12 Tips Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami dan Manjur

By | April 24, 2021

Tiap orang umumnya punyai pengalaman lebih satu kali sakit gigi. Rasa berdenyut-denyut dapat benar-benar mengusik dan berpengaruh jelek pada rutinitas setiap hari. Sayang saat sakit gigi terkadang tidak langsung bisa ditangani dengan berobat ke dokter. Oleh karena itu, kami berbagi tips bagaimana cara mengatasi sakit gigi mengatasi sakit gigi secara alami dan ampuh.

Bagi Anda yang juga merasakan hal yang sama maka silahkan baca artikel berikut ini.

12 Tips Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami dan Manjur

Berikut 12 langkah menyembuhkan sakit gigi yang natural serta baik saat sebelum berobat ke dokter:

1. Kompres es

Langkah menyembuhkan sakit gigi yang baik dan alami pertama ialah memakai kompres es. Triknya ialah es dibuntel handuk dan disentuhkan di bagian yang membesar karena sakit gigi umumnya tempat muka atau rahang. Kompres sepanjang 15-20 menit umumnya sanggup memudahkan ngilu saat sakit gigi.

Sesudah keadaan berasa lebih bagus dianjurkan selekasnya berobat ke dokter gigi untuk pengecekan selanjutnya. Lebam saat sakit gigi umumnya karena cedera, kantung nanah, atau ada permasalahan pada akar. Keadaan ini beresiko menyebabkan infeksi serius yang menebar ke gigi lain, bila tidak dibawa ke dokter gigi secepat-cepatnya.

2. Mengusung kepala

Dalam beberapa kasus, mengusung kepala efisien sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi yang natural serta baik. Langkah ini umumnya diaplikasikan saat sakit gigi serang pada malam hari sampai mengakibatkan tidak dapat tidur.

Program langkah ini ialah memakai bantal tambahan saat akan istirahat malam. Kepala yang terangkut menahan kenaikan penekanan karena darah yang mengucur ke tempat mulut dan kepala. Hasilnya merasa sakit dapat semakin enteng, tingkatkan perputaran darah, dan kurangi bengkak. Saat rasa ngilu menyusut, yakinkan selekasnya ke dokter untuk pengecekan dan penyembuhan selanjutnya sama sesuai keperluan.

3. Kumur air garam

Memakai air garam untuk kumur ialah langkah menyembuhkan sakit gigi genting yang kerap diaplikasikan di dalam rumah. Air garam ialah bahan anti bakteri alami yang sanggup kurangi reaksi radang. Air garam sebagai disinfektan alami yang menolong bersihkan gigi dari tersisa makanan.

Untuk mengaplikasi langkah ini, cukup campurkan 1/2 sdt garam ke satu gelas air biasa atau hangat. Larutan itu seterusnya dipakai sebagai obat kumur saat sakit gigi. Seperti program sistem lain, dianjurkan selekasnya ke dokter bila sakit gigi berasa lebih bagus selesai kumur sama air garam.

4. Kantong teh peppermint

Penelitian mengatakan, peppermint memiliki kandungan senyawa mentol yang berperan sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Mentol memberikan dampak dingin yang memudahkan rasa ngilu, hingga pas sebagai salah satunya langkah menyembuhkan sakit gigi.

Untuk yang ingin coba langkah ini dapat memakai kantong teh peppermint yang sempat pernah dipakai. Temperatur kantong teh tidak boleh terlampau panas saat sebelum diterapkan pada gigi merasa sakit. Langkah yang lain ialah memakai kantong teh peppermint yang sudah ditempatkan ke freezer. Temperatur dingin menolong menurunkan rasa ngilu saat sakit gigi saat sebelum konsultasi ke dokter.

5. Minyak cengkeh

Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh bisa dibuktikan efisien sebagai salah satunya langkah menyembuhkan sakit gigi. Sebagai antiseptik alami, eugenol tekan resiko infeksi saat terjadi masalah dalam rongga mulut.

Untuk memakai minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, cukup hanya meneteskannya pada kapas yang disentuhkan di bagian yang sakit. Langkah ini dapat dilaksanakan seringkali dalam satu hari sampai merasa sakit menyusut. Langkah yang lain ialah meleburkan minyak cengkeh dalam satu gelas air dan dipakai sebagai obat kumur. Pemakaian minyak cengkeh untuk obat sakit gigi tidak dianjurkan untuk anak karena beresiko menelan kebanyakan.

6. Bawang putih

Bawang putih ialah bahan rumah tangga lain yang umum dipakai sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi. Senyawa allicin yang ada dalam bawang putih mempunyai dampak anti bakteri yang paling kuat. Allicin berikut yang menolong kurangi bakteri dalam mulut sampai menyebabkan sakit gigi.

Anti bakteri tekan resiko berlangsungnya karies pada gigi. Untuk yang ingin cobanya, bawah putih dapat dihancurkan lebih dahulu jadi pasta. Kombinasi bawang putih dapat ditambahkan garam seperlunya saat sebelum diterapkan pada gigi yang sakit. Langkah yang lain bawang putih fresh langsung dikunyah untuk menurunkan sakit gigi. Bawang putih kemungkinan tidak pas untuk semuanya orang karena wewangiannya yang paling kuat.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji mempunyai karakter anti radang dan anti mikroba yang menolong mengobati cedera dan memudahkan sakit gigi. Untuk langkah menyembuhkan sakit gigi, daun jambu biji langsung bisa dikunyah untuk menolong mengobati sakit gigi. Saat sebelum kunyah daun jambu biji seharusnya tentukan yang lunak dan telah dibersihkan sampai bersih.

Langkah yang lain dengan rebus daun jambu dan memakainya sebagai obat kumur. Daun jambu biji sudah bisa dibuktikan efisien sebagai obat periode pendek dengan dampaknya yang cepat. Sesudah sakit berasa lebih enteng seharusnya selekasnya ke dokter untuk pengecekan selanjutnya.

8. Bawang merah

Bawang merah jadi alternative untuk yang tidak senang wewangian bawang putih sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi. Senyawa anti mikroba dan anti septik dalam bawang merah menolong mengatur rasa ngilu.

Sebagai obat, bawang merah langsung bisa dikunyah untuk menurunkan merasa sakit. Langkah yang lain ialah melembutkan bawang merah dan melekatkannya ke sisi yang sakit. Saat sakit gigi telah surut seharusnya selekasnya ke dokter untuk pengecekan selanjutnya.

9. Cuka apel

Cuka apel ialah disinfektan alami yang menolong jaga kebersihan mulut dan gigi. Kandungan asam dalam cuka apel sanggup mengatur bakteri dalam rongga mulut. Faedah berikut yang mengakibatkan cuka apel jadi alternative langkah menyembuhkan sakit gigi.

Pemakaian cuka apel sebagai obat sakit gigi cukup hanya melarutkannya dalam satu gelas air dan dikumur-kumur. Langkah lain dengan meneteskannya dalam gulungan kapas kecil dan ditempelkan ke sisi yang sakit. Langkah ini dapat dilaksanakan seringkali dalam satu hari sampai merasa sakit berasa lebih enteng.

10. Jahe

Rempah jahe memiliki kandungan antibiotik alami yang sanggup menurunkan rasa ngilu. Jahe tidak cuman dipakai sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi, tetapi saat perut berasa tidak nyaman.

Untuk memudahkan sakit gigi, jahe dapat dikeprek terlebih dahulu dan ditempelkan ke sisi yang sakit. Langkah ini dapat dilaksanakan seringkali sampai keadaan berasa lebih bagus dan selekasnya ke dokter gigi.

11. Thyme

Thyme ialah tumbuhan wewangiantik yang dari mint family. Minyak fundamental dalam thyme punyai dampak antiseptic dan anti jamur yang dapat menurunkan rasa ngilu saat sakit gigi. Daun thyme sering dipakai untuk menolong mengobati penyakit infeksi yang serang paru contoh bronkitis.

Bila ingin dipakai sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi, minyak thyme dicampurkan dalam satu gelas air jadi obat kumur. Langkah yang lain ialah teteskan minyak thyme dalam kapas, yang selanjutnya diterapkan di bagian yang sakit. Sesudah diulangi seringkali, ngilu karena sakit gigi akan berasa lebih enteng.

12. Lidah buaya

Gel lidah buaya rupanya bukan hanya sanggup mengobati cedera terbakar atau terpenggal yang enteng. Faedah yang lain sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi yang baik dan alami.

Penelitian menunjukkan, lidah buaya punyai dampak anti bakteri alami yang sanggup mematikan bakteri pemicu kerusakan gigi. Gel lidah buaya langsung diterapkan pada gigi yang sakit dan dipijat perlahan-lahan sampai merasa sakit menyusut. Seterusnya selekasnya ke dokter gigi untuk pengecekan dan pengatasan selanjutnya.

Nah, itu tadi penjelasan 12 tips cara menghilangkan sakit gigi secara alami dan manjur. Semoga bermanfaat.