FreeTTS dan Botika untuk Buat Sound of Text WA

Membuat nada dering sendiri adalah impian banyak orang. Mungkin belum banyak yang tahu, dengan adanya teknologi text to speech yang biasa disebut sebagai teknologi suara Google, kini kamu bisa membuat nada dering sendiri.

Situs untuk membuat nada dering suara Google ini biasa disebut dengan situs sound of text. Lewat tulisan ini, Civitas UNS akan mengulas dua situs populer untuk buat sound of text WA yaitu freetts dan Botika yang bisa digunakan secara gratis dengan layanan powerful.

Lihat juga: https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-wa.html

FreeTTS dan Botika jadi Nada Dering
FreeTTS dan Botika jadi Nada Dering

#1 Sound of Text Melalui Freetts.com

Cara ketik sound of text agar terdengar menarik dan unik, maka bisa mengetikan tulisan diubah jadi suara melalui situs freetts.com. Cara menggunakannya mudah, cukup ketik tulisan di kolom yang tersedia. Berikut langkah-langkahnya.

FreeTTS dan Botika jadi Nada Dering
  1. Buka browser di hp atau pc
  2. Kemudian kunjungi situs freetts.com
  3. Pada kolom teks yang tersedia, ketik tulisan yang akan diubah jadi format suara. Misalkan “Permisi, ada pesan masuk nih bos
  4. Pilih bahasa Indonesian pada kategori Languages
  5. Kemudian pilih jenis suara pada kategori Voices
  6. Setelah itu, klik tombol Convert to Mp3
  7. Untuk mengunduh suara, klik Download Mp3

Adapun hasil suara yang dihasilkan pada situs sound of text ini agak sedikit kaku seperti robot, namun kamu bisa memilih jenis suara perempuan dan pria sesuai keinginan. Bagaimana mudah bukan cara membuatnya?

#2 Sound of Text Melalui Botika.online

Botika text to speech merupakan situs untuk mengubah teks jadi suara unik, hasil suara bisa digunakan sebagai nada dering WA atau audio TikTok keren. Jika kamu belum mengetahui cara ketik tulisan di situs konversi ini, berikut langkah-langkahnya.

buat nada dering dengan botika text to speech
buat nada dering dengan botika text to speech
  1. Kunjungi halaman situs botika.online/TextToSpeech
  2. Pada kolom Text to Speech, ketik tulisan yang diinginkan. Misalnya “Sayang, ada pesan masuk. Baca dong!
  3. Kemudian pilih jenis suara, Female 2 – Youngster, Fast
  4. Centang kotak Saya bukan robot
  5. Klik tombol Play, untuk mendengarkan suara
  6. Klik ikon Download, untuk mengunduh suara

Pada situs sound of text Botika hanya tersedia jenis suara perempuan saja, hanya saja suaranya terdengar cukup natural sehingga bisa digunakan untuk nada dering WhatsApp.

Demikian pembahasan seputar cara ketik sound of text melalui situs konversi tulisan jadi suara unik dan keren. Jika penasaran, maka bisa mencobanya untuk membuat suara dari ketikkan tulisan saja. Semoga informasinya bermanfaat.

Sumber referensi: https://blogs.itb.ac.id/soundtext