Biologi

Mengenal Apa Itu Deselerasi dan Fase-fase nya

Sebagai seorang yang berprofesi sebagai  bidan atau dokter kandungan, mengenal apa itu deselerasi adalah hal yang sangat penting. Deselerasi adalah bagian dari persalinan yang harus diperhatikan dengan baik, karena janin yang ada didalam rahim akan memasuki fase keluar dari serviks.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu deklarasi, simak selengkapnya dalam beberapa ulasan di bawah. Anda akan mengetahui fase persalinan normal serta deselerasi secara lebih spesifik.

Mengenal Fase Persalinan Normal

Fase pembukaan pada persalinan normal umumnya berjalan cukup panjang. Rasa ini dibagi menjadi beberapa bapak dilihat dari seberapa cepat permukaan terjadi.

1. Fase Laten

Fase laten adalah bagian pertama dari pembukaan pada persalinan normal. Pada pembukaan ini biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 8 jam. Dari pembukaan nol hingga 3 cm membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Kontraksi umumnya sudah terjadi pada fase ini. Meski demikian, rasa sakitnya tidak akan terlalu parah. Sebagian besar wanita masih bisa menahannya dengan baik.

2. Fase Aktif

Setelah fase laten berakhir, umumnya akan masuk pada fase laten. Pada fase ini akan terjadi percepatan pembukaan dari 3 cm sampai terakhir adalah pembukaan sempurna 10 cm.

Fase aktif sendiri dibagi menjadi tiga babak, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Fase akselerasi. Fase ini terjadi percepatan pembukaan. Dalam waktu 2 jam saja akan terjadi pembukaan dari 3 cm ke 4 cm. Beberapa wanita bisa mengalami nya lebih cepat.
  • Fase dilatasi maksimal. Rasa ini berjalan selama 2 jam dan akan terjadi pembesaran maksimal mulai dari 4 cm hingga 9 cm.
  • Fase Deselerasi. Dikenal juga dengan fase lamban.

Mengenal Apa Itu Deselerasi

Fase deselerasi atau dikenal dengan fase lamban adalah saat pembukaan terjadi sangat lambat. Pada fase terakhir ini pembukaan akan terjadi dari 9 cm ke 10 cm. Waktu pembukaan ini berjalan kurang lebih 2 jam.

Lihat juga: Share Tutorial Aplikasi

Pada saat terjadi deklarasi umumnya kontraksi yang terjadi pada rahim akan semakin kuat. Rasa sakit akan semakin mudah dirasakan dan beberapa wanita juga ada yang mulai mengeluarkan darah dari rahimnya.

Pada fase ini biasanya dokter akan meminta pasien untuk segera mengejan. Mereka harus mau mendorong janin agar keluar dari rahimnya, sehingga bagian kepalanya keluar dan mudah untuk ditarik.

Pada fase ini ini beberapa wanita juga ada yang kesulitan. Rasa sakit yang dialami lebih besar sementara janin sulit keluar. Beberapa metode yang dipilih adalah dengan memberikan induksi atau jika kondisi tidak memungkinkan akan dilakukan operasi.

Mengenal Apa itu deselerasi sangat penting karena pada fase ini persalinan akan berakhir. Biasanya pada fase pembukaan akan berjalan dari 9 cm ke 10 cm. Janin akan siap keluar dan persalinan akan menjadi sempurna.

Bahasa ini masuk dalam kategori aktif. Biasanya setelah fase ini akan terjadi penurunan. Itulah kenapa seorang wanita harus memberikan tekanan yang kuat, agar janin mau keluar dan akhirnya lahir dalam kondisi selamat.