8 Manfaat dari Massage Wajah

Massage wajah adalah perawatan yang dapat Anda lakukan dengan seorang praktisi atau sendiri. Teknik ini melibatkan stimulasi titik-titik tekanan pada wajah, leher, dan bahu.

Anda dapat menggunakan lotion, minyak, atau balsem pembersih dengan massage wajah, serta rol wajah atau alat gua sha datar.

Massage wajah membantu meningkatkan kesehatan kulit sambil mengendurkan otot-otot wajah Anda. Ini memiliki efek relaksasi dan peremajaan, membantu Anda terlihat dan merasa lebih baik.

Apakah Anda ingin menggunakan massage wajah murni untuk relaksasi atau untuk mengobati kondisi tertentu, ada banyak teknik untuk dicoba.

Lanjutkan membaca untuk melihat lebih dekat pada beberapa manfaat massage wajah, bagaimana Anda bisa melakukannya sendiri, dan kapan yang terbaik untuk mengunjungi seorang profesional.

Jenis massage wajah

Ada beberapa jenis dan teknik massage wajah yang berbeda yang dapat Anda lakukan sendiri atau dengan seorang profesional.

Jenis massage wajah meliputi:

  • drainase limfatik
  • Reflexology
  • Shiatsu
  • gua sha
  • Swedia
  • Perbaikan
  • Sinus
  • Akupresur

Teknik massage wajah meliputi:

  • Kop
  • pengadukan digital atau buku jari
  • Lipat
  • Effleurage
  • Getaran
  • Penyadapan
  • Jacquet mencubit
  • Manfaat yang diakui

Baca terus untuk mengetahui apa yang dikatakan beberapa penelitian dan bukti anekdotal tentang manfaat massage wajah.

1. Anti-penuaan dan kerutan

Salah satu manfaat utama massage wajah adalah kemampuannya untuk meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

Sebuah studi kecil tahun 2017Trusted Source meneliti efektivitas massage wajah yang mencakup alat massage yang merangsang. Peserta menggunakan alat anti-penuaan dan krim di wajah dan leher mereka selama 8 minggu. Efek krim ditingkatkan ketika digunakan dengan massagean wajah. Perbaikan terlihat pada kerutan, kulit kendur, dan tekstur.

Para peneliti juga melihat efek massage wajah pada eksplan kulit ex vivo, atau sampel. Selama 10 hari, sampel kulit dimassage menggunakan alat anti-penuaan dua kali sehari selama 1 menit. Dibandingkan dengan eksplan kulit yang tidak diobati, perangkat ini menyebabkan tingkat ekspresi yang lebih tinggi pada protein kulit, yang memiliki efek anti-penuaan pada kulit.

2. Tekanan sinus

Selama itu bukan kasus infeksi atau selama tahap akut sinusitis, Anda dapat menggunakan massagean untuk meredakan tekanan sinus, ketidaknyamanan, dan kemacetan.

Massage sinus juga dapat membantu meningkatkan drainase lendir, mengurangi sakit kepala, dan meningkatkan sirkulasi. Studi ilmiah yang lebih mendalam diperlukan untuk mengkonfirmasi dan memperluas efek massage tekanan sinus.

3. Jerawat

Merangsang kulit melalui massagean dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi munculnya jerawat. Penelitian khusus yang memberikan bukti massage wajah dalam memperbaiki jerawat terbatas.

Beberapa orang bersumpah dengan melakukan massagean minyak zaitun untuk mengobati jerawat. Hasilnya bervariasi, jadi jika itu adalah sesuatu yang ingin Anda coba, ujilah di area kecil sebelum memijat seluruh wajah Anda.

Jangan terlalu agresif dalam pendekatan Anda. Hindari gerakan keras atau exfoliants, terutama di area sensitif.

4. TMJ

Orang yang memiliki kondisi sendi temporomandibular (TMJ) mungkin mengalami ketidaknyamanan di rahang atau wajah. Ini bisa termasuk sakit kepala, sakit telinga, atau lockjaw.

Menurut Klinik Cleveland, massage titik pemicu dapat membantu meringankan otot rahang yang kencang, meradang, atau menyakitkan. Ketidaknyamanan ini mungkin disebabkan oleh mengunyah, mengepalkan rahang, atau menggiling gigi.

Massage untuk meredakan gejala TMJ mungkin sangat efektif bila dikombinasikan dengan latihan rahang.

5. Kulit bercahaya

Massage wajah mungkin hanya tiket jika Anda menginginkan kulit yang cerah dan bercahaya. Penelitian dari tahun 2002 menemukan bahwa 59 persen wanita yang melakukan massage wajah melaporkan perasaan kesegaran dan peremajaan.

Sekitar 54 persen melaporkan kulit kenyal, sementara 50 persen mengalami pengencangan kulit. Banyak bukti anekdotal menunjukkan bahwa merangsang otot-otot wajah Anda dapat membantu mengencangkan kulit, meredakan otot-otot yang tegang, dan meningkatkan sirkulasi.

6. Aliran darah kulit

Menggunakan roller massage wajah memiliki efek positif pada aliran darah kulit, yang dapat membantu meningkatkan penampilan kulit.

Menurut sebuah studi kecil tahun 2018, orang yang memiliki wajah 5 menit dengan roller massage telah meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut setidaknya selama 10 menit setelah massagean. Setelah 5 minggu dimassage, respons aliran darah terhadap panas meningkat secara signifikan.

7. Peremajaan wajah

Massage wajah dapat membantu meredakan ketegangan sekaligus meningkatkan relaksasi dan kesehatan kulit.

Penelitian dari tahun 2018 menunjukkan efektivitas massage wajah dengan alat Pao dalam mendorong peremajaan wajah. Alat latihan massage wajah terbukti meningkatkan ketebalan otot wajah dan area penampang pada wanita yang menggunakan perangkat selama 30 detik, dua kali sehari selama 8 minggu.

8. Mengelola jaringan parut

Jika Anda memiliki bekas luka wajah yang sedang dalam proses penyembuhan, massagean bisa sangat bermanfaat. Memijat jaringan parut dan daerah sekitarnya dapat membantu meningkatkan aliran darah, melonggarkan jaringan di dekatnya, dan meratakan benjolan.

Massage wajah juga dapat membantu meringankan gejala seperti rasa sakit, gatal, dan nyeri. Para peneliti pada tahun 2014 menemukan bahwa terapi massage efektif dalam mengurangi rasa sakit dan kulit gatal sambil meningkatkan penampilan bekas luka yang terangkat dari luka bakar.

Rekomendasi layanan jasa pijat panggilan surabaya yang memiliki tenaga terapis pria dan wanita Ahli dan Bersertifikat resmi dari mentri kesehatan yaitu  Gomassage  sudah teruji kemampuanya untuk menangani pasien ibu hamil.