Tips Menghemat Baterai Laptop dan Menjaganya Agar Awet

Siapa yang ingin membuat lari penting ke stopkontak kekuasaan untuk menyimpan baterai laptop mereka? Ini tidak menyenangkan, terutama ketika semua orang bekerja dan belajar di rumah hari ini di berbagai bagian rumah di mana mungkin tidak ada jalan keluar yang nyaman di dekatnya.

Untungnya, laptop modern lebih efisien daripada pendahulunya. Hari ini, bahkan laptop desktop tidak mahal dan beberapa raksasa game dapat berjalan selama lebih dari delapan jam pada satu biaya. Perangkat Ultraportable sering bertahan 14 jam atau lebih.

Namun, kebenaran tidak nyaman adalah bahwa baterai dalam PC Anda atau Mac laptop tidak akan bertahan selama iklan produsen jika Anda tidak memperhatikan beberapa faktor kunci: pengaturan daya, jumlah aplikasi berjalan, bahkan suhu ruangan Anda bekerja masuk Kabar baiknya adalah tak satupun dari ini membutuhkan banyak pekerjaan untuk mencari tahu setelah Anda tahu pengaturan apa yang perlu Anda atur.

Mari kita lihat cara paling efisien dan paling tidak menghabiskan waktu untuk mendapatkan baterai laptop kamu.

Perhatikan aliran udara

Sebagian besar laptop sekarang datang dengan baterai lithium-polimer, yang memerlukan perawatan jauh lebih sedikit dari baterai dari satu dekade lalu, berkat perangkat lunak dan perbaikan firmware, serta inovasi dalam teknologi baterai itu sendiri. Anda tidak perlu lagi untuk melakukan debit baterai penuh secara teratur untuk mengkalibrasi itu, dan Anda tidak perlu khawatir bahwa pelepasan baterai penuh akan merusak laptop Anda.

Namun, Anda harus berhati-hati dengan panas, yang akan mempercepat kematian baterai. Masalah terbesar yang disebabkan oleh gangguan fisik dari ventilasi udara. Akumulasi debu adalah salah satu masalah yang dapat Anda urus dengan membersihkan ventilasi laptop dan kipas.

Secara berkala menggunakan sekaleng udara terkompresi untuk meniup beberapa debu.) Masalah yang lebih umum yang terjadi, namun, menggunakan laptop di bantal atau selimut, yang dapat keduanya menghalangi kipas ventilasi dan menjaga panas datang dari sistem. Hindari ini dengan menggunakan laptop Anda hanya pada permukaan keras seperti meja atau meja yang tidak akan membungkuk dan blok aliran udara atau pendinginan.

Pantau kesehatan baterai Anda

Semua baterai kehilangan kapasitas pengisian mereka dari waktu ke waktu dan akhirnya perlu diganti. Dari waktu ke waktu, Anda harus mengambil saham dari status baterai.

Untuk mencari tahu apakah baterai MacBook life Anda akan berakhir, tahan tombol Opsi dan klik ikon baterai di batang menu untuk menampilkan status baterai. Jika Anda melihat pesan “ganti sekarang” atau “baterai layanan”, baterai Anda mungkin berjalan jauh lebih rendah dari kapasitas aslinya.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang berapa banyak pengisian siklus baterai yang berkelanjutan dengan membuka aplikasi Informasi Sistem dan pergi ke tab Daya. Periksa nilai kontra siklus terhadap Maksimal nominal dalam daftar apel untuk melihat berapa banyak siklus yang tersisa.

Untuk mendapatkan indikator kesehatan baterai yang setara di Windows 10, Anda harus menggulung lengan Anda dan menyelam ke dunia dari baris perintah. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara membuat laporan Windows battery menggunakan baris perintah.

Tutup aplikasi tertentu yang menggunakan banyak kekuatan

Beberapa aplikasi dan proses yang berjalan pada sistem Anda akan mengunyah kehidupan baterai Anda lebih cepat, dan kemungkinan Anda mungkin tidak aktif menggunakan segala sesuatu yang saat ini berjalan di komputer Anda. Di Windows 10, aplikasi Pengaturan adalah langkah pertama untuk menemukan program menyerap energi.

Ketik” lihat App yang mempengaruhi kehidupan baterai ” di bar pencarian Windows 10 untuk mendapatkan daftar aplikasi yang mengkonsumsi daya yang paling besar. Jika Anda melihat aplikasi yang jarang Anda gunakan yang membutuhkan banyak kekuatan, pastikan Anda menutupnya. Seringkali ini adalah aplikasi yang Anda buka di latar belakang dan lupa tentang, seperti Spotify atau pembaca Adobe.

Kemudian ketik”lihat proses mana yang dijalankan secara otomatis ketika Windows mulai” di batang pencarian. Ini membuka tab awal mula manajer tugas, yang memuat daftar semua utilitas yang dijalankan segera setelah komputer dimulai.

Apapun dengan nama seperti” unduh asisten “atau” asisten ” biasanya aman untuk dinonaktifkan. Sebagai contoh, jika Anda sering tidak membuka playlist Spotify, tracks, atau Album dari link di peramban web Anda, Anda dapat menonaktifkan asisten web Spotify.

Untuk melakukan pembersihan app yang sama pada macOS, Cari pengguna dan grup, lalu pergi ke tab butir log masuk, di mana Anda akan menemukan daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang ketika Mac Anda mulai naik.

Gunakan pengaturan baterai pada macOS

Apple MacBook Air dan MacBook Pro laptop tidak memiliki penggeser baterai, meskipun banyak pengaturan yang sama yang dijelaskan di atas ada di pengaturan hemat daya.

Untuk membukanya, tekan ikon kaca pembesar sorotan di sudut kanan atas layar, Cari hemat daya, dan kemudian pergi ke tab baterai. Jika Anda ingin lebih dekat ke jendela baterai atau penggerak baterai Saver, pastikan bahwa opsi “letakkan hard drive untuk tidur ketika mungkin” dan “sedikit meredupkan tampilan ketika daya baterai diaktifkan”, dan opsi “Hidupkan tidur siang daya ketika daya baterai dimatikan. (Dengan Tidur Nyenyak diaktifkan dan MacBook tertidur, perangkat akan bangun dari waktu ke waktu untuk memeriksa pemutakhiran.

Mematikannya membuat MacBook Anda benar-benar tertidur sampai Anda memutuskan untuk membangunkannya.) pada Laptop profesional MacBook Terkini, tampilan kecerahan diatur ke 75 persen ketika Anda memutuskan komputer dari daya, jika Anda memiliki tampilan “dim tampilan sementara pada fitur daya baterai” diaktifkan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kehidupan baterai yang terbaik, harus Anda gunakan baterai Saver sepanjang waktu? Tidak juga. Karena mode penyimpan baterai mematikan beberapa fitur yang berguna, Anda hanya dapat menggunakannya ketika baterai Anda berada di bawah 20 persen dan outlet tidak di dekatnya.

Demikian pula, menonaktifkan Power Nap mungkin berarti bahwa Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengejar ketinggalan sementara Anda sedang jauh dari MacBook Anda. Ini sebabnya kebanyakan pengguna harus menggunakan pengaturan baterai terbaik dan mengaktifkan tidur siang Daya sebagian besar waktu.

 

Valentino

Valentino atau akrab di sapa Tino adalah seorang mahasiswa yang hobi menulis tentang dunia teknologi. Dia menulis tentang komputer, Windows, Linux, Android, dan Gadget sejak duduk di bangku sekolah menengah.