Menggunakan Situs Perbandingan Harga Untuk Meningkatkan Penjualan

Menggunakan Situs Perbandingan Harga Untuk Meningkatkan Penjualan – Gunakan Strategi Kategorisasi Produk saat Mengumpankan Produk ke Search Comparison Engine.

Internet telah membuka jalan bagi jutaan situs perbandingan belanja seperti Yahoo! Belanja, Shopzilla, Digxa.com, NexTag, Pencarian Produk Google (sebelumnya dikenal sebagai Froogle), Microsoft Jellyfish, antara lain. Situs-situs tersebut diketahui sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Maka tidak mengherankan, para ahli menyarankan pengecer untuk berinvestasi dalam saluran penjualan terbaru di web ini.

Situs perbandingan belanja berfungsi sebagai alat yang ampuh untuk menghubungkan pembeli dengan produk. Selain itu, situs ini memungkinkan pedagang untuk memasukkan daftar produk dan harga mereka, yang ditampilkan bersama produk serupa dari pedagang lain saat pembeli mencari item secara online. Misalnya, jika pembeli mengunjungi Digxa.com dan mengetik “Ponsel”, dia akan melihat berbagai gaya Ponsel dari berbagai vendor—dari toko ritel besar hingga pemain kecil. Pembeli dapat dengan mudah membandingkan produk, harga, peringkat, dan biaya pengiriman sebelum menetapkan kesepakatan terbaik.

Setelah pilihan dibuat, situs ini mengarahkan pembeli ke situs web pedagang atau pengecer, yang ditautkan kembali untuk menyelesaikan transaksi.

Michael Lambert, CEO MerchantAdvantage, menyatakan, “Pengecer online harus berada di pasar ini karena sebagian besar penjualan di Internet berasal dari situs perbandingan belanja dan pasar.”

MerchantAdvantage membantu pedagang dengan memberikan umpan ke mesin pencari perbandingan dan pasar publik.

“Konsumen yang datang dari situs ini membeli sekitar 25 persen lebih banyak per duduk. Jadi, ketika mereka datang ke keranjang belanja dari situs perbandingan belanja, mereka biasanya menghabiskan 25 persen lebih banyak uang daripada jika mereka datang langsung ke situs,” tambah Lambert.

Lambert juga menunjukkan perubahan signifikan dalam pasar mesin perbandingan, dengan semakin banyak perusahaan memasuki arena. Banyak situs baru menggunakan model iklan bayar per klik (PPC) atau struktur biaya. Situs-situs ini menagih pedagang setiap kali pelanggan mengklik produk mereka di mesin perbandingan. Situs lain seperti Jellyfish.com menggunakan model komisi biaya per penjualan, yang menyiratkan bahwa situs menghasilkan uang jika konsumen membeli produk dari situs pedagang.

Lambert meminta pedagang untuk hati-hati memeriksa struktur biaya untuk situs belanja. Untuk situs belanja yang menerapkan model iklan PPC, tawaran klik minimum dapat berkisar dari 5 sen hingga $1 per klik di situs perbandingan belanja utama. Situs tersebut umumnya mendorong pedagang untuk menawar kata kunci melebihi persyaratan minimum yang ditentukan.

Dalam edisi terbaru Panduan E-niaga, Mark Bradley, wakil presiden NexTag, mengutip,

“Ada kesalahpahaman bahwa pedagang di mesin belanja hanya bersaing pada harga, dan bahwa lingkungan pencarian ini hanya menurunkan margin.”

Bradley percaya ada dua jenis pembeli yang menggunakan mesin belanja—mereka yang menargetkan pedagang terkenal dan mereka yang mencari harga terendah.

Pedagang kecil, khususnya, harus mengetahui produk yang mereka tawarkan, harga produk tersebut, dan kategori di mana produk akan ditampilkan, karena produk mereka dapat ditempatkan di samping produk pengecer besar.

Terakhir, Lambert menawarkan dua strategi kategorisasi produk saat memasukkan produk ke mesin perbandingan pencarian. Strategi ini ditujukan untuk pedagang, yang mempertimbangkan untuk menggunakan situs perbandingan belanja sebagai saluran penjualan baru.

Cari semuanya dan targetkan kategori yang paling tidak jenuh: Lambert mendesak pedagang untuk mencari setiap mesin perbandingan. Dengan menentukan kategori mana yang mengandung sedikit kejenuhan produk dalam kategori target mereka, pedagang dapat menemukan cara untuk mengakomodasi produk mereka ke dalam kategori tersebut. Namun, kategori yang kurang jenuh mungkin menghasilkan lebih sedikit lalu lintas. Metode ini memungkinkan pedagang untuk mengambil bagian yang lebih besar dari kue yang lebih kecil.

Menampilkan produk yang sudah dikunjungi pembeli: Lambert menyarankan pedagang untuk memajang produk mereka di tempat yang sudah dikunjungi pembeli. Jika produk mereka

Kompetitif dari segi harga, pedagang harus mencantumkannya dalam kategori yang jenuh. Menggunakan kata kunci dan informasi yang relevan dapat membantu produk mereka menonjol. Metode ini memungkinkan pedagang untuk mengambil sepotong kue yang lebih besar.