Biologi

Mengenal Apa Itu Fagosit yang Terjadi Pada Sel

Saat mempelajari biologi, Anda pasti pernah mendengar istilah fagosit. Sel ini memiliki fungsi yang penting pada tubuh manusia khususnya yang berhubungan dengan daya tahan. Selain itu, sel ini juga terdapat pada beberapa mikroorganisme.

Untuk mengenal lebih jauh atau mengingat kembali apa itu fagosit serta proses fagositosis, simak selengkapnya di bawah ini. Anda akan mengetahui seperti apa ilustrasi proses fagositosis yang terjadi pada mikroorganisme dan juga sel manusia.

Mengenal Apa Itu Fagosit

Fagosit adalah nama sel yang mampu melakukan proses fagositosis. Saat ini umumnya dimiliki oleh mikroorganisme seperti amoeba atau mikroba lainnya. Untuk bisa bertahan hidup dan melakukan reproduksi mereka harus melakukan proses fagositosis.

Pada manusia beberapa sel tubuh khususnya yang berhubungan dengan daya tahan juga memiliki fagosit. Sel ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama yaitu untuk bertahan hidup dan juga melindungi tubuh, sehingga infeksi akibat mikroba tidak menjadi lebih parah.

Proses Fagositosis

Fagositosis adalah proses memasukkan benda asing atau mikroba ke dalam selnya. Proses ini dilakukan secara perlahan-lahan dengan menarik mikroba tersebut untuk mendekat dan akhirnya diselubungi seiring dengan berjalannya waktu.

Setelah diselubungi, proses selanjutnya adalah dengan mengeluarkan enzim pencernaan ataupun zat lain. Setelah dikeluarkan mikroba yang termakan tersebut akan mengalami kematian. Apabila ada materi bermanfaat, umumnya akan diserap dan sisanya akan dibuang.

Proses ini umumnya berjalan berkali-kali. Salah satu hewan yang sering melakukannya adalah amuba. Dengan melakukan proses fagositosis mereka bisa bertahan hidup. Nutrisi akan didapatkan oleh tubuh sehingga bisa melakukan reproduksi dengan cara membelah diri.

Fagositosis pada Sel Manusia

Manusia juga bisa melakukan proses fagositosis, salah satu sel yang bisa melakukannya adalah sel daya tahan tubuh seperti darah putih. Sel akan membunuh patogen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara menyelimuti mereka satu persatu.

Lihat pula: Teknik Pengambilan Sampel

Apabila hal itu berhasil, patogen akan mati dengan sendirinya. Apabila yang terjadi sebaliknya, maka sel darah putih atau sel kekebalan tubuh lain akan mengalami mati.

Proses fagositosis ini menunya menyebabkan kenaikan suhu pada tubuh. Hari ini menjadi indikasi jika sedang terjadi pertarungan antara sel kekebalan tubuh dengan paket yang lain. Apabila berhasil, maka jumlah dari patogen akan menurun dan kondisi tubuh akan membaik dengan sendirinya.

Process by which certain living cells called phagocytes ingest of engulf cells or particles. Your body can then produce the most effective weapons against the invaders T-cell recognise and kill virus infected cells directly.

Setelah membaca ulasan di atas, Anda sudah lebih tahu tentang fagosit. Ternyata proses itu berhubungan dengan proses memasukkan benda asing ataupun mikroorganisme lain ke dalam tubuh. Selanjutnya sel akan mengonsumsi atau membunuh benda asing tersebut dan mengambil nutrisinya.

Pada sistem kekebalan tubuh, proses fagositosis dilakukan untuk menyembuhkan penyakit. Bakteri atau virus yang berbahaya akan diserang dan dimakan oleh sel kekebalan. Sel fagosit akan mengelilingi mereka dan menghancurkan satu persatu hingga habis.