Cara Mengembalikan File Terhapus di Smartphone Android

Jika ada file yang terhapus tidak sengaja di laptop atau PC, Anda dapat memulihkan data saat anda menghapusnya, dan anda dapat dengan mudah mengembalikannya dari icon berlogo tempat sampah atau Recycle Bin.

Selain itu, bila file sudah terhapus secara permanen di laptop atau PC, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data tersebut dengan bantuan software recovery.

Bagaimana jika file terhapus secara permanen pada Android?

Bagi Anda pengguna Android tidak perlu khawatir karena Anda juga dapat mengembalikan file, foto dan data penting seperti halnya anda mengembalikannya file di dalam Laptop atau PC Anda. Untuk mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen, ada beberapa aplikasi Android yang bisa Anda gunakan.

Proses mengembalikan file yang terhapus akan lebih mudah ketika Android yang Anda gunakan sudah terhubung dengan aplikasi cloud storage. Karena, pada umumnya aplikasi cloud storage melakukan backup secara rutin terhadap file-file yang ada di handphone.

Tetapi jika belum terhubung dengan cloud storage, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang memang berfungsi untuk mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen.

Bagaimana aplikasi pemulihan Data Android bekerja?

Tangkapan di sini adalah ketika Anda menghapus sebuah berkas, datanya tidak benar-benar dicuci. Android menandai ruang ini sebagai kosong dan memperlakukan berkas sebagai hilang. Oleh karena itu, Anda tidak dapat melihat berkas, dan ruang ini mungkin ditimpa oleh berkas-berkas baru. Ketika ruang ini ditempati oleh berkas sumber, Anda dapat memberitahu bahwa berkas Anda hilang.

Karena kebanyakan telepon Android tak punya ember, kau tak bisa mengembalikan data melalui itu. Pada akhirnya, perangkat lunak pemulihan Data Android dapat dipakai untuk menyimpan berkas Anda. Perangkat lunak dapat menjelajahi memori telepon Android untuk mencari halaman dengan tanda 0 untuk menemukan data yang dapat dipulihkan.

Selain itu, alat mengumpulkan data yang dikembalikan bersama-sama, memberikan format yang dapat dipulihkan. Sebagai tambahan, disarankan untuk menggunakan alat pemulihan data segera setelah berkas dihapus, sehingga probabilitas pemulihan data menjadi cukup tinggi.

Cara mengembalikan file terhapus di Android

Langkah 1. Jalankan Pemulihan Data Android

Unduh, pasang dan pasang program pada komputer Anda. Pilih Pilihan “Android Pemulihan Data” lalu hubungkan perangkat Android kalian ke PC melalui kabel USB.

Hubungkan android ke pc

Langkah 2. Atur Android untuk mengaktifkan debug USB

Aktifkan debug USB. Di sini Anda memiliki tiga cara untuk melakukannya menurut versi Android OS yang berbeda:

  • untuk Android 2.3 atau sebelumnya: masukkan pengaturan > klik Aplikasi > Klik Development > Check USB Debug
  • untuk opsi Android 3.0 hingga 4.1: masukkan pengaturan > klik pengembang opsi > Check USB Debug.
  • untuk Android 4.2 atau yang lebih baru: Masukkan pengaturan > klik mengenai telepon > Tap Nomor Build untuk beberapa kali sampai menerima catatan Anda berada di bawah mode pengembang > USB pengaturan > klik Opsi Pengembang  > Check Aktifkan pengawakutuan usb

Langkah 3. Mulai memindai Android Anda untuk data yang hilang

Setelah Anda mengaktifkan debug USB untuk Android Anda, itu akan terdeteksi oleh program. Pilih jenis berkas yang ingin Anda memulihkan, lalu klik tombol hijau “Berikutnya” untuk menganalisa data Android Anda.

Pilih data untuk dipindai

Ketika Anda melihat jendela di bawah, Anda harus pindah ke perangkat Android Anda lagi, tekan pada ikon “Ijinkan”, lalu kembali ke komputer dan klik tombol “Start” untuk melanjutkan.

klik Ijinkan android

Langkah 4. Pratilik dan pulihkan gambar, pesan, kontak, dan video dari telepon Android

Program ini memungkinkan Anda untuk memulihkan pesan teks, kontak, gambar dan video dari perangkat Android Anda. Tapi Anda hanya dapat pratinjau pesan, kontak dan foto sekarang.

Anda dapat memeriksa dan memilih yang Anda inginkan dan klik tombol “Recover” untuk menyimpannya ke komputer Anda.

Langkah 5: memulihkan data yang dihapus dari android.

Selesai!

Pemulihan data Android adalah alat yang kuat dan berguna untuk membantu Anda memulihkan semua pesan teks yang hilang, gambar, kontak dan video kembali pada komputer Anda dengan cara yang sederhana dan aman.

 

Valentino

Valentino atau akrab di sapa Tino adalah seorang mahasiswa yang hobi menulis tentang dunia teknologi. Dia menulis tentang komputer, Windows, Linux, Android, dan Gadget sejak duduk di bangku sekolah menengah.