Pengertian Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal

Pemahaman Pendidikan Formal, Non-formal, Informal ialah referensi mekanisme lajur pendidikan yang dilakukan seorang sebagai proses mengganti sikap dan tata laris seorang atau barisan dalam usaha mendewasakan manusia lewat usaha edukasi dan training (pemahaman pendidikan -KBBI).

Lajur pendidikan biasanya ada 3 jenis yang terbagi dalam pendidikan formal, pendidikan non-formal dan pendidikan informal.

Apa yang diartikan dengan pendidikan formal, pendidikan non-formal dan pendidikan informal? Berikut penuturannya.

Pendidikan Formal

Pemahaman pendidikan formal ialah lajur pendidikan yang dilakukan dengan cara resmi pada unit instansi atau organisasi yang terancang dan bertahap yang terbagi dalam pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal diadakan oleh pemerintahan (dengan status negeri) dan yayasan atau organisasi yang sudah penuhi persyaratan (dengan status swasta).

Contoh penerapan pendidikan formal ialah belajar dalam sekolah dasar, sekolah menengah pertama. sekolah menengah atas dan perguruan tinggi, baik itu negeri atau swasta yang dianggap oleh pemerintahan.

Pendidikan NonFormal

Pemahaman pendidikan non-formal ialah lajur pendidikan yang didapatkan tidak secara formal lewat sekolah atau perguruan tinggi, namun tetap mempunyai susunan dan bertahap.

Pendidikan non-formal sebagai lajur pendidikan yang mempunyai tujuan sebagai alternatif, menambah, dan pendamping pendidikan formal yang diadakan oleh instansi yang dipilih oleh pemerintahan pusat atau wilayah dengan merujuk pada standard nasional pendidikan.

Contoh penerapan pendidikan non-formal ialah ikuti Pendidikan Anak Umur Awal (PAUD), Pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B dan Paket C, Pusat Aktivitas Belajar Warga (PKBM), pendidikan kepemudaan, pendidikan pendayagunaan wanita, pendidikan keaksaraan, pendidikan ketrampilan dan training kerja dan lain-lain.

Pendidikan non-formal sebagai fasilitas untuk meningkatkan kekuatan peserta didik diantaranya: instansi pelatihan, instansi training, barisan belajar, majelis taklim, sanggahr, dan lain-lain,

Baca Juga: perbedaan pendidikan formal dan non formal

Pendidikan Informal

Pemahaman pendidikan informal ialah lajur pendidikan berdikari yang didapat dari keluarga atau lingkungan dengan wujud aktivitas evaluasi secara berdikari.

Hasil lajur pendidikan informal bisa dianggap bila peserta didik bisa lulus ujian sesuai standard nasional pendidikan yang diadakan oleh instansi yang dipilih pemerintahan.

Contoh penerapan pendidikan informal ialah pendidikan anak umur dini yang diberi oleh keluarga atau lingkungan. Dalam kasus tertentu, peserta didik panggil guru secara berdikari sebagai panduan bila tidak bisa ikuti pendidikan formal atau non-formal.

Informasi selengkapnya kunjungi axioma.my.id