Situs Judi Online terpercaya Semakin banyak kata asing yang dengan percaya diri menetap dalam kosa kata kita, dan salah satunya adalah franchise. Dan jika hanya beberapa tahun yang lalu hanya kekayaan nouveau maju dan pengusaha bekerja dengan konsep ini, sekarang setiap orang yang ingin meningkatkan kesejahteraan mereka menghadapi waralaba juga menjadi pemilik waralaba.

Jadi apa sebenarnya waralaba itu? Secara sederhana, ini adalah sewa merek atau produk dan penggunaan sistem bisnis yang ada.

Contoh waralaba yang paling menonjol adalah McDonald’s. Ia juga disebut sebagai pendiri waralaba

pemilik waralaba franchise

Secara umum, kisah sukses McDonald’s sangat menghibur dan instruktif. Seperti yang Anda ketahui, ketenaran dan popularitas rantai makanan cepat saji di seluruh dunia ini tidak dibawa oleh pencipta restoran, McDonald bersaudara, tetapi oleh pengusaha kecil Ray Kroc, yang sebelum pertemuan penting ini terlibat dalam penjualan peralatan untuk produksi milkshake.

Berjalan ke restoran pinggir jalan yang dimiliki dan dioperasikan oleh McDonald’s, perwakilan penjualan Ray Kroc, kagum pada popularitas luar biasa dari sistem layanan cepat dan murahnya hamburger, mendapat ide dan, tiga minggu kemudian, mendekati saudara-saudara dengan tawaran untuk menjual waralaba mereka di seluruh Amerika.

Ray Kroc membutuhkan uang tunai 15 ribu dolar untuk ini, yang tidak dia miliki. Bank menolak untuk memberikan pinjaman. Kemudian pengusaha yang gigih itu menggadaikan rumah dan asuransinya. Lebih jauh kita tahu: kerajaan McDonald’s sekarang memiliki lebih dari 30 ribu restoran di seluruh dunia, dan Ray Kroc telah menjadi miliarder.

Statistik yang menarik, sebagian dimungkinkan oleh keputusan yang menentukan dari Ray Kroc yang berusia 52 tahun, yang menandatangani perjanjian waralaba dengan McDonald bersaudara.

Apa yang dilakukan Ray Kroc pemilik Waralaba

Dia tidak menemukan kembali roda, mis. datang dengan semacam skema layanan Anda sendiri di restoran cepat saji. Ia hanya mengambil skema bisnis yang sudah jadi dan terbukti.

Ray mengatur untuk menyewakan seluruh sistem pembangunan bisnis yang telah diubah dengan sangat brilian oleh McDonald bersaudara. Dan kemudian dia mulai menjualnya ke pengusaha lain.

Kroc membayar mereka uang untuk memberinya semua resep hamburger, menunjukkan kepadanya peralatan apa yang digunakan, cara meningkatkan kecepatan layanan pelanggan, cara melatih staf, dan segala hal lain yang membantu mereka menciptakan bisnis yang sukses.

Untuk lebih memahami esensi waralaba , kami akan mempertimbangkan esensi dan prinsip kerja pada salah satu contoh nyata. Akan sangat bagus untuk mempertimbangkan contoh McDonald’s, tetapi sayangnya saat ini perusahaan ini tidak menjual waralabanya di Rusia, jadi saya tidak dapat memberikan satu contoh kepada Anda.

Mari kita lihat salah satu pesaing McDonald’s, Subway.

Dalam hal jumlah restoran terbuka di dunia, perusahaan ini telah melewati McDonald’s. Per 1 Januari 2011, Subway telah membuka 33.749 restoran, sedangkan McDonald’s hanya memiliki 32.737 titik penjualan.

Namun, jumlah poin penjualan belum berbicara tentang kepemimpinan di bidang pendapatan. McDonald’s yang sama memiliki pendapatan pada tahun 2010 sebesar $ 24,07 miliar. Sedangkan Subway hanya memiliki $ 10,5 miliar.

Jika, misalnya, Anda akan menjadi franchisee Subway, bersama dengan hak untuk menggunakan merek dagang, merek, produk, Anda menerima semua instruksi untuk melakukan bisnis: cara membuat produk, cara mempekerjakan staf, cara bekerja dengan klien – seluruh proses dijelaskan sepenuhnya, sampai ke sebelumnya, untuk berapa banyak tempat yang harus dirancang institusi, jenis pencahayaan apa yang dibutuhkan dan musik yang lebih baik untuk digunakan.

Anda tidak perlu menciptakan apa pun: sudah ada model bisnis siap pakai yang telah diuji dan menghasilkan pendapatan yang baik. Tentu saja, Anda harus membayar bagian tertentu dari keuntungan bulanan kepada pemilik waralaba (franchisor) ini untuk menggunakan semua hak istimewa ini.

Baca: Biografi Warren Buffett

Investasi apa yang diperlukan saat membeli waralaba?

Saat membeli waralaba, Anda perlu melakukan apa yang disebut pembayaran sekaligus. Sebagai aturan, ini adalah pembayaran satu kali yang tidak dapat dikembalikan, yang merupakan semacam tiket masuk. Dalam kasus Subway, biaya lump-sum adalah $12.000 tidak termasuk PPN.

Di masa depan, setiap bulan, Anda akan membayar 8% lagi dari omset. Jenis pembayaran ini disebut royalti . Ini adalah semacam sewa untuk menggunakan merek yang sudah dipromosikan dan semua teknologinya.

Penting untuk memperhitungkan jumlah investasi dalam waralaba – Anda akan menerima informasi dari pemilik waralaba tentang berapa banyak uang yang diperlukan untuk membuka tempat penjualan. Omong-omong, ini adalah keuntungan waralaba dibandingkan membuka bisnis baru, meskipun milik Anda sendiri.

Saat Anda membuka bisnis baru, Anda mungkin tidak selalu dapat memperhitungkan semua jebakan di masa depan. Dan pemilik waralaba, sebagai suatu peraturan, sudah memiliki lebih dari selusin atau bahkan seratus cabang yang diluncurkan di bawah sistem waralaba, yang memungkinkan mereka untuk memberikan informasi yang akurat tentang semua biaya yang akan datang.

Biaya yang akan datang, selain biaya lump-sum dan royalti, termasuk, sebagai suatu peraturan, biaya perbaikan, sewa tempat, pembelian peralatan, produk iklan, semua komponen yang diperlukan untuk menyiapkan makanan, dll.

Melanjutkan contoh Subway, perkiraan biaya pembukaan satu restoran cepat saji akan menelan biaya sekitar $ 100.000 hingga $ 200.000. Staf pemilik waralaba akan dapat memberi Anda informasi yang lebih akurat setelah Anda memberi tahu mereka perkiraan area restoran Anda di masa depan.

Juga, pemilik waralaba biasanya menunjukkan perkiraan periode pengembalian untuk jenis bisnis ini, yang memungkinkan Anda untuk membangun masa depan Anda dengan lebih akurat.

Pro dan Kontra utama dari sebuah waralaba.

Mari kita mulai dengan aspek positifnya, dan tentu saja ada banyak dari mereka.

Pertama, Anda mendapatkan merek yang sudah jadi dan dipromosikan. Aturan ini tidak selalu berfungsi dan tidak di mana-mana, karena tidak ada merek yang begitu dikenal, tetapi sebagian besar katalog berbagai penawaran waralaba disajikan dari perusahaan yang terkenal, jika tidak di seluruh dunia, tetapi, misalnya , di kota-kota besar Rusia.

Kedua, Anda mendapatkan kecepatan perkembangan bisnis. Untuk memulai bisnis dari awal, akan membutuhkan banyak waktu untuk mempromosikan merek Anda, untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Jika Anda membeli merek yang sudah jadi, Anda dapat segera, sejak hari pertama, menerima keuntungan yang sama yang, ketika mengembangkan bisnis Anda sendiri, hanya bisa menjadi prospek yang mungkin (dan mungkin jauh). Misalnya, ketika McDonald’s pertama dibuka di Moskow, ada 3.000 orang yang mengantri!

Ketiga, Anda juga tidak perlu menghabiskan tenaga, waktu, dan uang Anda untuk pengembangan desain perusahaan Anda – dalam instruksi untuk waralaba, Anda akan menerima deskripsi terperinci tentang warna dan atribut apa yang harus Anda gunakan. Beberapa franchisor juga menyediakan peralatan dan biayanya termasuk dalam biaya lump-sum.

Kelebihan lainnya adalah dukungan iklan. Seringkali, pemilik waralaba tertarik untuk mengembangkan iklan federal tempat bisnis mereka.

Karena Anda membeli model bisnis yang sudah jadi dengan instruksi, Anda akan menghemat banyak waktu dan mendapatkan akses ke sumber daya kredit. Anda dapat diberikan uang tunai atau barang sebagai pinjaman. Semua ini akan dijabarkan dalam ketentuan perjanjian konsesi komersial (waralaba).

Anda selalu dapat mengandalkan dukungan dari pemilik waralaba dengan pengalaman lebih dari Anda. Sebagai aturan, Anda dijamin mendapatkan saran dan segala macam bantuan dalam pengembangan bisnis bersama Anda.

Kelebihan lainnya adalah eksklusivitas.

Apa itu? Misalkan Anda memutuskan untuk membuka Subway atau McDonald’s di kota Anda, tetapi Anda tidak ingin ada pengusaha yang bersaing dengan Anda dan juga membeli waralaba ini. Untuk ini, ada yang disebut hak eksklusif untuk melakukan bisnis untuk wilayah tertentu dan bahkan kota.

Dalam kasus seperti itu, pembayaran lump-sum biasanya lebih tinggi. Namun, hak eksklusif menjamin Anda kesempatan untuk bekerja di bawah merek dagang ini di kota Anda sendiri.

Keuntungannya, yang menurut saya, harus disebutkan adalah kemungkinan pelatihan: pemilik waralaba sering memberikan pelatihan gratis, seminar untuk staf, untuk karyawan eksekutif, dan secara khusus menyelenggarakan acara di mana Anda dapat belajar dari pengalaman outlet yang sukses. Ini jelas merupakan pengalaman yang berharga dan beranfaat.

Kerugian dari waralaba.

Yang pertama dan mungkin yang paling jelas adalah tingginya biaya waralaba. Untuk hak memiliki bisnis yang sudah jadi, Anda harus membayar banyak uang.

Kerugian kedua adalah persyaratan yang ketat untuk waralaba. Seringkali, franchisor sangat membatasi kegiatan mereka yang menjual franchise-nya.

Di satu sisi, ini karena keinginannya untuk mengembangkan bisnis. Ada aturan tertentu, pelanggaran yang dapat memperlambat perkembangan ini dan bahkan mengancam Anda dengan kebangkrutan.

Di sisi lain, hal ini terkadang merugikan pemilik waralaba. Misalnya, untuk membuka McDonald’s, Anda harus memiliki tempat sendiri – jika Anda menyewanya, pemilik waralaba tidak mungkin menemui Anda di tengah jalan.

Ada juga persyaratan tertentu untuk area tempat Anda berencana membuka bisnis waralaba. Misalnya, tidak boleh kurang dari 100 meter persegi (setiap pemilik waralaba memiliki persyaratannya sendiri).

Kerugian lain adalah persyaratan kontrak yang tidak menguntungkan. Sebagai aturan, perusahaan franchisor terkemuka memiliki departemen hukum mereka sendiri dan, tentu saja, mereka melakukan transaksi di mana kepentingan pihak pemilik waralaba diperhitungkan sebanyak mungkin.

Rekomendasi saya untuk pengusaha perorangan yang memutuskan untuk memulai bisnis berdasarkan waralaba adalah untuk menarik pengacara berpengalaman yang akan menganalisis semua seluk-beluk ketentuan kerjasama antara para pihak.

Dalam hal ini, kata-kata Richard Jay Boylan, pengacara dan kepala akuntansi di McDonald’s pada awal kebangkitannya, sangat mengungkapkan: “Sebenarnya, kami menjelaskan semuanya dengan jujur ​​di catatan, tetapi orang tidak pernah membaca catatan itu.”
Sebagai aturan, dalam jenis bisnis ini, pembatasan tertentu sering dikenakan pada pengembangannya, dan ini juga menjadi kerugian besar dari waralaba. Katakanlah Anda memiliki beberapa ide menarik dan segar untuk pengembangan bisnis Anda.

Atau Anda melihat bahwa pelanggan yang datang kepada Anda meminta beberapa jenis layanan tambahan. Anda memahami bahwa jika Anda memperkenalkan layanan ini, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda secara signifikan dan mendapatkan keuntungan tambahan. Tetapi, menurut ketentuan kontrak, pemilik waralaba dapat membatasi Anda dalam hal ini.

Kerugian kedua yang mengikuti dari ini adalah keterbatasan pengembangan kreatif pengusaha. Sebenarnya, Anda membeli ide bisnis yang sudah jadi. Semuanya telah ditemukan untuk Anda sejak lama, semuanya telah dilakukan. Dalam hal ini, saya menyukai pernyataan Stephen Covey: “Untuk waktu yang lama menuai ladang yang tidak kita tabur sendiri, kita umumnya dapat melupakan kebutuhan untuk menabur.”

Sebagai pengusaha berpengalaman, saya dapat mengatakan bahwa salah satu keuntungan paling tak terbantahkan dari menjalankan bisnis Anda sendiri, dibandingkan pekerjaan yang sama untuk disewa, adalah pengembangan kreatif. Setiap pengusaha harus sangat inventif setiap hari agar toko, produk, atau layanannya terlihat menarik bagi pelanggan.

Anda harus menggunakan semua imajinasi Anda saat mengembangkan produk atau layanan. Tapi ini adalah topik untuk percakapan lain, tetapi untuk sekarang, mari kita kembali ke waralaba.

Jangan lupa bahwa jika Anda melakukan kesalahan, pemilik waralaba berhak untuk mengenakan denda kepada Anda (semua ini ditentukan dalam kontrak). Sampai-sampai Anda bisa begitu saja kehilangan hak atas waralaba ini.

Masalah yang sangat besar dapat mempengaruhi Anda secara pribadi jika pemilik waralaba bangkrut atau bisnisnya beralih ke pemilik lain … Semua hak atas bisnis dapat dijual kepada orang-orang yang cenderung mengajukan kondisi yang sama sekali berbeda untuk kerjasama. Bisnis Anda sendiri bisa berisiko besar.

Oleh karena itu, perhatikan saat membuat perjanjian berapa lama hak tersebut dialihkan kepada Anda. Untuk beberapa perusahaan, periode ini mungkin 20 tahun, dan untuk beberapa, hanya lima tahun.

Dan, akhirnya, satu lagi kerugian, yang tidak dapat saya sebutkan di antara yang utama, menurut pendapat saya, kerugian dari sistem bisnis ini adalah persyaratan luas pemilik waralaba untuk membeli bahan habis pakai yang diperlukan baik dari mereka sendiri atau dari produsen tertentu.

Faktanya, dalam hal ini Anda menemukan diri Anda terikat tangan dan kaki: Anda tidak akan dapat mengurangi biaya pengembangan bisnis Anda sendiri, Anda tidak akan memanfaatkan penawaran menguntungkan dari perusahaan lain – karena alasan sederhana bahwa Anda tidak memiliki hak untuk melakukannya.

Kesimpulan

Saran saya kepada mereka yang, seperti saya, sedang mempertimbangkan semua opsi yang memungkinkan untuk menciptakan sumber pendapatan yang berbeda – untuk melihat lebih dekat pasar ini, temukan ide waralaba yang menarik di bidang kegiatan mereka.

Ada banyak yang disebut toko atau katalog waralaba di Internet saat ini. Saya sering menemukan penawaran menarik di sana.

Jika Anda memiliki ide untuk membuat waralaba atau Anda adalah pemilik waralaba, maka Anda dapat menyarankan versi Anda kepada saya. Saya siap untuk berinvestasi dalam ide bisnis yang menarik, atau membeli waralaba.