Teknologi

Musicpleer, Cara Download Musik Online dalam Format MP3

Belakangan ini kemunculan aplikasi dan platform streaming musik semakin marak. Namun di antara banyaknya platform tersebut, sangat sedikit yang menyediakan fitur download. Jika ada pun harus berbayar.

Kalau Anda tidak berlangganan platform music streaming, download saja lagu-lagu kesukaan menggunakan Musicpleer di Chrome.

Tentang Musicpleer

Musicpleer adalah situs di internet yang menyediakan layanan download lagu secara gratis. Selain situs, Musicpleer juga mengembangkan aplikasinya di berbagai platform, contohnya di Android dan Chrome.

Meskipun Musicpleer bisa dijumpai di berbagai jenis platform, yang akan dibahas kali ini adalah Musicpleer di Chrome. Khusus di platform tersebut, Musicpleer berbentuk add-on atau aplikasi tambahan yang bisa diinstall pengguna melalui Chrome Store.

Tak  ada perbedaan mencolok antara Musicpleer di Chrome dengan platform lain. Server dan database yang digunakan masih sama, begitu pun dengan tampilannya. Jika sudah familiar dengan Musicpleer sebelumnya, Anda tak akan kebingungan saat mengoperasikan add-on tersebut.

Lihat pula: Cara Pakai Sound of Text di WhatsApp

Fungsi atau fitur utama yang ditawarkan oleh Musicpleer adalah download lagu dan video musik secara gratis. Apakah hal ini legal? Musicpleer tidak sepenuhnya legal. Jika Anda menggunakan musik dari Musicpleer untuk keperluan diri sendiri, hal ini diperbolehkan.

Add-on atau extension yang satu ini cocok untuk Anda yang gemar mendengarkan lagu barat. Pasalnya, Musicpleer dikenal dengan koleksi lagu baratnya yang sangat lengkap. Selain itu juga masih ada lagu lain termasuk lagu Indonesia dan Asia.

Ekstensi Musicpleer telah digunakan oleh lebih dari 600 pengguna di seluruh dunia. Jumlah penggunanya di Chrome memang masih sedikit, karena kebanyakan orang mengakses Musicpleer melalui situs web mereka secara langsung atau melalui aplikasi Android.

Cara Download dan Menggunakan Musicpleer

Untuk mendapatkan ekstensi Musicpleer, Anda wajib menggunakan Chrome atau Google Chrome. Browser yang satu ini bisa Anda installl di Windows, MacOS, maupun Linux. Setelah memiliki Chrome di laptop atau PC, sekarang Anda bisa mengikuti tutorial downloadnya di bawah ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Chrome. Pastikan pula bahwa laptop atau PC Anda sudah terhubung dengan jaringan internet.
  2. Ketika Chrome sudah terbuka, sekarang ketik URL berikut ini di  address bar: https://chrome.google.com/webstore.
  3. Anda akan diarahkan menuju laman web store yang berisi berbagai aplikasi, ekstensi, dan tema untuk ditambahkan ke Chrome.
  4. Klik di kolom pencarian atau Search, kemudian ketik Musicpleer dan tekan tombol Enter.
  5. Lihat pada hasil pencarian, kemudian klik di ekstensi Musicpleer.
  6. Klik pada tombol Add to Chrome.
  7. Di bagian atas halaman akan muncul pop up untuk menyetujui pemasangan ekstensi. Klik pada opsi Add Extension.
  8. Tunggu sesaat sampai Chrome selesai mendownload ekstensi tersebut dan memasangnya.
 musicpleer di Chrome Extension
musicpleer di Chrome Extension

Sampai di tahap ini, Anda sudah bisa dikatakan berhasil menginstall Musicpleer di Google Chrome. Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan ekstensi tersebut untuk mendownload lagu dan video musik.

  1. Ketika sudah diinstall, Anda melihat ikon Musicpleer di bagian kanan atas. Lebih tepatnya di samping address bar.
  2. Klik pada ikon tersebut untuk mulai menggunakan Musicpleer.
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Musicpleer untuk mencari lagu.
  4. Ada beberapa menu yang bisa diklik di bagian atas halaman tersebut. Menu yang ada antara lain Home, Top Chart, Contact Us, dan lain sebagainya.
  5. Di bagian halaman depan juga terdapat beberapa kelompok lagu yang bisa diklik.
  6. Klik salah satu lagu, kemudian Anda diarahkan ke halaman berisi detail dari lagu tersebut.
  7. Untuk download, klik pada tombol Download MP3 (HD).

Artikel terkait: Suara Google Translate sebagai Voice Note

Fitur Musicpleer

Berikut ini beberapa fitur yang dapat Anda jumpai pada add-on Musicpleer yang ada di Google Chrome:

  • Database yang menampung jutaan lagu dengan berbagai genre.
  • Fitur pencarian atau search yang akurat.
  • Download MP4 dan MP3 dengan berbagai pilihan kualitas.

Biaya Langganan Musicpleer

Fitur yang dimiliki oleh Musicpleer cukup lengkap untuk sekelas add-on MP3 Downloader. Apabila Anda gemar mengoleksi lagu secara offline, Musicpleer ini sangat cocok untuk dicoba. Terlebih Musicpleer tidak menetapkan biaya langganan untuk para penggunanya.

Anda bukan pengguna Chrome? Jangan khawatir karena add-on yang satu ini tersedia di beberapa browser lain contohnya Firefox, Microsoft Edge, dan sebagainya. Jadi, Anda tetap bisa menikmati aplikasi keren satu ini di browser lainnya, ya.