Teknologi

Fitur Terbaru Android 12 (One UI 4.0)

Ponsel Samsung dari perusahaan elektronik asal Korea Ini mendapatkan pembaruan One UI 4.0 yang berbasis pada Android 12. Anda akan mendapatkan fitur terbaru android one yang akan sangat membantu keseharian Anda menggunakan ponsel. Kombinasi update fitur terbaru dengan kecanggihan ponsel dari samsung tentu akan menghasilkan sebuah ponsel yang keren dan canggih, bukan?

Sebagai penggemar ponsel Samsung, Anda pasti tidak ingin tertinggal fitur baru tersebut. Oleh karena itu, segera periksa sistem operasi Anda dan lakukan update ke sistem operasi yang terbaru untuk menikmatinya. 

Fitur terbaru Android One UI yang Keren dan Wajib Dicoba

Nah, berikut ini adalah penjelasan dari fitur-fitur canggih dan menarik Android One. Anda bisa menggunakan fitur yang menurut Anda menarik untuk memperindah tampilan ponsel Samsung Anda atau memudahkan Anda ketika mengoperasikan ponsel. 

Palet Warna Custom 

Biasanya tampilan warna di ponsel akan mengikuti standar bawaan atau tema yang Anda pilih. Tetapi dengan fitur palet warna ini, Anda bisa mengubah warna-warna yang digunakan pada ponsel samsung Anda dengan satu langkah saja. 

Edit Foto Bawaan 

Anda akan membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download ari PlayStore bila ingin mengedit foto. Hal ini karena aplikasi pengedit foto  yang ada di ponsel tidak bisa memenuhi kebutuhan editing Anda. Fitur yang terupdate ini memberikan banyak sekali tools yang biasa Anda temukan di aplikasi pihak ketiga. Dengan update ini sangat mungkin untuk Anda meninggalkan aplikasi pihak ketiga dan menggunakan aplikasi bawaan Samsung. 

Samsung Keyboard

Update terbaru dari Samsung Keyboard memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih ekspresif. Keyboard ini tersemat fitur emoji yang canggih dan dukungan dari Grammarly. Anda juga bisa mengirimkan emoji terkombinasi yang membentuk animasi lucu.

Referensi terkait: Cara Translate Inggris-Indonesia

Kunci Layar Jam

Hal pertama yang mungkin Anda perhatikan saat pertama kali menyalakan ponsel yang menjalankan Android 12 adalah jam layar kunci baru. Dengan ponsel Anda bebas dari notifikasi, jam digital besar menempati tempat tepat di tengah layar.

Kunci Kode PIN

Saat Anda menggesek untuk membuka kunci ponsel, Anda akan melihat desain baru untuk keypad kode PIN. ‘Kancing’ berbentuk bulat, besar dan minimal dengan nuansa pastel. Nuansa ini diatur oleh Material You.

Notifikasi

Notifikasi juga telah mengalami perombakan desain. Gaya jendela notifikasi telah berubah, dan secara otomatis dikelompokkan per aplikasi, atau dipisahkan jika tidak bersifat percakapan.

Juga, ada kontrol tunda baru yang mudah yang cukup Anda ketuk untuk menunda, daripada harus menggesek notifikasi. Kemudian Anda dapat menunda pemberitahuan tertentu untuk jangka waktu tertentu.

Lihat juga: Cara Buat Suara Google jadi Notifikasi WA

Pengaturan yang Cepat

Saat Anda menurunkan pengaturan cepat dan pemberitahuan dari bagian atas layar, Anda tidak akan lagi melihat tombol bulat kecil itu. Sebagai gantinya, mereka telah digantikan oleh kontrol persegi panjang yang jauh lebih besar, mirip dengan yang kita lihat di menu Power Android 11 untuk mengontrol perangkat smarthome.

Yang menarik di sini adalah skema warnanya. Google telah mengaktifkan fitur yang memungkinkannya untuk memilih warna secara otomatis berdasarkan wallpaper apa pun yang Anda miliki, yang disebut Material You

Jadi, jika wallpaper Anda didominasi warna merah muda/ungu, warna pengaturan cepat juga akan sama. Atau hijau, jika wallpaper Anda berwarna hijau. Dan seterusnya – semuanya dapat disesuaikan.

Tangkapan Layar

Ambil tangkapan layar dan jika halaman lebih panjang dari yang Anda ambil, ada opsi untuk menangkap lebih banyak. Ya, tangkapan gulir ada di Android 12.

Buka fungsi edit/markup dan sekarang Anda dapat mengetik teks ke tangkapan layar Anda dalam sejumlah warna font yang berbeda. 

Plus Anda dapat menempelkan beberapa emoji di sana jika Anda mau dengan menekan ikon stiker kecil. Anda juga dapat mengubah ukurannya dengan mudah hanya dengan mencubit untuk memperbesar.

Sebagai catatan tambahan untuk itu, Anda sekarang dapat dengan mudah mengabaikan gambar mini tangkapan layar dengan menggeseknya dari layar.

Mode Satu Tangan

Sekarang ada mode satu tangan baru yang dapat Anda aktifkan. Itu membuat penampilan pertamanya di pratinjau pengembang ke-2 dan dapat membuat penggunaan ponsel dengan layar lebih besar jauh lebih mudah di masa depan. 

Saat aktif, yang harus Anda lakukan adalah menyeret ke bawah dari tepi bawah ponsel dan itu membawa aplikasi yang Anda lihat ke bawah setengah, untuk membuat bagian atas lebih mudah dijangkau.

Kontrol gambar-dalam-gambar baru

PiP telah ada di Android untuk sementara waktu dan berarti Anda dapat memutar video mengambang kecil di layar bahkan saat Anda tidak berada di aplikasi video. Kontrol baru memungkinkan untuk memperbesar jendela tanpa layar penuh.

Itulah beberapa fitur terbaru Android One yang keren dan pasti bisa memenuhi kebutuhan Anda. Sekarang Anda bisa memanfaatkan semua fitur di ponsel bawaan Samsung tanpa mengandalkan aplikasi pihak ketiga. Dengan ini Anda bisa menghemat penyimpanan internal ponsel untuk hal lain.

Sumber referensi: