Biologi

Contoh Soal Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan [+Gambar]

Definisi ringkas dari sel adalah sebuah unit terkecil yang merupakan struktur dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. Mengapa dikatakan sebuah struktur? Karena sel tersusun atas membran sel dan ogan sel.

Sel memiliki bentuk yang beraneka ragam, dan antara makhluk hidup satu dengan lainnya pasti berbeda. Terlebih pada sel hewan dan sel tumbuhan, yang hanya bisa diamati perbedaannya melalui mikroskop elektron.

Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan ini memang menarik untuk diketahui. Bagi sobat yang belum pernah melihat sama sekali, setidaknya akan bisa membayangkan perbedaannya melalui artikel ini.

perbedaan sel hewan tumbuhan
perbedaan sel hewan tumbuhan

Secara umum, sel hewan memiliki bentuk yang lebih kecil daripada sel tumbuhan. Selain itu bentuk sel hewan biasanya tidak tetap, berbeda dengan bentuk sel tumbuhan yang rata-rata cenderung tetap.

Lihat pula: Cara Menghitung Nilai Rata-rata

Perbedaan selanjutnya bisa sobat lihat dalam penjelasan di bawah ini. Kami pastikan setelah sobat membacanya, sobat bisa mengetahui secara jelas apa saja perbedaan mendasarnya. Simak baik-baik ya!

1. Penjelasan Singkat Sel Hewan dan Tumbuhan

1.1 Sel Hewan

Ilustrasi Sel Hewan
Ilustrasi Sel Hewan

Nama umum dari sel hewan adalah sel eukariotik, sel ini menyusun jaringan hewan.

Hal ini berbeda dengan sel eukariotik yang terdapat pada tumbuhan. Karena pada tumbuhan tidak memiliki dindin sel dan kloroplas. Dan biasanya vakuola yang dimiliki oleh sel tumbuhan lebih kecil bahkan tidak ada.

Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, bentuk sel pada hewan bervariasi.

1.2 Sel Tumbuhan

Ilustrasi Sel Tumbuhan
Ilustrasi Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan merupakan penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel pada tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya.

Sel eukariotik pada tumbuhan merupakan kelompok sel yang memiliki materi genetik (DNA) dan dibalut oleh membran.

Karena memiliki dinding sel yang keras, maka bentuk sel pada tumbuhan menjadi kaku. Bentuk tersebut didapatkan dari dindin sel yang paling luar.

Dinding sel sendiri tersusun dari senyawa selulosa, pektin, hemiselulosa, dan lignin yang akan menguatkan struktur pada tumbuhan.

2. Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan
Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan – Ilustrasi : statmat.id

Dilihat dari organ nya memang dua makhluk hidup ini tampak memiliki perbedaan pada sel yang terdapat di dalamnya.

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan biasanya terdapat pada organel-organel yang membangun sel tersebut. Sobat bisa lihat perbedaan mendasar antara sel hewan dan sel tumbuhan di bawah ini.

2.1 Bentuk dan Ukuran

Bentuk sel hewan biasanya tidak tetap, berbeda dengan bentuk sel tumbuhan yang rata-rata cenderung tetap. Selain itu sel hewan memang memiliki ukuran yang lebih kecil daripada sel tumbuhan.

Sel tumbuhan memiliki ukuran lebih besar juga karena dipengaruhi oleh fungsinya yang lebih, yakni pada proses fotosintesis.

2.2 Lisosom

Lisosom merupakan organ pencernaan intraseluler dalam tubuh makhluk hidup dan juga sebagai alat pertahanan sel. Dalam sel hewan terdapat lisosom ini karena memang fungsinya sebagai organ pencernaan dalam tubuh hewan.

Selain itu, lisosom ini juga berfungsi sebagai pemecahan zat, namun dalam sel tumbuhan tidak ada. Hal ini juga menjadi perbedaan mendasar antara sel hewan dan tumbuhan.

2.3 Plastida dan Kloroplas

Plastida merupakan badan organel yang memiliki struktur dan fungsi khusus, biasanya terdapat dalam sitoplasma.

Koroplas merupakan salah satu jenis dari plastida yang dapat memberikan warna hijau pada tumbuhan untuk proses fotosintesis, dan juga bisa membantu tumbuhan dalam membuat makanan sendiri.

Sel hewan tidak memiliki Plastida dan koroplas ini, sehingga hewan tidak bisa membuat makanan sendiri.

2.4 Dinding Sel

Sesuai dengan namanya, dinding sel ini berfungsi sebagai perlindungan bagi sel dan juga yang memberi bentuk sel tersebut. Dinding sel tidak terdapat dalam sel hewan, dan ada dalam sel tumbuhan.

Pada tumbuhan dinding sel berfungsi sebagai bagian untuk mempertahankan bentuk sel. Dinding sel ini biasanya terdiri dari selulosa dan hemiselulosa, yang sangat berguna untuk melindungi sel.

Umumnya hewan tidak memiliki dinding sel seperti tumbuhan, tetapi hewan memiliki membran plasma sebagai batas terluar yang melindungi sel hewan itu.

Hampir sama memang tetapi beda istilah dan tentunya juga berbeda bentuk.

2.5 Sentriol

Sentriol biasanya terdapat dalam sel hewan karena berfungsi sebagai kutub-kutub pembelahan pada saat pembelahan sel. Hewan yang memiliki ciri khusus seperti membelah diri memiliki organel ini jauh lebih banyak.

Sentriol biasanya berbentuk seperti silinder yang terdapat lubang di tengahnya dan tersusun atas protein mikrotubulus. Ini hanya dimiliki oleh hewan.

2.6 Vakuola

Pada sel tumbuhan pasti memiliki vakuola ini, tetapi dalam sel hewan bisa memiliki vakuola juga bisa tidak.

Vakuola pada sel tumbuhan umumnya memiliki ukuran yang cukup besar karena berfungsi sebagai gudang sel yang menyimpan air dan zat larut lainnya.

Sementara pada sel hewan, vakuola bisa ditemui pada hewan bersel satu dan memiliki ukuran yang relatif kecil, tidak sebesar pada sel tumbuhan.

Tugas utama dari vakuola adalah melaksanakan fungsi utama yang dilakukan oleh lisosom, yakni tempat menyimpan cadangan makanan, menyimpan sisa metabolisme, menyimpan pigmen, dan lain-lain yang terdapat dalam pencernaan.

3. Tabel Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Untuk mempermudah sobat dalam membedakan sel hewan dan sel tumbuhan, akan kami sajikan dalam  bentuk tabel.

NO.BAGIAN SELSEL HEWANSEL TUMBUHAN
1.LisosomAdaTidak ada
2.Plastida dan KloroplasTidak adaAda
3.Dinding SelTidak adaAda
4.SentriolAdaTidak ada
5.VakuolaAdaAda
6.GlioksisomTidak adaAda

Lihat juga: Cara Melakukan Uji Chi Square

Untuk perbedaan sel hewan dan tumbuhan sebenarnya tidak terlalu banyak, tetapi karena istilahnya hampir sama maka sobat wajib tahu satu persatu nih. Simak terus ya!

Glioksiom merupakan sel yang menghasilkan enzim berupa enzim katalase dan enzim oksidase yang keduanya sangat penting karena berperan dalam proses metabolisme lemak, yaitu proses mengubah lemak menjadi gula.

Biasanya  terdapat dalam tumbuhan yang memiliki buah yang bisa dimakan dan memiliki rasa manis akibat dari enzim tersebut.

4. Gambar Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Di bawah ini kami berikan contoh gambar perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan. Bisa sobat lihat ya perbedaannya, tetapi jangan salah memang terdapat sedikit persamaan, perhatikan baik-baik ya!

Berdasarkan gambar tersebut, bisa sobat lihat perbedaannya, sel hewan tidak memiliki dinding sel mengakibatkan tekstur dagingnya cenderung lebih lunak.

Sedangkan dalam sel tumbuhan memiliki dinding sel sehingga pada permukaan kayunya terasa keras. Keduanya memang memiliki membran sel di dalamnya.

Persamaan yang lain terdapat dalam vakuola, yang sama-sama dimiliki oleh sel hewan maupun sel tumbuhan, akan tetapi pada sel tumbuhan bentuk vakuola ini lebih besar dan bahkan mendominasi bagian sel tumbuhan.

5. Contoh Soal dan Pembahasan

Sobat masih penasaran cara membedakan sel hewan dengn sel tumbuhan? Coba simak contoh soal di bawah ini ya. Pasti setelah ini bisa membedakan.

Soal 1

Mengapa pada sel hewan tidak memiliki dinding sel? Berikan penjelasannya!

Jawaban:

Karena pada sel hewan terdapat membran sel, yang berfungsi sebagai pelindung protoplasmanya. Fungsi dari membran sel yang yang tipis ini adalah untuk tetap memberikan tekstur lunak pada daging dari hewan tersebut. Namun bagi beberapa hewan yang memiliki dinding sel, pasti tekstur dagingnya lebih keras.


Soal 2

Berdasarkan struktur yang ada di dalamnya, apakah sel hewan selalu berbentuk tetap?

Jawaban:

Tidak, karena sel hewan tidak memiliki dinding sel seperti penjelasan pada soal pertama.


Soal 3

Mengapa plastida dan koroplas tidak terdapat dalam sel hewan?

Jawaban:

Karena fungsi utama dari plastida dan koroplas adalah pada proses membuat makanan dan fotosintesis. Sementara hewan tidak bisa membuat makanan sendiri, maka dari itu plastida dan koroplas hanya terdapat dalam sel tumbuhan.


Nah, itulah penjelasan untuk sobat semua mengenai perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang lengkap dengan penjelasan dan contoh soal. Jangan lupa terus membaca ya sobat, semoga artikel ini bermanfaat. See you next time!