Inilah 5 Penyebab Anak “Kecanduan” Gadget! no.3 Tanpa Sadari Sering Kita Lakukan

By | December 17, 2020

Di era global dan emansipasi sekarang ini, sering kadang peran orang tua didalam edukatif anak jadi terbengkalai. Ditambah ulang jika sang Ibu termasuk turut bekerja demi memenuhi keperluan ekonomi keluarga. Sang Ibu yang pilih jadi wanita karir pun tak jarang pulang sore atau bahkan larut malam. Sesampai nya di rumah pasti Ibu benar-benar lelah, agar waktu untuk sang anak banyak berkurang. Demikian pula dengan sang Ayah.

Pada waktu di rumah pun tanpa paham para orang tua termasuk senantiasa repot dengan dunia nya, seperti seharian memegang smartphone, atau berkutat terhadap gadget canggih nya. Tanpa disadari anak yang sering menyaksikan ke dua orang tuanya bermain smartphone atau gadget pasti termasuk jadi penasaran dan mendambakan paham apa yang menyebabkan orang tuanya menghabiskan banyak waktu nya untuk menyaksikan layar gadget nya daripada bersamanya.

Seperti anak-anak terhadap umumnya, dengan rasa keingin tahuan yang tinggi dan karakter “copycat” nya lah yang jadi awal mula si anak tertatik untuk mengeksplorasi gadget milik ke dua orang tua nya.

Ketika si anak udah paham bermain gadget dan mendapatkan kesenangan waktu bermain gadget, di sini lah si kecil berangsur angsur terasa “kecanduan” mainan baru nya.

Secara garis besar menurut penelitan dari psikologi anak, penyebab anak kecanduan gadget adalah sebagai selanjutnya :

  1. Kurang nya Perhatian dari Orang Tua
    Seperti yang udah dikemukakan di atas, suasana era global sekarang ini banyak menyebabkan para orang tua tidak cukup perhatikan anak-anak nya dikarenakan kesibukannya didalam dunia kerja. Kondisi yang seperti ini paham tidak baik untuk pertumbuhan anak. Sehingga si anak cenderung melacak perhatian tidak cuman dari orang tuanya.
  2. Kurang nya Quality Time Bersama si Anak
    Pada fase toddler dan balita adalah era yang paling sering perlu waktu bersama ke dua orang tuanya. Luangkan waktu ekstra untuk si kecil agar interaksi dengan sang anak jadi akrab. Bisa dengan langkah sederhana seperti makan bersama, bepergian dengan atau bermain bersama.
  3. Terlalu Sering Memegang Gadget
    Orang tua yang benar-benar sering memegang gadget di depan anak nya pasti dapat memuncul kan rasa cemburu atau iri terhadap sang anak terhadap gadget atau smartphone yang tetap dipegang bapak atau ibunya. Coba lah untuk kurangi memegang gadget di depan anak anda.

Begitu pula si kecil, anak yang benar-benar sering untuk diijinkan memegang gadget pasti dapat berpotensi “kecanduan”. Mulai lah untuk menghambat nya. Bisa termasuk disiasati dengan menyesuaikan auto turn off terhadap gadget anda.

  1. Jarang Bermain di Luar Rumah
    Anak yang jarang bermain di luar rumah pasti termasuk dapat tidak cukup bergaul atau bersosialisasi. Hal ini menyebabkan anak lebih sering berada di didalam rumah dan benar-benar asyik dengan gadget atau smartphone nya. Sesekali biarkanlah si kecil untuk bermain di luar rumah dengan teman-temannya. Agar dia mendapatkan keasyikan dan kesenangan tidak cuman dari gadget nya.
  2. Kurang nya Komunikasi
    Kurang nya komunikasi antara si kecil dan orang tua bisa menyebabkan berkurang nya intimasi atau keakraban. Dengan berkurang nya intimasi dengan orang tua, pasti si kecil lebih puas berhadapan dengan gadget nya.

Inilah 5 Penyebab Anak “Kecanduan” Gadget! no.3 Tanpa Sadari Sering Kita LakukanItulah beberapa segi yang bisa menyebabkan anak jadi “kecanduan” gadget. Anak adalah amanah dan harta yang paling bernilai yang wajib kita jaga dan kita perhatikan, jangan hingga peran kita digantikan oleh sebuah mesin. Ingatlah, anak termasuk berhak atas waktu dan kehadiran kita.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *