Macam-macam BPJS di Indonesia

Seluruh penduduk Indonesia, termasuk ekspatriat yang telah tinggal di tanah air selama 6 bulan atau lebih, memiliki kewajiban untuk mendapatkan BPJS Kesehatan (BPJS Kesehatan). Jenis BPJS di Indonesia ini diolah secara mandiri oleh individu.

Namun, jika Anda adalah bagian dari sebuah perusahaan — baik untuk perusahaan lokal maupun asing — Anda juga akan mendapatkan apa yang disebut BPJS Ketenagakerjaan (Kartu Jaminan Sosial).

BPJS disediakan oleh perusahaan untuk melindungi seluruh karyawannya. Selain BPJS, ada juga jenis asuransi independen lainnya yang bisa Anda miliki.

Pada artikel kali ini, kita akan secara khusus membahas jenis BPJS maupun jenis asuransi lainnya di Indonesia.

BPJS di Indonesia: Jaminan Sosial dan Kesehatan

Baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Jaminan Sosial bersifat wajib. Siapapun yang tinggal di Indonesia dan bekerja sama dengan perusahaan yang berbasis di Indonesia harus memiliki dua macam BPJS tersebut. Mereka melayani pemegang asuransi dengan berbagai cara. Gambaran umum kedua BPJS akan dijelaskan sebagai berikut.

Jaminan Sosial (BPJS Ketenagakerjaan) di Indonesia

Jenis BPJS ini wajib bagi perusahaan manapun. Jika Anda memiliki perusahaan, Anda harus mendaftarkan semua karyawan Anda ke BPJS semacam ini.

Jika tidak, jika Anda bekerja di perusahaan di Indonesia, perusahaan Anda harus memberi Anda layanan untuk mendapatkan Kartu Jaminan Sosial.

Baca Juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Namun, jika Anda seorang freelancer dan ingin memilikinya, Anda juga dapat mendaftar sebagai anggota BPJS Jaminan Sosial yang independen.

Jika Anda memiliki Kartu Jaminan Sosial, Anda akan memiliki perlindungan dasar untuk:

JHT (Jaminan Hari Tua/Perlindungan Hari Tua). Perlindungan semacam ini akan memberi Anda keuntungan setelah Anda meninggalkan perusahaan. Biasanya, Anda akan mendapatkan manfaat maksimal jika anda sudah bekerja selama 10 tahun atau lebih di perusahaan yang sama.

JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja/Perlindungan Kecelakaan Kerja). Jika Anda mengalami segala jenis kecelakaan selama jam kerja Anda atau terkait dengan tugas yang Anda lakukan saat Anda bekerja di perusahaan, Anda akan menerima kompensasi untuk setiap luka atau perawatan medis yang dilakukan.

JK (Jaminan Kematian/Perlindungan Kematian). Seperti namanya, Anda akan mendapatkan manfaat jika Anda, selama layanan Anda di perusahaan, mati.

JP (Jaminan Pensiun/Perlindungan Pensiun). Jika Anda mencapai usia pensiun, Anda akan menerima sejumlah kompensasi dari perlindungan semacam ini.

Pembayaran bulanan untuk program Jaminan Sosial harus dibayar oleh perusahaan dan Anda (pemegang kartu). Kedua belah pihak sebaiknya membayar BPJS sesuai dengan jenis proteksi dan besaran gaji bulanan yang anda dapatkan. Jika Anda adalah anggota independen, Anda harus membayar biaya bulanan sendirian.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Online

Kesehatan (BPJS Kesehatan) di Indonesia

Seperti namanya, jenis BPJS ini memberikan beberapa perlindungan kesehatan kepada pemegangnya, antara lain:

Penyedia Layanan Kesehatan Dasar. Di bawah layanan ini, Anda dapat memilih dokter atau klinik jika Anda memerlukan layanan kesehatan dasar (untuk memeriksa Anda setiap kali Anda sakit). Anda juga dapat memilih dokter gigi pilihan Anda. Anda dapat menghubungi dokter atau klinik Anda kapan saja.

Layanan Kesehatan Tingkat Lanjut. Jika klinik Anda tidak dapat memberi Anda perawatan medis lebih lanjut, mereka akan menandatangani surat referensi bagi Anda untuk mendapatkan perawatan khusus dengan dokter spesialis atau rumah sakit yang lebih besar.

Layanan Rawat Inap. Jika tindakan lebih lanjut perlu dilakukan, yang mengharuskan Anda dirawat di rumah sakit, Anda dapat menggunakan layanan ini.

Ada 3 kelas BPJS Kesehatan, yang memberi tahu Anda jenis dan berapa biaya perawatan medis yang ditanggung.

Jika Anda memilih BPJS Kesehatan Kelas 1, Anda harus membayar lebih, tetapi Anda juga akan menerima lebih banyak layanan dan penggantian untuk layanan rawat inap.

Namun, jika Anda ingin memiliki layanan VIP, Anda harus membayar uang ekstra untuk layanan rawat inap.

Harap dicatat bahwa BPJS tidak dapat mencakup beberapa perawatan medis tingkat lanjut — misalnya operasi jantung dan beberapa prosedur gigi tingkat lanjut.

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak layanan, Anda dapat bergabung dengan asuransi kesehatan independen lainnya dengan biaya sendiri.