Seluler · Teknologi

Cara Agar Whatsapp Tidak Boros Ruang Penyimpanan yang Mudah Dipahami

Kalian pengguna Whatsapp? Whatsapp merupakan salah satu aplikasi populer di Indonesia saat ini. Cara menggunakannya juga mudah, apalagi memiliki fitur-fitur yang lengkap. Anda bisa menggunakannya untuk mengirim file-file seperti video maupun gambar. Dalam hal ini, anda harus mencari cara agar Whatsapp tidak boros ruang penyimpanan.

Namun saat ini anda tidak perlu khawatir lagi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus memori yang digunakan Whatsapp. 

Begini Cara Agar Whatsapp Tidak Boros Ruang Penyimpanan HP

Semakin banyak pesan video dan foto yang tersimpan, maka akan semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang dikuras. Hal ini merupakan penyebab kenapa handphone anda sering mengalami kendala dan menampilkan notif penyimpanan ruang penuh.

Mematikan Fitur Auto Download Video dan Gambar

Cara agar Whatsapp tidak boros ruang penyimpanan yang pertama, anda bisa mematikan fitur auto download. Biasanya pesan foto dan video akan mendownload secara otomatis di Whatsapp, namun anda juga bisa nonaktifkannya secara manual. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu memilih Setting/Pengaturan, lalu klik menu Storage and Data/Penyimpanan dan Data. 

Kemudian anda bisa pilih point Using Mobile Data, lalu hapus centang di kolom audio, foto, video, dan dokumen. Untuk menonaktifkan sepenuhnya, anda bisa melakukan hal seperti itu pada kolom opsi When Connected on Wifi, sehingga foto, video, atau dokumen tidak akan terunduh walau anda menggunakan wifi.

Referensi lainnya: https://karinov.co.id/download-suara-google-translate/

Hapus Chat Berukuran Besar 

Masing-masing chat yang terkirim maupun dikirim anda memiliki ukuran berbeda-beda, tergantung berapa sering anda mengirimkan dan berapa banyak file yang diterima. Anda bisa memilih pesan yang terlalu banyak menggunakan memori agar membuat memori penyimpanan terasa lebih lega.

Caranya, anda bisa membuka menu Setting dan mengetik tombol titik tiga Di pojok kanan atas. Kemudian anda pilih Storage and Data, lalu ke Manager Storage. Nantinya akan muncul data chat. Pilih mana yang memakan banyak memori internal. Diurutkan dari paling besar ke kecil.

Klik chat siapa saja yang ingin anda bersihkan atau pilih file apa saja yang ingin dihapus. Jika anda ingin menghapus semua data dan file di chat, anda bisa memencet kotak di kanan atas.

Hapus File Media Berukuran Besar

Cara agar Whatsapp tidak boros ruang penyimpanan selanjutnya, selain menghapus pesan chat, anda juga bisa menyortir file yang ingin anda hapus. Caranya sama, pilih Setting-Storage Data-Manager Storag. File yang berukuran besar bisa terlihat di kategori larger than 5 mb. Klik kategori tersebut untuk menyortir mana saja yang sekiranya sudah tidak anda perlukan.

Referensi terkait: https://blogs.itb.ac.id/tech/perbedaan-whatsapp-signal-telegram/

cara whatsapp agar tidak boros space hp
cara whatsapp agar tidak boros space hp

Aktifkan Backup Google Drive Atau Icloud

Secara default, Whatsapp akan mencadangkan chatnya ke memori internal. Oleh karena itu, menerima pesan berukuran besar sehingga ruang memori internal menipis.

Dengan mencadangkan chat atau menyimpannya ke penyimpanan awal seperti Google Drive, anda bisa mengurangi beban memori internal ponsel. Caranya, klik tombol Setting-Chat-Chat Backup, lalu Backup.

Anda jangan lupa untuk menuliskan alamat email dalam menyimpan cadangan file dan chat. Anda juga bisa mengatur kapan anda akan mencadangkan file dan chat kembali.

Kurangi Membuka Whatsapp Status

Anda sebagai pengguna Whatsapp pasti sering penasaran dengan unggahan status pengguna lainnya, namun ada baiknya untuk lebih mengurangi rasa penasaran tersebut.

Karena Whatsapp status yang anda lihat, akan tersimpan ke memori internal ponsel tidak ada salahnya untuk lebih selektif lagi melihat unggahan Whatsapp status dari kontak yang kita simpan.

Itulah cara agar cara agar Whatsapp tidak boros ruang penyimpanan. Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi dengan ruang penyimpanan yang terbatas.