Tips Mengatasi Berbagai Error Yang Sering Terjadi di Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi yang saat ini paling banyak penggunanya. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan kantor, hingga para pengusaha rata-rata menggunakan Windows 10 di laptop mereka.

Microsoft sendiri sudah mengumumkan bahwa Windows 10 adalah seri terakhir dari sistem operasi Windows. Meskipun saat ini Windows 8 masih mendapat support, tapi dalam beberapa tahun ke depan akan segera dihentikan, sama seperti Windows 7.

Untuk Anda yang sudah memutuskan melakukan migrasi dan install Windows 10 maka mau tidak mau harus mulai membiasakan diri dengan sistem operasi ini. Windows 10 sebenarnya cukup bagus dan punya banyak kelebihan dibandingkan pendahulunya, terutama dari segi fitur yang lebih lengkap dan tampilan yang lebih modern.

Akan tetapi tetap saja, pada saat Anda menggunakannya pasti akan menemuan masalah-masalah dan error yang kadang-kadang sulit diatasi sendiri. Pada kesempatan ini kami akan coba bagikan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi berbagai error di Windows 10.

1. Hardisk yang penuh dengan indikator berwarna merah

Masalah pertama adalah hardisk yang penuh terutama pada penyimpanan sistem (drive C). Biasanya hal ini disebabkan karena pembagian partisi hardisk yang tidak seimbang antara penyimpanan untuk sistem dan data.

Saat Anda membeli laptop baru biasanya partisi hardisk sudah terbagi menjadi dua yaitu drive C dan drive D. Kadang-kadang pembagiannya tidak seimbang, biasanya drive C akan memiliki kapasitas yang terlau kecil. Akibatnya penyimpanan di C sebentar saja jadi penuh.

Apalagi Windows 10 selalu melakukan update secara rutin dan file sisa dari update Windows 10 ini tidak akan bisa terhapus sendiri. Ditambah lagi dengan jumlah aplikasi yang semakin hari semakin bertambah, tentu saja hal ini akan membuat penyimpanan utama di Windows 10 menjadi cepat merah.

Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Tambah kapasitas partisi drive C. Caranya bisa dengan menggunakan program bawaan bernama Disk Management atau Anda bisa download aplikasi partition manager di internet
  2. Bersihkan file sisa update Windows 10. Untuk membersihkan file sisa update Anda bisa menggunakan fitur bawaan Windows 10 yaitu Storage Sense yang berfungsi untuk membersihkan file sampah di hardisk.
  3. Aktifkan antivirus Windows 10. Untuk memastikan laptop Anda bersih dari virus maka Anda harus mengaktifkan Windows Security. Virus juga bisa menjadi penyebab hardsik cepat penuh karena membuat replikasi file dalam ukuran besar.

2. Perangkat yang tidak terdeteksi

Apabila ada perangkat seperti speaker, keyboard, maupun perangkat internnal seperti WiFi dan LAN yang tidak terdeteksi di Windows 10 biasanya disebabkan karena driver belum terinstall atau perangkat tersebut rusak. Untuk mengatasinya maka Anda harus mencari driver yang tepat, bisa dengan langsung mengunjungi situs resmi mereknya.

Setelah Anda menemukan driver, install ke komputer Anda dengan menggunakan program device manager. Jika file dalam bentuk exe maka bisa langsung diinstall dengan cara klik dua kali. Tapi jika file dalam bentuk zip maka harus diekstrak dulu kemudian install melalui device manager.

Cara install driver lewat device manager:

  1. Pertama Anda tekan tombol Windows+R pada kebyboard
  2. Ketik perintah devmgmt.msc
  3. Klik tombol OK
  4. Temukan perangkat yang ingin install driver
  5. Klik kanan
  6. Pilih Update driver
  7. Pilih browse file
  8. Pilih folder driver yang sudah diekstrak
  9. Klik Next
  10. Ikuti prosesnya hingga selesai

Setelah menginstall driver langkah terakhir adalah restart komputer Anda kemudian coba jalankan lagi perangkat, sekarang seharusnya sudah bisa digunakan.

3. Windows 10 berat dan lambat

Windows 10 adalah sistem operasi yang bisa dimaksimalkan performanya agar menjadi lebih cepat. Namun kadang-kadang Windows 10 di laptop kita menjadi lemot. Penyebabnya bisa karena beberapa faktor, seperti:

  • Spepsifikasi komputer yang kurang memadai
  • Laptop Anda terkena virus
  • Drive C sudah penuh karena program terlalu banyak
  • Hardisk bermasalah
  • Menggunakan tema yang berat

Untuk mengatasi masalah Windows 10 yang lambat ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, menurut Winpreso berikut ini adalah tips yang cukup ampuh:

  1. Kurangi durasi Boot Menu Timeout
  2. Matikan efek transparan
  3. Matikan efek animasi
  4. Bersihkan PC dengan aplikasi cleaner
  5. Matikan startup program yang tidak diperlukan
  6. Matikan tips tricks suggestion
  7. Ganti settingan power plan
  8. Matikan program tidak diperlukan yang berjalan di background
  9. Bersihkan PC dari bloatware, adware, dan spyware
  10. Jalankan Disk Cleanup
  11. Upgrade RAM
  12. Tambah kapasitas Virtual Memory
  13. Update Windows
  14. Upgrade Hard Disk ke SSD
  15. Monitoring suhu laptop

4. Tampilan yang buram dan melar

Layar Anda, terlepas dari PC Anda prosesor, adalah penting komponen komputer Anda. Setelah semua, ini adalah di mana Anda memvisualisasikan segala sesuatu yang Anda buat di komputer Anda.

Namun, tidak dapat dihindari untuk memiliki masalah dengan tampilan. Kadang-kadang, Anda akan menemukan sebuah layar yang terlihat aneh membentang di mana Anda tidak dapat membaca teks atau melihat ikon di monitor dengan benar.

Anda juga dapat menemukan bahwa beberapa piksel terlihat mati, dan gambar di layar tidak terlihat benar. Dalam hal ini, Anda mungkin berurusan dengan masalah resolusi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda dengan tiga solusi yang pasti dan mudah untuk memperbaiki masalah ini.

Banyak yang tidak menyadari bahwa banyak masalah dalam PC yang diselesaikan dengan hanya keyboard pada komputer mereka. Keyboard-mu dirancang untuk cukup kuat untuk membuat perubahan dalam komputer tanpa benar-benar pergi ke Pengaturan atau memanipulasi konfigurasi atau pemecahan atau masalah.

Windows Buat perintah pada keyboard yang memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan hanya dengan sedikit menekan dengan mudah. Hal ini sehingga perubahan pengaturan lebih nyaman dan cepat bagi pengguna. Seringkali alasan mengapa sebagian besar pengaturan dibuat ketika pengguna secara tidak sengaja menekan tombol acak.

5. Sambungan internet di Windows 10 yang tidak bisa konek

Kadang-kadang masalah dengan jaringan nirkabel disebabkan oleh driver usang, dan untuk memperbaiki kesalahan sambungan, Anda harus mengunduh driver terbaru untuk adaptor jaringan Anda.

Untuk melakukan ini Anda akan membutuhkan komputer atau perangkat lain dengan koneksi Internet bekerja.

Kunjungi situs web produsen adaptor jaringan Anda dan unduh driver terbaru untuk adaptor jaringan Anda pada USB atau sumber eksternal lainnya.

Setelah memasang driver terbaru, masalah ini harus diselesaikan.

Pengguna tentu dapat memperbarui driver perangkat pada PC mereka secara manual dengan pergi ke setiap produsen situs dan mencari di sana atau di web untuk driver yang tepat untuk mencocokkan tipe dan model perangkat mereka.

Namun, selain memakan waktu, proses ini membawa resiko memasang driver yang salah, yang mungkin menyebabkan kerusakan serius.

6. Mengatasi error Windows 10 tanpa harus install ulang

Dalam kebanyakan kasus, setelah Anda mulai untuk menyegarkan atau me-reset komputer Anda, itu akan selesai sendiri. Namun, jika Windows membutuhkan berkas yang hilang, Anda akan diminta untuk menyisipkan media pemulihan, yang biasanya pada diska DVD atau kandar thumb. Jika itu terjadi, apa yang kau butuhkan tergantung pada PC-mu.

Jika PC Anda datang dengan Windows 8.1 atau Windows 10, anda akan membutuhkan cakram atau drive thumb yang datang dengan PC Anda. Periksa info yang datang dengan PC Anda untuk melihat apakah produsen PC Anda memberikan cakram atau media ini. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin telah menciptakan mereka ketika Anda pertama kali mengatur PC Anda.

Jika Anda tidak memiliki salah satu dari mereka, Anda dapat membuat mereka jika Anda memiliki flashdisk 16 GB atau lebih besar. Setelah pemulihan dapat membantu Anda memecahkan masalah dan memperbaiki masalah dengan PC Anda, bahkan jika tidak akan mulai. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Buat USB recovery drive.

 

Valentino

Valentino atau akrab di sapa Tino adalah seorang mahasiswa yang hobi menulis tentang dunia teknologi. Dia menulis tentang komputer, Windows, Linux, Android, dan Gadget sejak duduk di bangku sekolah menengah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *