Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberi kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah.

Doa sebelum makan dan sesudah makan seringkali diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka pada usia dini.

Pentingnya mengajarkan bacaan doa kepada anak bertujuan untuk menanamkan kebiasaan berdoa disaat hendak melakukan segala aktivitas.

Doa Harian

Sudah tidak heran, banyak anak yang masih berusia dini mampu menghafal beberapa macam doa seperti doa sebelum makan maupun sesudah makan, walaupun dengan bahasa yang masih terbata-bata dikarenakan belum fasih untuk berbicara.

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah makan atau minum beserta latin dan terjemahannya.

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Artinya :

“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”.

Baca Juga : Doa Selamat

Sebagai manusia, tentunya kita tidak luput dari yang namanya salah dan lupa. Jika kita lupa akan membaca doa sebelum makan maupun minum hendaklah kita juga berdoa. Berikut bacaan doa ketika kita makan tetapi lupa untuk membaca doa.

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Bacaan doa diatas dibaca ketika kita hendak makan, ditujukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan rezeki sehingga kita masih dapat makan, dan juga mencegah setan yang hendak mengganggu saat kita sedang makan.