Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

By | December 16, 2020

Saat ini model atap rumah minimalis memang lebih bervariasi. Kalau dulu ketika melihat atap, pasti bentuknya segitiga. Hampir semua bentuk atap hampir sama di setiap rumah. Tetapi sekarang desain atap lebih bervariasi. Ada atap pelana, atap persegi, atap datar dan masih banyak lainnya. Atap merupakan bagian rumah yang sangat penting. Atap berfungsi untuk melindungi rumah dari panas, hujan dan badai. Jadi sangat penting memilih bentuk dan bahan atap yang tepat. Ketika memilih bahan dan bentuk atap, anda bisa memperhatikan cuaca di tempat tinggal anda sendiri.

Desain Atap Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis saat ini memang menjadi desain rumah yang banyak diminati. Rumah minimalis memberikan rumah yang modern tetapi dengan biaya yang lebih terjangkau. Pada rumah minimalis, anda bisa membuat model atap rumah minimalis modern. Ada banyak model atap untuk rumah minimalis. Dari tahun ke tahun juga semakin berkembang desainnya. Ada model pelana, model perisai. Model sandar dan model atap datar. Untuk model atap pelana memang yang paling banyak digunakan. Ini merupakan model atap yang banyak digunakan oleh semua orang. Model ini pada bagian tengah datar lalu bagian kanan dan kirinya miring.
Tetapi untuk memberikan desain model atap rumah minimalis yang lebih modern, anda bisa memadukan berbagai type atap rumah minimalis tersebut. Model atap campuran ini sudah banyak digunakan. Ada bisa menggabungkan antara type atap perisai dengan atap penala. Bisa juga menggabungkan antara atap datar dengan sandar. Untuk memilih model atap sesuaikan juga keadaan lingkungan rumah anda. Ketika membuat atap rumah, perhatikan juga jalannya jalur air. Jalur air sangat penting, untuk membuang air hujan yang turun ke atap.

Bahan Dan Bentuk Atap Rumah Minimalis

Ketika anda membuat model atap rumah minimalis, anda harus memperhatikan bahan yang akan anda pilih. Apakah terbuat dari genteng, bahan asbes, seng, atau cor semen. Setiap bahan mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika rumah anda terletak di daerah banyak matahari seperti Indonesia. Jangan menggunakan bahan seng. Bahan seng dapat menyerap panas, sehingga akan membuat rumah anda terasa semakin panas pada siang hari. Tetapi jika rumah anda terletak di daerah pegunungan yang dingin. Lebih bagus jika atap rumah anda terbuat dari seng. Ini akan membuat rumah anda lebih hangat pada siang maupun malam hari.
Sekarang model atap rumah minimalis dengan bahan genteng juga sudah sangat banyak variannya. Pada bagian bangunan utama, anda bisa menggunakan bahan genteng. Sedangkan pada bagian teras atau garansi anda bisa menggunakan bahan asbes. Bahan asbes sangat banyak macamnya. Ada yang dapat menyerap matahari, tahan terhadap hujan dan masih banyak lainnya. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Bahan asbes juga bisa menerima sinar. Ini cocok diletakkan di bagian teras, belakang rumah atau taman samping rumah. Dengan begitu akan tetap ada cahaya yang masuk ke rumah anda.

Jika anda membuat rumah minimalis dua lantai, anda bisa membuat atap datar dari bahan semen cor. Model atap rumah minimalis datar memang lebih awet dan tahan bocor. Pada bagian atas, anda bisa memanfaatkannya menjadi tempat menjemur pakaian atau tempat bersantai bersama keluarga. Pada bagian ini anda bisa membuat taman buatan. Desain atap datar seperti ini sudah banyak digunakan di kota-kota besar. Di daerah eropa, amerika, korea, jepang dan kota di luar negeri lainnya. Sudah banyak yang menggunakan model atap seperti ini. Jika mempunyai dana yang berlebih anda perlu mempertimbangkan juga desain atap carport untuk lebih mempercantik

Atap sebenarnya merupakan bagian eksterior rumah yang harus diperhatikan dengan seksama. Banyak orang yang mengabaikan ketika memilih model atap rumah minimalis. Padahal dengan membuat atap yang tepat, akan mempercantik rumah minimalis anda. Jadi sekarang anda sudah tahu, bagaimana memilih atap rumah minimalis yang tepat, bagian memilih bahan, dan lain sebagainya. Kontruksi atap jangan sampai diabaikan, ini berhubungan dengan keselamatan penghuni rumah didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *