5 Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil

By | July 28, 2021

5 Cara Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil 

Dalam sebuah ruang tamu salah satu furnitur yang tidak dapat terlewatkan adalah sofa. Pasalnya sofa adalah tempat dimana para tamu akan singgah dan tempati ketika baru tiba di rumah. 

Namun beberapa orang masih merasa bingung untuk memilih sofa karena luas ruang tamu yang cukup terbatas. Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi saat merancang desain rumah, karena sudah banyak tersedia beragam cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil yang dapat dicoba. 

Luas ruangan yang berukuran mini tidak menjadi alasan untuk memiliki bentuk ruang tamu idaman dan nyaman digunakan. Pasalnya hal tersebut dapat diatur dengan sedemikian rupa supaya terkesan lapang. Mulai dari mempertimbangkan bentuk sofa, warna sofa dan yang lainnya. 

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba ketika memilih sofa untuk ruang tamu kecil.

Simak sampai tuntas yuk!

1. Memilih Sofa Berbentuk L

Dengan memilih sofa berbentuk huruf L dinilai lebih hemat tempat jika dibandingkan dengan memilih sofa dengan bentuk huruf U. Dengan cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil yang satu ini dapat membuat tampilan ruangan lebih lapang dan lega. 

Untuk menciptakan sebuah keserasian maka diperlukan sesuatu yang menunjang. Diantaranya seperti tata letak sofa yang tepat dan juga aksesoris yang tepat pula. Untuk memilih sofa berbentuk huruf L sebaiknya menggunakan membentuk meja dengan ukuran kecil.

2. Memilih Bentuk Sofa Single

Pemilihan bentuk sofa ruang tamu single dapat menjadi solusi untuk ruangan dengan luas terbatas. Pasalnya sofa single dapat memiliki kelebihan seperti hemat ruang yang cukup cocok dengan ruang tamu sempit. 

Sofa single dapat dipasang di ruang tamu dalam jumlah 2 biji dengan 1 meja di tengah. Kapasitas sofa single memang hanya untuk 1 tamu saja, namun jika memiliki banyak tamu tinggal ditambah jumlah sofa tersebut.

3. Memilih Warna Sofa yang Sama dengan Warna Dinding

Cara yang satu ini juga dapat dicoba untuk ruang tamu dengan ukuran minimalis. Pasalnya kesan lapang atau luas juga dapat berasal dari pemilihan warna itu sendiri. Misalnya dinding rumah memiliki cat berwarna abu-abu maka dapat memilih sofa dengan warna abu-abu juga. 

Bisa juga apabila warna dinding rumah memiliki warna coklat maka dapat memilih sofa dengan warna coklat juga. Pemilihan warna sofa untuk ruang tamu kecil yang satu ini dapat menimbulkan kesan simple nan elegan. Dikarenakan pemilihan warna yang tidak sesuai dapat membuat kesan ketidak serasian serta warna yang terlalu ramai atau banyak.

4. Memilih Sofa Ruang Tamu dengan Penyimpanan

Bentuk Sofa yang satu ini jika dilihat sekilas memang tidak jauh berbeda dari kebanyakan sofa pada umumnya. Namun sofa yang tersedia beserta penyimpanan ini memiliki fungsi ganda bagi para penggunanya. 

Misalnya model sofa dengan penyimpanan ini juga dapat berfungsi sebagai alat penyimpanan berbagai macam barang. Diantaranya seperti majalah, album foto tisu, tapi bantal dan lain sebagainya. Alhasil sofa ini juga dapat menggantikan fungsi rak ruang tamu tempat berbagai barang tersebut diletakkan pada umumnya.

5. Memilih Sofa Tanpa Sandaran

Sebagian orang beranggapan bahwa sandaran yang terdapat pada sofa dapat menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih penuh dan sesak. Untuk itu pemilihan sofa tanpa sandaran dapat menjadi solusi. 

Meskipun tampil tanpa sandaran yang melengkapi, beberapa sofa tersebut tetap memiliki kesan indah yang elegan. Jika ingin memiliki tampilan ruang tamu yang alami dan asri dapat memilih sofa tanpa sandaran dari bahan kayu.

Demikian ulasan mengenai cara memilih sofa untuk ruang tamu kecil namun menarik untuk dicoba. Dalam meletakkan furnitur dalam ruang yang cukup sempit dan terbatas, diperlukan sebuah pertimbangan yang tepat. Pasalnya jika tidak dipertimbangkan, maka tampilan ruang tamu berkemungkinan justru terlihat semrawut dan acak-acakan.