Ketahui Ukuran Foto 3R Dalam Berbagai Satuan

Hingga saat ini orang-orang masih memilih untuk melakukan kegiatan cetak foto sebagai sebuah kegiatan mengabadikan momen dalam bentuk wujud di kertas foto. Hal tersebut masih sering dilakukan karena meskipun semakin canggih gadget yang ada, namun tetap saja barang elektronik akan mudah rusak.

Jika sudah rusak, tentunya akan lebih sulit untuk mengembalikan dan mendapatkan momen yang sudah direkam di dalam barang elektronik tersebut. Sehingga banyak yang memilih untuk mencetak foto terlebih banyak yang memilih dengan ukuran foto 3R.

Kenalan Dulu dengan Ukuran Foto 3R

Ukuran 3R ini biasanya akan mudah dipajang di atas meja dengan menggunakan bingkai. Meskipun cocok dan terlihat manis jika dipajang di atas meja, ukuran 3R tidak akan cocok jika dipajang di dinding. Sebab ukurannya terlalu kecil, sehingga tidak akan ideal dan gambar menjadi tidak terlihat karena jarak pandang yang jauh.

Berapa Ukuran Foto 3R dan Konversi Satuan

Inilah ukuran foto 3R dari berbagai konversi satuan :

1.     Ukuran dengan satuan mm (milimeter)

Untuk satuan mm maka foto 3R mempunyai ukuran 89 x 127 mm, dimana panjang dari foto 127 mm dan lebarnya 89 mm.

2.     Ukuran dengan satuan cm (centimeter)

Hampir sama dengan satuan mm, untuk satuan cm akan berbeda 0.1 yaitu 8.9 x 12.7 cm. Panjang foto 12.7 cm dan lebarnya 8.9 cm.

3.     Ukuran dalam satuan inci

Selanjutnya untuk satuan inci dari foto 3R adalah 3.5 x 5 inci sehingga panjang dari foto 5 cm dan lebarnya 3.5 inci.

Dari sini Anda pasti sudah terbayang dan memang benar jika hanya bisa dipajang pada meja yang menggunakan bingkai. Jika tidak ingin dipajang, maka cocok untuk dimasukkan ke dalam album foto.

Dimana Bisa Cetak Ukuran Foto 3R?

Untuk Anda yang pasti ingin mencetak foto dengan ukuran 3R maka ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu:

1.     Tempat percetakan

Anda bisa mengunjungi tempat percetakan dan menyerahkan file foto yang ingin dicetak dengan ukuran 3R. Anda memang tidak akan ribet dan bisa terima jadi jika sudah selesai, namun biaya pengeluaran akan banyak.

2.     Mandiri

Anda juga bisa melakukan cetak foto sendiri. Hal yang perlu dipersiapkan juga mudah, Anda membutuhkan kertas foto, printer dan juga aplikasi yang membantu untuk mengedit ukuran. Aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam mengedit adalah sebagai berikut :

  • Microsoft Word
  • Photoshop
  • CorelDraw

Anda bisa dengan bebas dan kapan saja mencetak foto Anda, bahkan bisa dilakukan pengeditan foto menjadi lebih baik kualitasnya sebelum dicetak.

Dengan kedua cara tersebut, Anda benar-benar bisa mendapatkan ukuran foto 3R. Jangan tunda untuk mencetak momen seru dan penuh kenangan Anda yang bisa dipajang dan dilihat oleh orang lain.