Facebook Segera Hadirkan Fitur Belanja ala Instagram ke WhatsApp

Facebook terus meningkatkan fungsionalitas platform. Bos Facebook Mark Zuckerberg pernah mengatakan bahwa WhatsApp akan meluncurkan fitur “toko” belanja baru. Fungsi “toko” sebelumnya ada di Instagram. Menurut Zuckerberg, fungsi toko WhatsApp memungkinkan pengguna dengan mudah bertanya kepada penjual sebelum melakukan pembelian.

“Lebih dari 1 miliar orang menggunakan Facebook Marketplace setiap bulan, yang memudahkan perusahaan untuk menjangkau lebih banyak orang melalui bisnis mereka dan Facebook Marketplace,” tulis Zuckerberg dalam posting Facebook. Fungsi toko Instagram memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan katalog produk yang mereka jual. Katalog dapat berisi informasi produk dan harga. Toko Instagram juga memiliki tombol khusus yang memungkinkan pembeli untuk membeli produk dari situs web resmi.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan WhatsApp Business, memungkinkan calon pembeli melihat katalog produk bahkan menghubungi penjual secara langsung melalui chat. Tidak ada penjelasan mengenai perbedaan yang ada antara WhatsAppShop dan WhatsAppBusiness. Menurut Zuckerberg, fitur toko WhatsApp akan segera diluncurkan di banyak negara. Namun, tidak jelas negara mana yang akan menerimanya.

Selain WhatsApp Shop, Facebook juga mengumumkan fitur lain Shop Ads di Facebook Marketplace yang memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal. Fitur ini hanya memberi pengguna iklan yang disesuaikan dengan perilaku belanja mereka. Zuckerberg mengatakan: “Kami memperkenalkan fitur untuk memandu pembeli ke tempat yang paling mungkin mereka belanjakan berdasarkan perilaku belanja mereka.”

Kemampuan ini sudah ada di Amerika Serikat dan telah diuji oleh banyak merek seperti Huda Beauty dan Laura Mercier. Augmented reality memungkinkan calon pembeli untuk benar-benar mencoba warna lipstik yang diinginkan sebelum membeli. Teknologi AR ini dipadukan dengan teknologi yang dikembangkan oleh Modiface dan Perfect Corp. API terintegrasi. Fitur terbaru yang diumumkan adalah Instagram Visual Search yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Facebook berharap dapat menggunakan kecerdasan buatan yang semakin canggih untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang sesuai. “Banyak pencarian belanja dimulai dengan penemuan visual, jadi saya ingin menemukan hal-hal yang menurut saya menarik, saya ingin mencari produk lain yang serupa atau ingin tahu cara mendapatkannya. Kecerdasan buatan, masalah ini dapat diselesaikan dengan bantuan kecerdasan buatan,” kata Zha Kerberg. Pengguna dapat mengunggah foto dan menemukan produk serupa di Instagram. Mungkin metode ini mirip dengan Google Lens, yang membantu pengguna menemukan produk serupa dengan mengambil foto atau memindai gambar secara langsung.

Perusahaan lain, seperti Cadeera, Donde Search, dan Stye.ai, telah menerapkan pendekatan ini. Namun, keberadaan fungsi pencarian visual kecerdasan buatan pada platform besar seperti Instagram dapat mengubah aturan main dan memengaruhi cara orang berbelanja online. Zuckerberg, akronim untuk Reuters, mengklaim bahwa toko Facebook dan Instagram memiliki lebih dari 300 juta kunjungan aktif bulanan dan 1,2 juta toko aktif bulanan.

Sumber: https://weargenkiwear.com/