Apa itu Cryptocurrency? Berikut Cara yang Benar dan Harus Diketahui Investor

By | March 18, 2022

Apa itu Cryptocurrency? Berikut Cara yang Benar dan Harus Diketahui Investor – Cryptocurrency memungkinkan Anda membeli barang dan jasa, atau Anda dapat memperdagangkannya untuk mendapatkan keuntungan. Berikut lebih lanjut tentang apa itu cryptocurrency, cara membelinya, dan cara melindungi diri Anda sendiri.

Banyak atau semua produk yang ditampilkan di sini berasal dari mitra kami yang memberikan kompensasi kepada kami. Ini dapat memengaruhi produk mana yang kami tulis dan di mana serta bagaimana produk tersebut muncul di halaman.

Namun, ini tidak mempengaruhi penilaian kami. Pendapat kita adalah milik kita sendiri. Berikut adalah daftar mitra kami dan inilah cara kami menghasilkan uang . Informasi investasi yang disediakan di halaman ini hanya untuk tujuan pendidikan.

NerdWallet tidak menawarkan layanan konsultasi atau perantara, juga tidak merekomendasikan atau menyarankan investor untuk membeli atau menjual saham, sekuritas, atau investasi lain tertentu. Disini Anda bisa memulai investasi yang aman dan terpercaya dengan aplikasi Pintu.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah aset digital yang dibuat menggunakan perangkat lunak jaringan komputer yang memungkinkan perdagangan dan kepemilikan yang aman. Istilah cryptocurrency berasal dari proses kriptografi yang telah dilakukan pengembang untuk mencegah penipuan.

Bitcoin dan sebagian besar cryptocurrency lainnya didukung oleh teknologi yang dikenal sebagai blockchain, yang menyimpan catatan transaksi yang tahan terhadap kerusakan dan melacak siapa yang memiliki apa. Blockchain publik biasanya terdesentralisasi, yang berarti mereka beroperasi tanpa otoritas pusat seperti bank atau pemerintah.

Inovasi ini mengatasi masalah yang dihadapi oleh upaya sebelumnya untuk menciptakan mata uang digital murni: mencegah orang membuat salinan kepemilikan mereka dan mencoba membelanjakannya dua kali. Unit individu cryptocurrency dapat disebut sebagai koin atau token, tergantung pada bagaimana mereka digunakan.

Beberapa dimaksudkan sebagai unit pertukaran barang dan jasa, yang lain adalah penyimpan nilai, dan beberapa sebagian besar dirancang untuk membantu menjalankan jaringan komputer yang melakukan transaksi keuangan yang lebih kompleks.

Salah satu cara umum cryptocurrency dibuat adalah melalui proses yang dikenal sebagai penambangan, yang digunakan oleh Bitcoin. Penambangan dapat menjadi proses intensif energi di mana komputer memecahkan teka-teki kompleks untuk memverifikasi keaslian transaksi di jaringan.

Sebagai hadiah, pemilik komputer tersebut dapat menerima cryptocurrency yang baru dibuat. Cryptocurrency lainnya menggunakan metode yang berbeda untuk membuat dan mendistribusikan token, dan banyak yang memiliki dampak lingkungan yang jauh lebih ringan.

Bagi kebanyakan orang, cara termudah untuk mendapatkan cryptocurrency adalah dengan membelinya, baik dari bursa atau pengguna lain. Sebelum memulai investasi, Anda harus mengetahui juga eth idr agar investasi dengan benar.

Cara membeli cryptocurrency

Membeli cryptocurrency melibatkan empat langkah dasar:

1. Putuskan di mana membelinya

Ada banyak cara untuk membeli cryptocurrency, meskipun metode yang paling mudah diakses untuk pemula kemungkinan adalah pertukaran terpusat. Pertukaran terpusat bertindak sebagai pihak ketiga yang mengawasi transaksi untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka bayar.

Pertukaran ini biasanya menjual crypto dengan harga pasar, dan mereka menghasilkan uang dengan biaya untuk berbagai aspek layanan mereka. Jika Anda lebih terbiasa dengan akun pialang tradisional, ada beberapa pialang online yang menawarkan akses ke mata uang kripto dan juga saham.

Dari broker online yang diulas oleh NerdWallet, ini termasuk Robinhood, Webull, SoFi Active Investing, dan TradeStation. Jika Anda mencari pertukaran yang beroperasi hanya dalam dunia cryptocurrency, carilah pertukaran crypto murni. Platform ini, seperti Coinbase, Gemini, dan Kraken, tidak akan memberi Anda akses ke aset inti seperti saham dan obligasi, tetapi mereka biasanya memiliki pilihan mata uang kripto yang jauh lebih baik, dan opsi penyimpanan kripto di platform yang lebih banyak.

Meskipun pertukaran terpusat relatif mudah digunakan, mereka juga dapat menjadi target yang menarik bagi peretas mengingat volume kripto yang mengalir melaluinya. Untuk pengguna yang lebih mahir, ada pertukaran terdesentralisasi yang biayanya bisa lebih rendah daripada yang dibebankan oleh platform terpusat.

 Itu bisa lebih sulit digunakan dan menuntut lebih banyak pengetahuan teknis, tetapi mereka mungkin juga menawarkan beberapa manfaat keamanan karena tidak ada target tunggal untuk serangan siber. Cryptocurrency juga dapat diperdagangkan melalui transaksi peer-to-peer.

2. Pilih bagaimana Anda akan membayar

Meskipun ada ribuan cryptocurrency yang diperdagangkan di seluruh dunia, Anda akan menemukan bahwa opsi paling populer tersedia secara luas untuk dibeli dalam mata uang fiat seperti dolar AS. Jika Anda pembeli pertama kali, kemungkinan besar Anda harus menggunakan uang biasa untuk membeli cryptocurrency.

Jika Anda adalah investor yang lebih berpengalaman, Anda mungkin ingin menukar beberapa kepemilikan kripto Anda yang ada untuk jenis mata uang kripto lainnya — misalnya Bitcoin untuk Ethereum.

3. Tambahkan nilai ke akun Anda

Bergantung pada cara Anda memilih untuk membayar, Anda mungkin harus mendanai akun Anda sebelum membeli kripto apa pun. Jika Anda menggunakan mata uang fiat, sebagian besar bursa mengizinkan transfer debit dan bank.

Beberapa juga memungkinkan Anda untuk mendanai pembelian dengan kartu kredit Anda, meskipun ini bisa menjadi langkah berisiko dengan aset yang tidak stabil seperti cryptocurrency karena biaya bunga dapat memperdalam kerugian Anda jika nilai investasi Anda menurun.

Jika Anda sudah memiliki cryptocurrency, Anda dapat mentransfernya ke akun Anda dari dompet digital atau platform lain, lalu menggunakannya untuk berdagang. Pastikan untuk memverifikasi bahwa pertukaran crypto Anda memungkinkan perdagangan antara aset yang Anda lihat.

Tidak semua cryptocurrency dapat langsung diperdagangkan satu sama lain, dan beberapa platform memiliki lebih banyak pasangan perdagangan daripada yang lain. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa biaya pertukaran bervariasi tergantung pada apa yang Anda beli dan bagaimana Anda membelinya, jadi tinjau detail ini dengan cermat.

4. Pilih mata uang kripto

Ada banyak pilihan untuk investor cryptocurrency, meskipun tidak ada satu pun yang mungkin cocok untuk semua orang. Sebelum Anda membeli, tanyakan pada diri Anda apa tujuan Anda untuk investasi ini. Apakah Anda berharap nilainya akan meningkat?

Apakah Anda tertarik untuk melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan teknologi yang mendasarinya melalui aplikasi terdesentralisasi? Ini dapat membantu Anda membuat keputusan.