Tips Menjaga Produktivitas dari Rumah

By | November 12, 2020

Tips Menjaga Produktivitas dari Rumah – Virus Corona atau Covid-19 yang sedang menyebar, membuat beberapa perusahaan dan lembaga pendidikan memilih untuk mengaplikasikan sistem bekerja dan belajar dari rumah. Ini adalah langkah preventif untuk meminimalisasi penyebaran Corona.

Walau dari rumah, kamu tetap harus menjaga aplikasi produktivitas sehari-hari. Jangan sampai kamu justru malas hingga pekerjaan jadi tidak terurus.

Beberapa panduan di bawah ini bisa diikuti supaya pekerjaan selalu selesai tepat waktu dan memenuhi target:

1. Bangun loyalitas untuk bekerja serius

Ketahui jika kerja di rumah bukan bermakna liburan. Tanamkan sudut pandang bila Anda cuman berpindah tempat kerja jadi di dalam rumah dan Anda masih mempunyai tanggung jawab pekerjaan yang perlu diselesaikan seperti waktu ada di kantor.

2. Persiapkan ruangan kerja spesial di dalam rumah

Rekan dan bagian keluarga menjadi gangguan tertentu waktu bekerja di dalam rumah. Oleh karenanya, sangat penting untuk mempersiapkan ruangan kerja spesial di dalam rumah selaku batas pengingat di antara kepentingan pekerjaan dan individu di rumah. Ini akan menolong Anda lebih konsentrasi.

3. Mengatur jam kerja di dalam rumah sama jam kerja saat berkantor

Kerja di rumah bukan bermakna bisa mengendalikan jam kerja sesenang hati. Masih terapkan jam kerja yang sesuaikan jam waktu berkantor untuk jaga keproduktifan dan komunikasi yang lebih efisien.

4. Buat daftar berisi beberapa hal yang perlu dituntaskan supaya alur kerja lebih teratur

Catat beberapa hal yang perlu ditangani hari itu atau satu minggu di depan dalam tabel tabel kerja atau buku catatan kerja Anda. Langkah ini akan membuat kerja lebih terancang saat di dalam rumah.

5. Masih koordinasi dengan teman kerja

Selalu tersambung dengan masih berbicara lewat aliran komunikasi digital, seperti chat, telephone, video call, dan semacamnya. Beri berita terkait pekerjaan yang sudah usai atau sedang ditangani ke atasan atau teman kerja supaya proses kerja masih berjalan maksimal. Anda bisa juga menyarankan untuk lakukan meeting teratur tiap hari pada pukul spesifik untuk sama-sama mengontak kerja hasil dalam team.

6. Disiplin dalam mengaplikasikan aturan yang Anda buat

Walau kamu telah mempunyai rencana bekerja yang bagus, jika tidak disiplin mengaplikasikannya, ya sia-sia. Untuk memicu diri kamu sendiri supaya mematuhi ketentuan, kamu dapat menerapkan penghargaan dan punishment.

Penghargaan atau hadiah diberi waktu kamu sukses mengakhiri pekerjaan secara baik, sesaat punishment adalah hukuman yang perlu ditempuh jika menyalahi ketentuan.

Penghargaan dapat berbentuk makanan enak atau bahkan juga menghadiahi diri kamu sendiri berlibur untuk refreshing. Sementara punishment dapat berbentuk kerja lembur untuk mengakhiri pekerjaan yang terlambat.

Kerjakan 6 langkah di atas supaya Anda masih dapat jaga keproduktifan selama kerja di rumah. Yakinkan Anda mengaplikasikan gaya hidup sehat sepanjang kerja di rumah, seperti istirahat yang cukup, banyak minum air putih, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan rutin olahraga. Yuk, selalu sehat dan produktif selama masa pandemi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *