Jurusan paling diminati. Memilih jurusan diibaratkan seperti memilih masa depan. Ada banyak pertimbangan yang dapat mempengaruhi pilihan yang akan diputuskan.  Meskipun harus diketahui, memilih jurusan yang sesuai dan menjanjikan  menjadi faktor pendukung yang penting. Namun, hal itu tidak serta merta menjamin 100 persen kesuksesan karir seseorang ditentukan oleh jurusan kuliah. Baca Juga: Kode WebToon Update

Banyak diantaranya yang sukses diluar jalur pendidikannya, namun ada juga yang mencapai sukses dengan mengasah softskill diluar jalur pendidikannya  dan mampu bersing mendapatkan pekerjaan dengan ratusan bahkan ribuan sarjana yang juga memilki jurusan yang sama.

Meski demikian, pilihan tetaplah menjadi pilihan untuk mentukan pilihan hidup kedepan untuk mencapai kesuksesan sebagai bagian dari target pencapaian yang harus ditempuh. Sebagai bahan rekomendasi, berikut adalah 7 jurusan yang paling diminati di tahun 2021 sebagaimana dilansir dari situs mydegreeguide.com yang merupakan situs asal Amerika Serikat.

Situs ini setidaknya telah melakukan penelitian atas 30 jurusan yang paling dicari dunia. Apa saja itu? Berikut adalah rangkuman lengkapnya:

  1. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah jurusan yang pertama dalam daftar peringkat  jurusan perguruan tinggi paling diminati di dunia tahun 2021 ini. Tumbuhnya industry perminyakan dunia menyebabkan banyak perusahaan energi dan perminyakan  membutuhkan sumberdaya manusia ahli yang cukup banyak.

Terlebih selain memiliki pasar sangat kompetitif, imbalan finansial untuk jurusan di bidang ini bisa sangat tinggi dengan  rate gaji mulai dari US$84.000 hingga US$126.000 per tahun dengan pertumbuhan mencapai 3 persen.

Umumnya, para pelajar yang mengambil jurusanini adalah mereka yang memiliki latar belakang sekolah di jurusan matematika dan sains. Namun harus diingat, tingginya tingkat persaingan harus membuat kalian mempertimbangkan untuk mengambil gelar master atau bahkanPhD di bidang ini untuk meningkatkan peluang kesuksesan dimasa depan.

  1. Teknologi Informasi (Teknik Informatika)

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi dan perubahan digitalisasi dunia, ahli teknologi informasi sangat dibutuhkan berbagai perusahaan nasional dan multinasional. Jurusan perguruan tinggi paling diminati di seluruh dunia ini dalam kurikulumnya menggabungkan bisnis dan teknologi. Ketika dunia menjadi lebih bergantung pada teknologi, memilih jurusan Teknologi Informasi dapat terbukti sangat menguntungkan.

Jurusan Teknologi Informasi dapat membuka pintu untuk banyak pekerjaan potensial mulai dari mempelajari teknologi informasi dalam bahasa pemrograman, keamanan dunia maya, pengembangan perangkat lunak, pengembangan aplikasi, dan banyak bidang komputer atau teknologi lainnya. Umumnya, mata pelajaran dengan gelar sarjana IT ini meliputi operasi komputer dasar, analisis dan desain sistem, jaringan, dan administrasi database.

Lulusan dengan jurusan IT memilki peluang pekerjaan sebagai Developer, Administrator Basis Data, Arsitek Jaringan, atau Ilmuwan Riset Komputer dan Informasi. Maka tak salah bila bkerja di Industri IT berbagai perusahaan mampu membayar gaji US$60.000 hinggaUS$93.000 per tahun dengan pertumbuhan mencapai 5 persen

Baca Juga: Kode Webtoon Terbaru

  1. Ekonomi

Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan pavorit dan tidak pernah sepi peminat. Studi di jurusan ini tidak hanya akan memberi kalian lebih banyak pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan secara umum, tetapi juga akan mempertajam keterampilan analisis data. Banyak pekerjaan ekonom berbasis pemerintah dan swasta yang menawarkan gaji yang sangat kompetitif mulai dari US$58.000 hingga US$98.000 per tahun dengan pertumbuhan mencapai 8 persen per tahun.

  1. Perawat

Pada industry kesehatansepertisaat pandemi saat ini salah satu jurusan yang paling dicari adalah perawat. Terlebih pertumbuhan rumah sakit dan dunia kesehatan lainnya menjadi sebuat kebutuhan maka jurusan perawat merupakan salah satu jurusan paling diminati saat ini.  Bahkan, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, permintaan untuk jurusan perawat ini akan meningkat 12 persen dalam 10 tahun mendatang, jauh lebih cepat daripada rata-rata untuk semua pekerjaan. Maka tidak salah bila lulusan perawat banyak yang mendapat kesempatan untuk memperolehgaji di kisaran US$54.000 hingga US$69.000 per tahun.

  1. Ilmu Komputer

Seperti halnya jurusan teknologi informasi, Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu bidan keahlian yang terus berkembang, dan ada peluang kerja di masa depan yang terus terbuka dari perusahaan hingga nirlaba. Jurusan ilmu komputer dengan cepat menjadi bagian penting dari perusahaan mana pun, dengan proyek mulai dari industry otomotif, penambangan data, keamanan siber, dan kecerdasan buatan.

Siswa di jurusan perguruan tinggi terbaik ini kemungkinan akan mempelajari berbagai modul yang berbeda, termasuk teknologi cloud, desain program, dan pengembangan perangkat lunak. Soal gaji memang tidak diragukan lagi seiring dengan kebutuhan yang mendesak dengan kisaran mencapai US$62.000 hingga US$102.000 per tahun

  1. Adminstrasi Publik

Administrasi Publik adalah salah satu yang paling cepat berkembang, karena semakin banyak orang yang berkecimpung dalam bisnis, kebutuhan akan peran administrasi publik terus tumbuh. Sarjana Administrasi Publik biasanya mengatur Anda untuk berkarir dalam perencanaan pemerintah atau bekerja untuk organisasi nirlaba.

Banyak lulusan menemukan peluang kerja yang bekerja yang berhubungan dengan kepedulian sosial atau di pemerintah daerah dengan gaji mulai US$54.000 hingga US$87.000 per tahun dengan pertumbuhanmencapai 17 persen.

  1. Marketing

Jurusan marketing juga memiliki potensi pekerjaan yang menjanjikan. Lulusan jurusan ini diarahkan menjadi seorang marketer yang handal. Tugas dari marketer adalah membuat strategi pemasaran sebuah produk. Marketer juga bertugas untuk memaksimalkan pendapatan dengan berbagai strategi marketing. Seorang marketer harus jeli melihat pasar. Meskipun penjualan produk sekarang bergeser ke ranah online.

Para staf marketing dituntut untuk menguasai pasar daring ini. Maka dari itu muncul profesi baru yaitu digital marketing. Profesi digital marketer sekarang banyak dicari oleh perusahaan. Profesi ini memanfaatkan banyak platform online dalam pemasaran produk perusahaan dengan menawarkan gaji mulai US$47.000 hingga US$75.000 per tahun dengan pertumbuhan 1 persen per tahun.