Teknologi

Tips Lengkap Belanja Barang di 1688.com dari Indonesia

Situs 1688.com adalah marketplace yang menjual aneka barang dari Tiongkok. Situs ini menjadi langganan banyak orang khususnya penjual karena harga barangnya miring. Jadi, sebagian besar mengimpor dari sini agar bisa dijual dengan harga lebih mahal.

Sayangnya, situs 1688.com ini menggunakan bahasa Mandarin. Namun, Anda masih bisa melakukan translasi dengan baik berbantuan Google. Selain itu, proses pembayaran juga butuh perantara agar transaksi bisa berjalan dengan lancar.

Cara Menerjemahkan Situs 1688.com

produk di 1688.com
produk di 1688.com

Situs e-commerce besar 1688.com sangat digandrungi oleh penduduk dari daratan Tiongkok sendiri maupun mancanegara. Barang yang dijual di sini umumnya memiliki harga yang terjangkau dan berasal dari supplier atau tangan pertama.

Jika Anda hendak membuka usaha dan menjual produk dari Tiongkok, marketplace ini adalah pilihan yang tepat. Ada banyak barang yang dijual dengan harga terjangkau. Bahkan, meski terkena pajak dan biaya kirim, harga jual masih menarik.

Sayangnya, situs ini menggunakan bahasa Mandarin. Karena difokuskan pada konsumen lokal. Anda akan kesulitan untuk memahaminya. Untuk itu, gunakan layanan penerjemahan website dari Google Translate.

Gunakan tautan ini: https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=zh-CN&u=http://www.1688.com/

Setelah website berhasil diterjemahkan, Anda bisa langsung membuat akun. Kalau mau melihat dahulu juga bisa dilakukan. Selanjutnya, bisa langsung menggunakan layanan dari forwarder untuk melakukan pembelian.

Mencari Supplier yang Terpercaya

Setelah berhasil membuat akun 1688.com, Anda bisa langsung melakukan pembelian. Namun, disarankan untuk memilih supplier yang tepat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari salah beli dari pihak yang sering menipu.

Untuk mendapatkan supplier yang tepat, lakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Perhatikan Rating

Sebelum memutuskan untuk memilih supplier yang tepat, cek barang yang dijual dan rating yang diterima. Semakin tinggi rating yang dimiliki, semakin baik pula layanan, kualitas produk, dan juga peminatnya.

Rating memang bukan satu-satunya yang bisa diandalkan, tapi bisa jadi indikator kalau produk dan penyedia tidak pernah menyebabkan masalah. Namun, pertimbangkan juga hal lain yang mungkin bisa mempengaruhi penilaian.

2. Komentar dari Pembeli

Komentar dari orang yang pernah beli juga bisa jadi acuan saat akan membeli produk apa pun di 1688.com. Karena pembeli lebih banyak dari Tiongkok, bahasa yang digunakan tentu bahasa Mandarin.

Lakukan translate dengan Google Chrome untuk mendapatkan apa yang mereka katakan. Kalau lebih banyak positif, berarti supplier memang bisa dipercaya.

3. Bertanya ke Jasa Forwarder

Jika Anda memiliki kenalan atau sudah terbiasa menggunakan jasa forwarder, coba tanyakan langsung. Biasanya mereka memiliki daftar supplier yang masuk daftar hijau dan daftar hitam, sehingga Anda mudah untuk meneruskan atau membatalkan pembelian.

Cara Memilih Produk dengan Tepat

Jika Anda memiliki tujuan untuk menjual lagi produk yang akan dibeli, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa cara di bawah ini:

1. Cek Peminat dari Produk

Cek peminat dari produk itu di Indonesia atau di Tiongkok sendiri. Produk yang diminati umumnya memiliki jumlah penjualan yang banyak. Produk ini akan mudah dijual kembali karena sesuai dengan kebutuhan banyak orang.

2. Ada Tidaknya di Indonesia

Cek juga di marketplace Indonesia apakah barang tersebut sudah ada atau belum. Jika belum ada, kesempatan untuk laku keras akan besar. Namun, kalau sudah banyak yang mengimpornya, lebih baik diabaikan dan pilih lain.

Kecuali Anda yakin kalau bisa berbagi market share di Indonesia. Produk itu bisa dibeli dan dikirim ke Indonesia.

3. Peluang Mendapatkan Untung

Cek kira-kira berapa untung yang didapatkan. Jika besar dan bisa menutup semua biaya impor dan jasa lainnya, ambil produk itu. Namun, jika masih ragu untuk mendapatkan untung, lebih baik dibatalkan.

Secara umum, membeli barang dari 1688.com bisa dilakukan sendiri atau menggunakan bantuan jasa layanan impor atau forwarder. Agar tidak berat diongkos, ada baiknya beli dalam jumlah banyak dan dijual lagi di Indonesia.

Apa pun jenis layanan forwarder atau jasa pembayaran, pilih barang dengan kualitas baik dan memiliki harga miring. Jangan asal pilih pembeli atau supplier agar barang yang diterima tidak mengecewakan dan Anda jadi rugi besar.