Alasan Mengapa Download Lagu Masih Menjadi Pilihan

Di era perkembangan dan inovasi teknologi yang semakin masive seperti saat ini, segala hal yang dilakukan hampir semuanya dilakukan berbasis online atau membutuhkan adanya koneksi internet. Bahkan untuk menjalankan hobi yang Anda sukai pun kini bisa dilakukan secara online, yang pastinya memberikan banyak keuntungan. Ambil contohnya mendengarkan musik. Adanya situs streaming online mungkin memudahkan pengguna mendengarkan lagu favoritnya. Namun, tak sedikit pula pendengar musik yang memilih download lagu, bahkan dari situs resmi karena berbagai alasan.

Alasan Mengapa Download Lagu Masih Menjadi Pilihan

Sebelum situs atau aplikasi streaming lagu online berkembang dan digunakan secara masif seperti saat ini, orang-orang pendengar dan penikmat musik lebih banyak mengunduh atau mendownload langsung lagu yang ingin didengarkan. Selain sebagai bentuk dukungan kepada penyanyinya, cara ini juga dianggap lebih menguntungkan.

Bahkan, hingga kini situs dan aplikasi streaming musik online sudah banyak tersedia, legal dan pastinya pilihan musiknya lebih beragam, ada banyak alasan mengapa download lagu masih dipilih sebagian besar pendengar musik. Beberapa hal berikut adalah alasan mengapa mendownload lagu masih banyak diminati, bahkan hingga saat ini.

  • Lebih Praktis

Alasan pertama mengapa orang masih mendownload dan menyimpan lagu untuk didengarkan secara offline adalah karena lebih efektif. Penggunaan situs streaming musik mungkin memang menawarkan banyak keunggulan. Namun, kelemahannya jika mendengarkan secara online adalah harus adanya koneksi internet yang memadai. Lalu bagaimana jika tidak ada jaringan internet? Tentu saja Anda tidak akan bisa mendengarkan lagu favorit Anda. Untuk itulah mendownload lagu menjadi pilihan.

  • Hemat Penggunaan Paket Data

Alasan selanjutnya mengapa download lagu masih menjadi pilihan di tengah maraknya penggunaan aplikasi atau situs streaming adalah karena lebih hemat penggunaan data internet. Jika menggunakan aplikasi streaming online, setiap kali ingin mendengarkan lagu favorit Anda harus menghabiskan sejumlah besar kuota data internet. Berbeda jika Anda sudah mendownload lebih dahulu. Cukup menggunakan kuota internet sekali, itu pun bisa diakali dengan menggunakan jaringan wifi, dan Anda bisa mendengarkan lagu favorit Anda kapanpun dan dimanapun.

  • Bisa Tetap Mendukung Penyanyi Favorit

Siapa bilang mendownload lagu identik dengan tindakan ilegal. Jangan salah, karena saat ini bahkan sudah ada banyak situs yang menyediakan layanan download lagu ilegal untuk semua penikmat musik. Jadi, meskipun Anda mengunduh dan mendengarkan secara offline, Anda tetap berpartisipasi dalam mendukung penyanyi favorit Anda secara ilegal. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi musik berlangganan. Dengan berlangganan, setiap lagu yang Anda unduh terhitung bentuk dukungan legal bagi penyanyi favorit Anda.

  • Pilihan Lagu Bervariasi

Meskipun sekarang ada situs streaming lagu yang memungkinkan Anda memilih dari daftar lagu yang disediakan, namun mendownload lagu terkadang memberikan keuntungan lebih karena lagunya lebih bervariasi. Hal disebabkan karena tidak semua lagu yang ingin Anda putar, tersedia di situs streaming. Terkadang ada beberapa lagu yang tidak bisa Anda temukan, terutama lagu-lagu keluaran lama. Karena itu, mendownload lagu menjadi pilihan.

Mendengarkan musik merupakan sebuah hobi yang mungkin dilakukan oleh sebagian besar orang untuk mengusir rasa bosan. Cara mendengarkan musik pun kini semakin bervariasi dengan adanya situs dan aplikasi streaming online. Namun dibalik euforia streaming lagu secara online, download lagu untuk didengarkan secara offline tetap menjadi pilihan sebagian besar Anda. Hal-hal yang dijelaskan di atas adalah beberapa alasan mengapa mendownload lagu masih menjadi pilihan.