Situs Judi Online Terpercaya Dari sudut pandang formal, leasing mirip dengan sewa atau perjanjian sewa. Dalam kedua kasus, ada pemilik properti dan orang yang ingin memiliki properti ini, tetapi tidak memiliki seluruh jumlah pembelian sekaligus. Pemilik, pada gilirannya, siap untuk menyewakan properti untuk digunakan dengan margin tertentu.

Namun seiring dengan kesamaan antara sewa dan leasing, ada juga perbedaan yang signifikan.

Parameter formal
Menyewa Sewa
Kerangka kerja legislatif
Kode Sipil Federasi Rusia, Pasal 34

Undang-undang federal tentang jenis sewa tertentu.
Hukum Federal “Tentang Sewa Finansial (Leasing)”
Waktu Lebih sering jangka pendek dengan kemungkinan perpanjanganDalam sebagian besar transaksi sewa guna usaha, jangka waktu perjanjian sama dengan atau mendekati periode amortisasi penuh dari properti yang dialihkan
Benda
Setiap properti yang tidak dapat dikonsumsi tidak dibatasi peredarannya
Harta tidak habis pakai yang peredarannya tidak terbatas dan bukan merupakan benda alam (misalnya sebidang tanah)
Kemungkinan penebusan properti di akhir kontrak tidak
ada
Hak milik
menggunakan

Siapa yang memilih properti yang disediakan
Tuan Rumah Penyewa
Paket dokumen Bukti solvabilitas tidak diperlukan Dokumen yang mengkonfirmasi keberadaan bisnis dan solvabilitas
Diagram bisnis


Peserta dalam transaksi
Tuan tanah, penyewa
Penjual, lessor, lessee. Bank, perusahaan asuransi, perusahaan penjamin, dll juga dapat berpartisipasi
Status penjual (produsen) properti Tidak berpartisipasi dalam kesepakatan Peserta dalam transaksi membuat perjanjian dengan lessor
Tanggung jawab untuk kepatuhan properti dengan persyaratan yang dinyatakan Ditanggung oleh tuan tanah
Tanggung jawab untuk kepatuhan properti dengan persyaratan yang dinyatakan
Risiko kehilangan/kerusakan properti yang tidak disengaja Ditanggung oleh tuan tanah
Ditanggung penyewa
Subyek asuransi properti
Tuan Rumah Paling sering penyewa

Sewa dan Pajak

Pajak Penghasilan

Untuk penyewa, pembayaran sewa mengacu pada pengeluaran lain (Pasal 264, Klausul 1 Kode Pajak Federasi Rusia). Dengan demikian, semakin tinggi pembayaran, semakin sedikit Anda harus membayar pajak penghasilan. Ini, menurut legislator, merangsang pengembangan perusahaan dan pembaruan aset tetap.

Saat menyimpulkan perjanjian sewa, ada dua opsi:

1. Jika properti tertinggal di neraca lessor

Dalam hal ini, penyewa termasuk dalam biaya seluruh jumlah pembayaran sewa.

Misalnya, jika perjanjian sewa dibuat selama 24 bulan, dan jumlah total pembayaran tidak termasuk PPN adalah 300.000 rubel, maka jumlah bulanan yang dimasukkan oleh pembeli dalam pengeluarannya adalah: 300.000 rubel / 24 bulan = 12.500 rubel.

Baca: Deflasi – apa itu dan mengapa lebih buruk dari inflasi

2. Jika properti ditempatkan di neraca penyewa

Properti tersebut harus dimasukkan dalam satu atau beberapa kelompok penyusutan atas biaya lessor untuk pembelian aset sewaan dan layanan pra-penjualannya. Depresiasi dibebankan tergantung pada kelompok – faktor pengali untuk beberapa jenis properti dapat mencapai 3 (penyusutan terjadi 3 kali lebih cepat dari biasanya).

Penyewa dapat memasukkan dalam biaya pembayaran sewa dikurangi jumlah depresiasi properti.

Mari kita ambil contoh yang sama dengan properti yang disewa untuk 300.000 rubel dan pembayaran bulanan 12.500 rubel, dan harga pembelian barang yang disewa (biarkan itu menjadi mesin terprogram milik kelompok penyusutan ke-5) adalah 200.000 rubel. Jangka waktu minimum untuk menggunakan properti kelompok ke-5 adalah 85 bulan. RUB 200.000 / 85 bulan * kopi. 3 = 7058 rubel.

Jumlah ini akan dimasukkan dalam pengeluaran untuk menentukan dasar pengenaan pajak penghasilan sebagai biaya penyusutan. Plus, biaya akan mencakup bagian dari pembayaran sewa dalam jumlah 12.500 – 7058 = 5.442 rubel. Akibatnya, pengurangannya akan menjadi 12.500 rubel yang sama, tetapi jika tidak dibuat dengan benar, pajak penghasilan harus dibayar tanpa potongan apa pun.

Pajak Pertambahan Nilai

Di bawah perjanjian sewa, Anda dapat menerima pengembalian PPN dari negara bagian (Pasal 171, 172 dari Kode Pajak Federasi Rusia). Ini akan terjadi jika Anda memenuhi kondisi berikut:

  • Properti yang disewa diperoleh oleh penyewa untuk kegiatan yang dikenakan PPN.
  • Penyewa dapat mengonfirmasi bahwa ia memang telah memberikan properti kepada penyewa (salinan kontrak, dokumen lain atas permintaan Layanan Pajak Federal).
  • Penyewa dapat mengkonfirmasi bahwa ia telah mencatat operasi leasing dalam catatan akuntansinya.
  • Ada faktur pembayaran sewa yang diberikan oleh lessor kepada pembeli.

Pajak properti

Jika properti tetap berada di neraca lessor, lessee tidak membayar pajak. Saat mendaftarkan properti di neraca penyewa, dimungkinkan untuk mengurangi pajak properti melalui penyusutan yang dipercepat. Pajak atas barang bergerak tidak dibebankan selama jangka waktu perjanjian sewa, terlepas dari neraca siapa itu.

Pajak transportasi

Semuanya sederhana di sini: pajak ini dibayar oleh pihak yang mendaftarkan kendaraan sewaan ke Inspektorat Keselamatan Lalu Lintas Negara atau Gostekhnadzor, terlepas dari neraca siapa properti ini berada selama periode perjanjian sewa.

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar leasing

Apakah mungkin untuk menutup kesepakatan leasing lebih cepat dari jadwal?

Sebagian besar perusahaan menyediakan pelunasan awal aset sewaan (klausul ini harus disertakan dalam kontrak). Namun, bagi penyewa, ini bukan opsi yang paling menguntungkan: jika nilai sisa dibayar lebih awal, jumlah tebusan lebih tinggi, dan preferensi pajak lebih rendah. Selain itu, penebusan cepat menyebabkan peningkatan perhatian pada transaksi di pihak otoritas pajak: FTS dapat membatalkan perjanjian sewa dan mengakuinya sebagai perjanjian pinjaman komoditas. Maka tidak akan ada pemotongan pajak sama sekali.

Dalam kasus apa properti yang dibeli dengan sewa perlu didaftarkan ke lembaga pemerintah?

Menurut undang-undang Federasi Rusia, properti berikut dan hak untuk itu harus didaftarkan:

transportasi (penerbangan, laut, jalan)
peralatan berisiko tinggi

Dalam setiap kasus ini, aset sewaan didaftarkan dengan kesepakatan antara lessor dan lessee untuk salah satu dari mereka. Setelah pemutusan perjanjian sewa karena tidak membayar pembayaran reguler oleh penyewa, otoritas pendaftaran membatalkan catatan pengguna properti.

Kami memiliki lembaga pemerintah. Bisakah kita menyewa properti?

Ya, lembaga negara bagian dan kotamadya berhak bertindak sebagai penyewa. Namun, bagi mereka, undang-undang tentang sewa guna usaha (Pasal 9.1) menetapkan sejumlah fitur:

Lessor secara independen menentukan penjual dan bertanggung jawab atas pengiriman properti tepat waktu.
Penyelesaian hanya dilakukan secara tunai, barter tidak diperbolehkan.

Hanya properti yang disewakan yang dapat digunakan sebagai jaminan.

Lessor menunda pengiriman peralatan, dengan alasan masalah dengan pemasok. Menolak untuk mengkompensasi waktu yang hilang, dengan alasan bahwa kami mencari pemasok sendiri. Apakah itu sah?

Undang-undang (pasal 34 KUH Perdata Federasi Rusia dan pasal 22 undang-undang federal “Tentang sewa keuangan (leasing)”) secara langsung menunjukkan bahwa risiko gagal bayar oleh pemasok kewajiban berdasarkan perjanjian sewa ditanggung oleh pihak yang memilih pemasok. Paling sering, peran ini dimainkan oleh penyewa. Hal yang sama berlaku untuk ketidakpatuhan properti dengan tujuan proyek. Jika Anda memilih peralatan, dan ternyata tidak cocok, biaya ditanggung oleh Anda. Jika perusahaan leasing sedang mencari pemasok atau peralatan, itu akan membayar biaya.

Apa itu subleasing?

Istilah ini dipahami sebagai pengalihan hak untuk menggunakan properti sewaan kepada pihak ketiga. Katakanlah peralatan itu disewa untuk pelaksanaan proyek. Itu selesai lebih cepat dari jadwal. Menutup kontrak lebih cepat dari jadwal berarti menimbulkan kerugian dalam hal kompensasi pajak. Keputusan dibuat untuk menyerahkan peralatan untuk disewakan. Mantan lessee menjadi lessor. Ini memerlukan izin untuk transaksi dari lessor asli. Penyewa baru memiliki preferensi pajak yang sama dengan yang utama. Jika perjanjian sewa utama dilanggar (pembayaran reguler tidak dilakukan), perjanjian sewa menyewa juga batal.

Kita sering mendengar tentang leasing fiktif. Apa itu?

Paling sering, leasing fiktif adalah penutup untuk transaksi pembelian dan penjualan angsuran. Dibuat untuk menerima manfaat pajak. Karena ada program untuk merangsang pembangunan ekonomi di banyak daerah, operasi leasing di sana disubsidi oleh dana negara. Hal ini juga membuka ruang lingkup yang luas untuk transaksi fiktif.

Pada akhir 2017, di St. Petersburg dan Wilayah Tyumen, pengadilan diadakan untuk kasus-kasus pencurian subsidi anggaran di bawah perjanjian sewa fiktif: dalam kasus pertama, 18 juta rubel masuk ke kantong penipu, di yang kedua – lebih dari 50 juta. Skemanya sama: pihak berwenang menerima perjanjian sewa palsu (pada kenyataannya, tidak ada properti yang awalnya ada dan tidak ditransfer), yang menurutnya penyerang menerima kompensasi untuk angsuran pertama atau tingkat bunga yang disediakan oleh program regional. Di ibukota utara, seorang karyawan pusat dukungan bisnis berpartisipasi dalam skema, yang menutup mata terhadap fiktifitas kontrak yang jelas.

Kesimpulan

Jadi, leasing adalah salah satu instrumen keuangan paling nyaman yang memungkinkan perusahaan memperbarui aset tetap atau membeli peralatan untuk pengembangan area bisnis baru. Keuntungan utamanya adalah untuk mengimplementasikan rencananya, seorang wirausahawan tidak perlu menginvestasikan dana sendiri yang besar dan membahayakan stabilitas keuangan perusahaan.

Negara menyediakan sejumlah manfaat dan preferensi pajak bagi perusahaan yang menggunakan skema leasing untuk pengembangan mereka. Beberapa tokoh terutama wirausaha mencoba mengambil keuntungan dari ini melalui penggunaan sewa fiktif, tetapi untuk hal-hal seperti itu Anda bisa mendapatkan catatan kriminal di bawah artikel KUHP Federasi Rusia “Penipuan”.

Harus diingat bahwa sewa dalam setiap kasus bukan pengganti pinjaman: keputusan harus didahului dengan perhitungan yang cermat atas biaya masa depan dan pertimbangan keadaan yang menyertainya. Namun, prevalensi leasing di Federasi Rusia menunjukkan bahwa sangat sering dialah yang merupakan pilihan terbaik untuk memperluas bisnisnya.