Lima Pertanyaan Wajib saat Seminar Proposal Skripsi

Apakah ada di antara kalian yang saat ini tengah menyusun proposal skripsi, atau sedang mempersiapkan seminar proposal skripsi?

Bingung gak sih, kira-kira apa aja pertanyaan yang bakal diajukan oleh dosen nanti?

Nah, pada artikel berikut aku akan membagikan apa saja pertanyaan-pertanyaan paling umum, atau pertanyaan yang hampir pasti keluar setiap seminar proposal. Yuk baca artikel di bawah!

1. Mengapa memilih penelitian ini?

Pertanyaan ini pasti jadi pertanyaan pertama dari dosen penguji. Bagaimana cara menjawabnya?

Cara menjawabnya adalah dengan memaparkan pada dosen apa efek/dampak/akibat jika penelitian ini tidak dilaksanakan. Contoh, kemungkinan akan terjadi peningkatan kematian ibu dan bayi.

Atau, bisa juga dengan memaparkan apa manfaatapabila penelitian ini dilaksanakan. Contoh, dapat membantu tenaga kesehatan untuk menurunkan kematian ibu dan bayi.

Tapi jawabannya jangan lebay ya! Harus masuk akal, logis, dan ilmiah.

Baca Juga: Download Template Seminar Proposal

2. Mengapa memilih lokasi penelitian di tempat ini?

Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan memaparkan data mengenai tingkat keparahan masalah yang terjadi pada lokasi penelitianmu. 

Yakinkan dosen bahwa lokasi penelitian itulah yang paling membutuhkan hasil penelitianmu saat ini.

3. Apa bedanya penelitianmu dengan penelitian yang sudah pernah dilakukan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu memang harus banyak-banyak membaca hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan membuat daftar hal-hal yang berbedadari penelitianmu dengan penelitian lain.

Contohnya adalah : lokasi penelitian yang berbeda (mungkin lokasi penelitianmu memiliki tingkat keparahan masalah yang lebih tinggi, atau memungkinkanmu untuk mengambil sampel yang lebih besar dan lebih representatif), atau responden penelitian yang berbeda (mungkin responden penelitianmu lebih spesifik dibandingkan penelitian sebelumnya), dan sebagainya.

4. Mengapa memilih kerangka konsep atau teori ini?

Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan menyesuaikannya dengan masalah penelitian yang kamu angkat.

Yakinkan dosen bahwa masalah penelitianmu paling cocok, paling sesuai, atau hanya bisa diselesaikan apabila kamu menggunakan kerangka konsep atau teori tersebut.

Baca Juga: Download surat lamaran kerja PDF

5. Mengapa mengambil variabel – variabel penelitian ini?

Wah, pertanyaan ini biasanya menjadi pertanyaan paling sulit.

Tapi tenang, cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan mengaitkannya dengan kerangka konsep atau kerangka teori yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, pastikan dulu bahwa seluruh variabelmu memang asalnya dari kerangka konsep atau teori yang kamu gunakan ya! Karena memang alurnya seperti itu, jangan membuat variabel penelitian sendiri.