Drive, video yang sudah di-embed ke halaman situs bisa diputar dengan baik.

Lihat juga: Cara Buat Nada Dering WA Ada Namanya

Cara Memasang dan Menggunakan

Pemasangan Fix Play cukup mudah dilakukan dan hampir semua add-on dari Chrome memiliki langkah yang sama. Jika Anda baru pertama pakai Add-on, berikut tahapan yang harus dilakukan:

  • Membuka Chrome Web Store, lalu cari Fix Play. Anda juga bisa menggunakan tautan ini agar langsung menuju halaman download.
  • Begitu masuk ke dalamnya, Anda bisa membaca rincian yang ada di sana, tanggal update, hingga versinya.
  • Klik Tambahkan ke Chrome atau Add to Chrome, lokasinya di kanan atas, tombol warna biru.
  • Jika muncul halaman persetujuan, tekan Add extension.
  • Proses download akan berjalan. Setelah selesai instalasi akan berjalan dengan sendirinya.

Setelah berhasil terpasang, Anda bisa mengaktifkannya. Umumnya akan aktif dengan sendirinya. Selanjutnya, aplikasi ini akan bekerja untuk mengatasi video player dari server Google Drive yang mengalami masalah.

Untuk mengetahui apakah Add-on ini berjalan atau tidak. coba cek halaman dari video yang sebelumnya tidak bisa diputar. Jika video bisa diputar, kemungkinan tidak ada masalah. Namun, jika tetap bermasalah, aplikasi sudah tidak bisa dipakai.

Fitur Unggulan

Sebenarnya tidak ada banyak fitur unggulan yang ditawarkan oleh Fix Play. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, aplikasi atau Add-on ini dibuat untuk mengatasi masalah pada website penyedia layanan.

Namun, jika bisa dirinci, ada beberapa kelebihan yang membuat pengguna masih memasang add-on ini sampai sekarang:

  • Sederhana dan tidak banyak pengaturan. Anda hanya perlu melakukan pemasangan saja dari awal sampai akhir lalu menikmati manfaatnya.
  • Tergolong aplikasi yang masih baru dibandingkan dengan lainnya. Jadi, peluang mendapatkan update masih besar. Jika tidak, bug akan muncul dan membuat player GD tidak berjalan lancar.
  • Lancar untuk memutar sebagian besar video dengan server GD. Beberapa masalah mungkin muncul, tapi hal itu wajar karena versi dari browser juga mempengaruhi.
  • Tidak hanya bisa dipakai pada situs pembuatnya saja. Hampir semua website dengan video server GD bisa mengandalkan Add-on.
  • Ukuran dari Add-on kecil dan mudah sekali untuk dipasang dan dilepas kalau Anda merasa tidak membutuhkannya. Ukuran kecil ini tidak akan membuat kinerja dari Chrome bermasalah.

Tarif Layanan Fix Play

Dari penelusuran yang dilakukan hingga ke situs pencipta. Tidak ada tarif yang dikenal pada penggunaannya. Singkatnya, aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 2.000 orang ini gratis dipakai kapan pun selama pakai server Google Drive.

Fix Play adalah aplikasi atau Add-on dari Google Drive yang terbilang baru dan tanggal pembaruannya terjadi Juni 2020. Sayangnya, belum ada update kembali ke versi yang baru padahal sudah nyaris setahun.

Karena jarang mendapatkan pembaruan versi, kemungkinan terjadi masalah saat memutar video akan besar. Apalagi Chrome juga terus memperbarui versinya dari waktu ke waktu. Jadi, bersiaplah jika ada masalah saat video server GD diputar.