Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan ekspektasi? Secara umum, arti ekspektasi adalah suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan akan menjadi kenyataan di masa depan sesuai dengan keinginan dimana untuk mencapainya harus dengan tindakan nyata. Ada yang mengatakan bahwa pengertian ekspektasi adalah harapan besar yang dibebankan terhadap sesuatu yang dianggap akan memberikan dampak yang baik atau lebih baik.

Apa itu Ekspektasi

Kata “ekspektasi” diadaptasi dari bahasa Inggris, yaitu “expectation” dimana kata dasarnya adalah expect yang artinya mengharapkan/ menduga/ menyangka. Sehingga arti ekspektasi adalah keyakinan kuat bahwa sesuatu akan terjadi atau menjadi masalah di masa mendatang.

Pada dasarnya ekspektasi adalah harapan atau sesuatu yang diinginkan terjadi. Namun, tidak semua ekspektasi atau harapan dapat menjadi kenyataan meskipun sudah diupayakan semaksimal mungkin.

Dalam hubungan antar manusia, seringkali masing-masing individu memiliki ekspektasi terhadap individu lainnya. Seseorang dapat melakukan apapun untuk mewujudkan keinginannya, namun seringkali yang terjadi tidak sesuai ekspektasinya. Baca Juga : Arti Ekspketasi

Contoh:

Seorang pria berusaha mendekati gadis idamannya dengan berbagai cara. Menurut pria tersebut semua upaya yang dilakukannya pada akhirnya akan membuat gadis idamannya luluh.

Pada kenyataannya si gadis justru merasa terganggu dan berusaha menghindarinya. Pada contoh kasus ini menunjukkan bahwa ekspektasi tidak selalu sesuai dengan realita.