Inilah Pentingnya Teknologi IOT Perkebunan Kelapa Sawit

Inilah Pentingnya Teknologi IOT Perkebunan Kelapa Sawit- Internet of Things atau IoT merupakan teknologi berbasis sensor yang telah berkembang di berbagai sektor termasuk industri kelapa sawit. Dengan teknologi ini, petani bisa mendapatkan data secara real time yang dapat dipantau dan dikendalikan menggunakan jaringan internet.

Data ini nantinya dapat dipertanggungjawabkan sehingga memudahkan para pelaku di industri perkebunan atau kelapa sawit. Bosch Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi ini di bidang pertanian khususnya perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga: Mertani

Perusahaan yang merupakan cabang dari Bosch Jerman ini sudah mulai memproduksi peralatan dan sensor yang berkaitan dengan pertanian. Berikut Pentingnya Teknologi IOT Perkebunan yang telah dikembangkan:

Smart Spraying

Smart Spraying adalah aplikasi herbisida pada gulma yang dapat diaplikasikan tanpa mengenai tanaman utama. Deepfield Connect Monitoring berupa sensor untuk memantau suhu dan kelembaban udara yang diterapkan pada perkebunan strawberry.

Teknologi Perkebunan Kelapa Sawit

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan pemasok CPO atau Crude Palm Oil terbesar di dunia, hal inilah yang menarik Bosch Indonesia untuk mengembangkan teknologi di bidang kelapa sawit. Dengan pola iklim Indonesia saat ini, tentunya akan menjadi tantangan dalam mengembangkan teknologi untuk kelapa sawit, khususnya teknologi sensor.

Teknologi ini juga diperlukan pada masa pra panen untuk mendeteksi serangan Ganoderma secara dini, menentukan tingkat kematangan buah, mengukur defisiensi unsur hara, tingkat hasil, Leaf Area Index (LAI), dan sebagainya.

Selain itu, di bidang pengolahan rendemen dan kualitas minyak sawit, dibutuhkan juga teknologi untuk menentukan Asam Lemak Bebas (ALB) CPO secara cepat. Hal ini dilakukan selama penyimpanan di tangki pabrik kelapa sawit dan teknik pemisahan fraksi CPO.

Kedua hal tersebut memakan waktu yang lama jika dilakukan secara konvensional sehingga dengan adanya teknologi diharapkan dapat mempercepat prosesnya. Penggunaan teknologi juga diperlukan dalam pendeteksian jenis kelapa sawit seperti dura, pisifera dan tenera.

Dengan teknologi yang masih digunakan hingga saat ini, masih membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil analisis laboratorium selain harganya yang mahal. Dengan adanya teknologi pendeteksi sawit, pemerintah dan swasta tentunya akan menunggunya.

Meskipun beberapa teknologi telah diterapkan di industri kelapa sawit, namun teknologi tersebut masih memerlukan optimasi lebih lanjut. Oleh karena itu, untuk pengembangan sensor lebih lanjut, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk lebih mengembangkan komoditas yang satu ini.

Demikian penjelasan dari saya tentang inilahPentingnya Teknologi IOT Perkebunankelapa sawit semoga bermanfaat.

Informasi selengkapnya kunjungi mertani.co.id