Teknologi

Voice Maker untuk Buat Suara Natural Bahasa Indonesia

Untuk mengisi suara dalam pembuatan konten video TikTok atau YouTube, maka bisa menggunakan teknologi sound of text atau text to speech melalui situs Voicemaker.in, pengguna bisa membuat suara dari teks dengan mudah dan praktis.

Melalui situs Voicemaker memungkinkan pengguna membuat suara tanpa perlu merekam secara manual, yang diperlukan hanya menuliskan teks atau narasi saja untuk diubah menjadi suara dengan bantuan teknologi sound of text (https://www.autobild.co.id/2021/11/sound-of-text-wa-notifikasi-suara.html).

Teknologi sound of text memang kerap menjadi andalan kreator untuk membuat teks jadi suara, hal ini karena terbilang mudah tanpa perlu merekam suara sendiri, apalagi situs Voicemaker tersedia berbagai karakter suara unik dan keren.

Mengenal Situs Voicemaker

Voicemaker.in merupakan salah satu situs konversi teks jadi suara yang terkenal di kalangan kreator Indonesia, teknologi sound of text ini sangat modern dengan dukungan pemrosesan AI, maka suara yang dihasilkan jadi terdengar alami.

Pada situs Voicemaker tersedia berbagai karakter dan jenis suara, termasuk bahasa yang ingin digunakan pengguna. Contohnya seperti suara bayi, anak kecil, suara pria dan wanita yang bisa diatur volume dan kecepatan berbicaranya.

Selain itu, situs Voicemaker juga memiliki banyak fitur unggulan sehingga sangat direkomendasikan, terutama bagi yang sedang mencari cara membuat teks jadi suara untuk kebutuhan konten video. Lantas, apa saja fitur situs Voicemaker?

Fitur Unggulan Situs Voicemaker

Jika ingin menggunakan Voicemaker untuk membantu membuat suara dari teks, ketahui terlebih dahulu fitur-fiturnya. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat suara berkualitas. Berikut penjelasan selengkapnya.

fitur lengkap voice maker untuk bikin suara robot buatan
fitur lengkap voice maker untuk bikin suara robot buatan (sumber: stiead.ac.id)

1. Voice Effect dan Say As

Voice Effect berfungsi untuk memberikan sentuhan efek suara yang bisa disesuaikan, seperti breathing, soft, dan whispered. Sedangkan Say As untuk membuat suara terdengar lebih alami, pengguna bisa memilih cara pembacaan teks sesuai keinginan.

2. Speed dan Pitch

Speed merupakan fitur untuk mengatur cepat atau lambatnya pembacaan teks. Sementara Pitch berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya nada suara. Pengguna bisa mengatur fitur Speed maupun Pitch dengan mudah di Voicemaker.

3. Emphasis dan Volume

Untuk mengatur jenis suara yang dihasilkan, maka bisa gunakan fitur Volume. Sedangkan fitur Emphasis berguna untuk membuat suara lebih ekspresif, kamu bisa mengatur feel melalui tekanan suara di fitur tersebut. Menarik banget bukan?

Lihat juga: https://blogs.itb.ac.id/wikia/wideo-text-to-speech/

Kelebihan Situs Voicemaker

Jika ingin membuat sound of text untuk kebutuhan konten video, maka bisa menggunakan situs Voicemaker.in. Ada berbagai kelebihan yang bisa dirasakan ketika membuat teks jadi suara di situs ini, apa saja? Yuk, simak penjelasan dibawah ini!

1. Pilihan Jenis Suara Beragam

Ada banyak pilihan jenis suara sesuai dengan karakternya, mulai dari suara bayi, anak kecil, pria, wanita dan sebagainya. Dengan banyaknya pilihan suara ini sehingga bisa membuat sound of text berdasarkan jenis suara yang diinginkan.

pilihan suara bayi natural di voicemaker
pilihan suara bayi natural di voicemaker (sumber: stiead.ac.id)

2. Banyak Pilihan Bahasa

Ada berbagai bahasa yang bisa digunakan untuk menghasilkan suara yang keren, setiap bahasa pastinya memiliki keunikan suara tersendiri, maka kamu bisa memilih bahasa yang ingin digunakan untuk membuat sound of text.

3. Pengaturan Suara Lengkap

Pada situs Voicemaker tersedia pengaturan suara lengkap, seperti mengatur volume, pitch, speed dan sebagainya. Dengan begitu, suara yang dihasilkan jadi lebih berkarakter dan tentu saja suara akan jauh lebih terdengar alami.

Cara Menggunakan Situs Voicemaker

Bagaimana cara menggunakan voicemaker.in untuk membuat sound of text? Caranya sangat mudah tidak memerlukan trik khusus, cukup menyiapkan teks atau naskah yang akan diubah menjadi suara. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs voicemaker.in
  2. Pada kolom Text, silahkan masukan tulisan
  3. Atur suara sesuai keinginan, seperti voice effect atau speed
  4. Pada AI Engine, pilih Neural TTS atau Standard TTS
  5. Pada bagian Languages and Regions, pilih bahasa
  6. Kemudian pilih karakter suara pada bagian Voices
  7. Selanjutnya klik Convert to Speech
  8. Untuk mengunduh suara, klik Download MP3

Itulah beberapa langkah untuk membuat teks jadi suara, kamu bisa mengatur suara dengan mudah agar lebih menarik dan terdengar jelas, hal ini berka fitur-fitur di situs Voicemaker.

Demikian tutorial cara membuat teks jadi suara melalui situs Voicemaker, teknologi sound of text yang memudahkan pengguna membuat suara hanya dari tulisan sehingga tidak perlu merekam suara secara manual. Yuk, coba sekarang!