6 Jenis Spesialis Gigi

Dokter gigi adalah dokter gigi adalah dokter gigi, bukan? Yah, tidak cukup. Untuk ujian rutin, pembersihan, dan pengisian sesekali, kebanyakan orang menemui dokter gigi umum. Namun terkadang senyum kita membutuhkan lebih dari sekadar perawatan standar. Dalam hal ini, ada beberapa jenis spesialis gigi, masing-masing dengan peran tertentu untuk mengisi perawatan mulut Anda.

Spesialis gigi adalah dokter gigi yang menerima pelatihan tambahan dalam spesialisasi gigi tertentu, di atas dan di luar gelar kedokteran gigi umum mereka. Karena faktor keturunan, masalah dengan kesehatan Anda secara keseluruhan, kecelakaan, atau alasan lain, Anda mungkin perlu mengunjungi spesialis gigi.

Berikut adalah enam jenis spesialis gigi yang mungkin Anda temui selama perawatan mulut seumur hidup:

Spesialis Gigi #1: Endodontis – Spesialis Saluran Akar

Jika pulpa gigi Anda terinfeksi atau bagian dalam gigi Anda menjadi rusak atau sakit, dokter gigi umum Anda mungkin akan merujuk Anda ke spesialis gigi yang disebut endodontis. Seperti pahlawan super sederhana, endodontis berspesialisasi dalam menyelamatkan hari – eh, maksud saya menyelamatkan gigi Anda.

Di dalam gigi kita ada lorong kecil seperti gua yang disebut kanal yang mengandung pulpa sensitif, pembuluh darah, dan saraf. Endodontis adalah jenis dokter gigi yang mendiagnosis dan mengobati masalah di dalam interior sensitif ini. Endodontis mendiagnosis sakit gigi dan, dalam banyak kasus, melakukan saluran akar pada gigi yang sakit.

Spesialis Gigi #2: Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial

Spesialisasi gigi ini mengobati masalah yang berkaitan dengan jaringan keras dan lunak wajah, mulut, dan rahang Anda. Anda tidak memerlukan spesialis gigi jenis ini untuk setiap jenis operasi mulut. Ahli bedah mulut dan maksilofasial melakukan prosedur atau prosedur yang lebih kompleks yang membutuhkan tingkat sedasi yang dalam di luar nitrous oxide atau gas tertawa. Faktanya, ahli bedah mulut adalah satu-satunya profesional perawatan kesehatan, selain ahli anestesi, yang memberikan semua tingkat sedasi. Prosedur khusus yang dilakukan oleh ahli bedah mulut termasuk pencabutan gigi, operasi rahang korektif, dan operasi bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing.

Spesialis Gigi #3: Ortodontis – Spesialis Penyelarasan

Ortodontis adalah spesialis gigi yang mengoreksi posisi gigi dan rahang Anda. Anda mungkin melihat spesialis gigi jenis ini jika Anda memiliki overbite, underbite atau crossbite yang disebabkan oleh rahang yang tidak sejajar. Ortodontis juga memperbaiki gigi yang bengkok atau tidak sejajar. Dalam situasi ini, seorang ortodontis menggunakan kawat gigi, aligner bening, palatal expander, atau tutup kepala sebagai bagian dari rencana perawatan Anda. Anak-anak sering melihat spesialis gigi jenis ini, tetapi ketika kawat gigi dewasa dan keberpihakan lainnya menjadi lebih rutin, orang-orang dari segala usia sekarang biasanya melihat ortodontis.

Apakah Anda mencari perawatan ortodontik untuk diri sendiri atau anak Anda, periksa pertanggungan asuransi gigi Anda terlebih dahulu sehingga Anda tahu apa yang diharapkan dalam hal biaya di luar kantong. Juga, beberapa rencana memerlukan rujukan dari dokter gigi utama Anda sebelum menerima perawatan ortodontik, jadi hubungi penyedia asuransi gigi Anda tentang hal ini juga.

Dokter Gigi Palembang

Spesialis Gigi #4: Dokter Gigi Anak

Spesialis gigi anak adalah untuk kesehatan mulut anak seperti dokter anak adalah untuk kesehatan fisik mereka. Dokter gigi anak mengkhususkan diri dalam perkembangan mulut dan perawatan gigi anak-anak sejak bayi hingga remaja. Seorang dokter gigi anak membantu anak Anda tetap berada di jalan menuju senyum sehat seumur hidup.

Sebagian besar dokter gigi umum juga merawat anak-anak, tetapi orang tua sering memilih spesialis gigi anak untuk perawatan gigi rutin anak-anak mereka karena praktik ramah anak dan pengetahuan khusus usia mereka. Spesialis gigi anak memberikan perawatan rutin seperti ujian, pembersihan, dan tambalan gigi berlubang, tetapi mereka juga merupakan sumber daya yang bagus untuk masalah khusus anak-anak seperti mengisap ibu jari (erangan).

Dokter gigi anak juga mengkhususkan diri dalam diagnosis kondisi mulut yang terkait dengan penyakit seperti diabetes masa kanak-kanak. Spesialis gigi ini memantau perkembangan senyum anak Anda dan merekomendasikan spesialis gigi lainnya, seperti ortodontis, bila diperlukan.

Spesialis Gigi #5: Periodontis – Spesialis Gusi

Periodontis adalah spesialis gigi yang berfokus pada pencegahan, diagnosis, dan perawatan penyakit yang mempengaruhi gusi dan struktur lain yang mendukung gigi. Anggap mereka sebagai ahli penyakit gusi kedokteran gigi. Periodontis mengenali dan mengobati tahap awal penyakit gusi. Mereka juga melakukan operasi kecil, seperti cangkok gusi dan prosedur pengurangan kantong, untuk mengatasi penyakit gusi yang parah dan mengembalikan penampilan senyum Anda.

Jenis spesialis gigi ini juga memasang implan gigi dan memperpanjang mahkota gigi yang ada bila diperlukan. Jika Anda memiliki penyakit gusi yang parah, atau jika riwayat medis Anda mempersulit penyakit gusi ringan, dokter gigi Anda dapat merujuk Anda ke periodontis.

Spesialis Gigi #6: Prostodontis – Spesialis Penggantian

Prosthodontis memulihkan dan mengganti gigi yang hilang atau rusak. Spesialisasi gigi ini memiliki pemahaman unik tentang segala sesuatu yang masuk ke dalam senyum yang indah, fungsional, dan tampak alami. Prosthodontis mengkhususkan diri dalam prosedur gigi seperti veneer porselen, mahkota, implan gigi, perbaikan jembatan, gigi palsu, dan kedokteran gigi rekonstruktif.