Dalam tubuh manusia, sekitar 70 persen diantaranya adalah cairan. Maka dari itu, asupan air putih untuk mencukupi kebutuhan akan cairan tersebut, kalangan kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak 2-3 liter per hari agar organ tubuh dapat bekerja secara maksimal. Itu artinya, kurangnya asupan air putih bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan akibat terhambatnya fungsi organ tubuh manusia. Itu alasannya, kenapa minum air iru penting.

Faktanya, diantara kita semua sering melupakan nutrisi yang sangat esensial bagi tubuh, dan air merupakan nutrisi yang paling banyak terlibat langsung dalam setiap fungsi tubuh. Mulai dari membantu menjaga suhu tubuh, pembakaran lemak, membantu proses pencernaan, melumasi organ tubuh, mengangkut nutrisi sampai membuang racun dari tubuh. Itulah mengapa Anda disarankan untuk minum setidaknya 2-3 liter air per hari. Baca Juga: Tari Berpasangan

Pada tingkat yang parah, tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa menimbulkan gejala berupa tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan kesadaran. Maka dari itu, penting untuk selalu minum air putih. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca. Namun umumnya, orang dewasa membutuhkan 2 – 3 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari.

Selain bisa membantu memaksimalkan kinerja organ tubuh serta menghindari dehidrasi, Air putih ternyata memiliki manfaat lainnya bagi tubuh dan organ tubuh lainnya. Untuk menjawab manfaat air putih bagi tubuh dan menjawab kenapa kita minum air? Berikut adalah daftar manfaatnya: