Teknologi

Voice Dream Reader, Suara Google Untuk Penyandang Difabel

Image 7

Kabar baik untuk para teman – teman difabel, karena kini hadir Voice Dream Reader yang merupakan solusi untuk permasalahan penglihatan. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat iOS.

Voice Dream Reader merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan untuk teman-teman tuna netra. Dengan adanya aplikasi ini, maka orang dengan keterbatasan penglihatan akan lebih mudah untuk membaca buku. Voice Dream Reader akan membantunya untuk membacakan buku dengan suara Google.

Untuk menggunakan aplikasi ini kamu harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu bisa menggunakan semua fitur yang terdapat di dalam aplikasi. Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Mengenal Aplikasi Voice Dream Reader dan Cara Menggunakannya 

Voice Dream Reader dibuat untuk membantu orang-orang yang tidak bisa melihat atau tuna netra. Selain bisa digunakan oleh tuna netra di seluruh dunia, Voice Dream Reader juga menyatukan konektivitas antar manusia dengan teknologi, terutama yang memakai perangkat iOS.

Bahkan aplikasi ini bisa digunakan untuk memudahkan tunanetra menemukan barang-barang yang hilang atau terjatuh. Fitur lainnya dapat memperjelas gambar seni, lukisan atau gambar lainnya dengan menjelaskan warna dari objek tersebut dan terakhir memudahkan untuk membaca sebuah label. Voice Dream Reader juga sudah support file dokumen dengan format TXT dan PDF. Ini dia cara penggunaannya:

  • Instal aplikasinya 
  • Buka aplikasi tersebut dan atur agar berbahasa Indonesia 
  • Buka pengaturan, atur agar aplikasi mendapatkan akses atau izin 
  • Buka file lalu pilih bacaan yang ingin kamu baca 
  • Nanti akan terbuka menu aplikasi Reader lalu pilih aplikasi tersebut 
  • Buka file lalu atur di pengaturan audio 
  • Langsung dengarkan teks dari bacaan tersebut 
Image 8

Fitur Voice Dream Reader dan Bisa Digunakan di Mana?

Sayangnya, Voice Dream Reader hanya bisa digunakan untuk perangkat iOS saja. Namun menariknya, aplikasi ini dilengkapi dengan beragam fitur lengkap yang akan memudahkan para penggunanya. Apa saja fiturnya dan bagaimana penjelasannya, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini!

1. Beranda 

Halaman depan Voice Dream Reader ini sangat mudah untuk digunakan, apalagi jika kamu telah menggunakan secara berulang – ulang.  Kamu bisa melihat bagian atas ada tulisan “all items” atau dapat diartikan sebagai history. Dimana kamu bisa melihat rekam jejak yang kamu lakukan di aplikasi.

2. Menambahkan Folder 

Ketika kamu membuka menu “all items” di aplikasi ini maka akan muncul beberapa folder seperti reading list, flagged, unread. Kamu juga bisa membuat folder baru dengan memilih tanda + lalu tulis nama folder tersebut. 

Apabila kamu ingin memasukkan file-file bacaan di beranda ke dalam folder caranya mudah. Kamu bisa menahan lama file bacaan yang dipilih sampai muncul beberapa menu folder lalu tambahkan. 

3. Fitur Membaca 

Fitur ketiga di dalam aplikasi ini adalah fitur untuk membaca PDF atau TXT. Ketika membuka file kamu akan melihat tiga ikon berbentuk rumah, kertas dan dua garis. Ketika memilih ikon rumah nantinya kamu akan kembali ke laman beranda. 

Sedangkan ikon kertas berfungsi untuk mengekspor atau mencetak file. Sedangkan untuk ikon dua garis fungsinya adalah untuk mengatur mode membaca dan pengaturan lainnya. 

Kemudian beralih ke sudut kanan ada ikon audio pemancar. Fungsinya adalah untuk mengatur audio menyesuaikan dengan kebutuhan seperti menambah atau mengurangi kecepatan. 

Ikon berikutnya adalah huruf “Aa” yang fungsinya digunakan sebagai pengatur visual di layar. Kamu juga bisa menggaris bawahi kalimat penting dengan menggunakan warna. Terakhir adalah ikon pembatas pembaca yang menunjukkan bagian mana yang sedang kamu baca. 

Menariknya, Voice Dream Reader dilengkapi dengan beberapa sumber daya yang membantu dalam kinerja nya. Ada buku panduan online, artikel tinjauan mengenai aplikasinya di iPhone ataupun perangkat berbasis iOS lainnya, video seri Ifocus Handley Institute yang membahas secara detail, kemudian demo video kemudian tutorial dari NNels  yang membantu cara penggunaannya secara rinci.

Gimana, menarik sekali kan aplikasi Voice Dream Reader ini. Untuk teman – teman berkebutuhan khusus (tuna netra) kini aktivitas harian anda akan semakin mudah dengan menggunakan Voice Dream Reader.

Sumber referensi: