Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Solo

Kota Solo merupakan salah satu kota di Propinsi Jawa Tengah yang cukup terkenal dengan pariwisatanya. Sejak jaman dahulu wisata Kota Solo telah menjadi salah satu yang merupakan daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, hingga wisatawan dari berbagai negara lainnya.

Variasi wisata Kota Solo yang cukup banyak menjadikan kota ini sangat kaya akan objek wisata di Solo yang sangat menarik, dari mulai wisata budaya, wisata kuliner Solo, wisata sejarah, sampai dengan wisata belanja. Bagi anda yang ingin berwisata di Solo, dijamin anda tidak akan kecewa karena banyak sekali yang bisa dinikmati di Kota Solo dan sekitarnya. Apalagi sekarang ini wisata Kota Solo telah semakin berkembang dengan sangat baik, karena perhatian pemerintah daerah setempat yang menyadari akan besarnya potensi wisata Kota Solo ini.

Wisata Kota Solo seperti telah disebutkan di atas sangat banyak macamnya. Wisata sejarah misalnya meliputi wisata candi, di sekitar wilayah Solo ada juga candi-candi peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yang sangat bagus dan layak dikunjungi. Untuk wisata kuliner Solo, kota ini memiliki banyak sekali titik atau lokasi wisata kuliner Solo yang sangat enak dan harus dicoba. Kemudian untuk wisata belanja, Kota Solo juga memiliki banyak sekali tempat belanja tradisional yang usianya sudah sangat tua dan sampai saat ini masih menjadi tujuan wisata belanja Solo bagi para pelancong. Dan untuk wisata budaya Solo memiliki warisan budaya kerajaan Mataram yang sampai dengan sekarang ini masih terpelihara dengan sangat baik.

Keraton Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat adalah kraton peninggalan kerajaan Mataram islam yang menjadi saksi sejarah perkembangan kota Surakarta. Dengan arsitektur Jawa asli yang sudah di pengaaruhi system Barat, Bangunan ini tampak megah walaupun masih menampilkan ciri dari Solo itu sendiri.

Keraton Surakarta atau nama resminya Keraton Surakarta Hadiningrat, merupakan sebuah tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung di Solo. Dibangun secara bertahap oleh Sunan Paku Buwono II pada tahun 1744, menjadikan Keraton Surakarta Hadiningrat menjadi tempat yang eksotis yang menyimpan banyak nilai sejarah. Secara fisik Keraton Surakarta memiliki banyak kesamaan dengan Keraton Yogyakarta dikarenakan salah satu arsiteknya yaitu Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengkubuwana I, yang menjadi arsitek utama Kraton Yogyakarta.

Keraton Surakarta terletak tepat di pusat kota, berdekatan dengan beberapa landmark kota Solo, seperti Balai Kota, Pasar Klewer dan Pasar Gede. Beragam sarania transportasi bisa di gunakan untuk menuju lokasi wisata, seperti becak dan andong. Untuk bisa melihat keindahan Keraton Solo ini pengunjung harus membayar harga tiket masuk Keraton Solo yang cukup murah.

Harga tiket masuk :
Wisatawan Domestik : Rp 10.000,-
Domestik Rombongan : Rp 8.000.-
Wisatawan Asing : Rp 15.000.-
Ijin Foto/ Kamera : Rp 3.500.-

Jam Buka :
Senin – Kamis : 09.00 -14.00 wib
Sabtu – Minggu : 09.00 – 15.00 wib
Jumat : Tutup

Pura Mangkunegaran

Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi dua yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta menjadi awal dari berbagai perpecahan di kerajaan di Jawa ini. Kasunanan Surakarta kemudian juga mengalami perpecahan dengan berdirinya Praja Mangkunegaran yang merupakan kerajaan kecil bagian dari Kasunanan Surakarta dengan rajanya Mangkunegoro. Pura atau keraton kecil ini sangat menarik juga untuk dikunjungi kala liburan ke Kota Solo. Karena seperti halnya Keraton Solo, Pura Mangkunegaran ini juga memiliki artitektur bangunan yang sangat menarik dengan arsitektur khas jawa kuno yang masih terpelihara dengan baik. walaupun ukurannya jauh lebih kecil dari Keraton Solo, namun tempat wisata di Solo ini bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi karena selain indah, harga tiket masuk Keraton Mangkunegaran ini terbilang sangat murah.

Harga tiket masuk :
Harga Tiket : Rp 5.000.

Jam Buka :
Senin – Sabtu : 09.00 – 14.00 wib
Minggu : 09.00 – 13.00 wib

Paket Wisata

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Jika liburan bersama keluarga dan anak di Sriwedari lah tempat yang cocok karena banyak hiburan buat anak anda. Sejarah singkat, Pakubuwono X pada mulanya membuat Taman Sriwedari sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan, terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. Pada awalnya, taman ini terletak di sebuah lokasi yang dinamakan Kebon Rojo atau Taman Raja. Saat ini, taman rekreasi ini mempunyai beberapa fasilitas hiburan baik untuk anak kecil maupun dewasa, restoran-restoran kecil, dan stan penjualan suvenir. Di dalam kompleks taman ini juga terdapat sebuah atraksi yang terkenal yaitu wayang orang. Atraksi ini digelar tiap malam, menampilkan penari wayang orang dan penyanyinya.

Harga Tiket Masuk :
Rp 7.000.- THR Sriwedari
Rp 3.000.- Gedung Wayang Orang

Jam Buka:
10.00 – 22.00 wib THR Sriwedari (Buka setiap hari)
20.00 – 23.00 wib Gedung Wayang Orang (Hari Minggu Tutup)

Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang menawarkan keragaman wisata Kota Solo, khususnya wisata belanja. Namun tidak hanya sebagai tempat wisata belanja, Pasar Klewer juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi karena pasar tradisional yang satu ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Pasar tradisional yang kini sangat dikenal sebagai salah satu pusat dagangan kain batik di Jawa tengah ini memang selalu menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo. Istilah “Klewer” sendiri pada mulanya berawal dari adanya sejumlah pedagang yang berdagang kain batik di kawasan ini. Mereka pada umumnya meletakkan kain batik dagangannya tersebut menjuntai di pundak atau dalam bahasa Jawa disebut “nglewer”. Dan walaupun jaman semakin berkembang namun Pasar Klewer tetap menjadi pasar kain tradisional yang selalu menarik bagi para wisatawan, karena selain bisa berbelanja berbagai jenis kain batik, nuansa pasar kain tradisional masih sangat terasa kental di tempat ini.

Tiket masuk : Gratis (Namanya juga pasar n_n)
Jam Buka : 09.00 -16.00 wib

Informasi tentang paket wisata https://ayohealing.com/