Strategi Marketing 4P: Memahami Pemasaran Mix

4 P Pemasaran: Memahami Mix Pemasaran

Mix pemasaran adalah alat yang digunakan untuk membantu merek memahami elemen apa yang harus digabungkan untuk memenuhi tujuan dan sasaran pemasaran mereka. Pada akhirnya, ini termasuk Strategi Pemasaran 4P: product, price, place dan promotion.

Evolusi era digital telah menyebabkan metode dan praktik standar hampir setiap industri berubah dan tumbuh untuk bekerja dalam paradigma baru ini, dan pemasaran tentu saja tidak terkecuali. Bahkan, industri pemasaran bisa dibilang paling diuntungkan dengan pertumbuhan digital.

Pemasar saat ini memiliki akses ke banyak informasi dan akses melalui alat baru untuk pembuatan profil pelanggan, kecerdasan buatan, dan analisis respons untuk menyebutkan beberapa saja. Selain itu Big Data, atau kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan bertindak berdasarkan sejumlah besar informasi pelanggan dan produk, dan gagasan untuk menyediakan pemasaran satu-ke-satu yang andal dan prediktif menjadi sangat nyata.

Penyewa inti pemasaran telah teruji oleh waktu. Era Internet telah menyebabkan beberapa perubahan dalam cara kerja pemasar, yang berarti merevisi proses, konsep, dan prioritas pemasaran lama, dan kemudian merekonstruksinya menjadi bentuk-bentuk yang bekerja lebih baik dan lebih efektif di dunia komunikasi baru ini. Namun melalui itu semua, penyewa dan fundamental itu tetap sama.

Dapatkan strategi, taktik, dan wawasan pemasaran yang Anda butuhkan untuk menjamin ROI di dunia yang berkembang dan berfokus pada pelanggan ini.

Strategi Pemasaran 4P

Strategi Pemasaran 4P meliputi product, price, place, dan promotion. Ini adalah elemen kunci yang harus disatukan untuk secara efektif mendorong dan mempromosikan nilai unik merek, dan membantunya menonjol dari persaingan.

Jerome McCarthy pertama kali mengusulkan bentuk modern dari 4 P dalam buku teksnya tahun 1960, Basic Marketing: A Managerial Approach. Elemen-elemen ini sejak itu telah menyediakan metode standar untuk menggambarkan program pemasaran selama lebih dari 50 tahun.

Tapi, apa yang membuat 4 P pemasaran begitu penting sehingga mereka bertahan dalam ujian waktu, termasuk pertumbuhan era internet? Di bawah ini kami memecah setiap P, dan memeriksa kembali cara-cara yang masing-masing tetap penting untuk pemasaran.

Product

Suatu produk mengacu pada barang apa pun yang bermaksud untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan target. Ini bisa menjadi barang yang nyata, seperti barang pakaian atau perangkat lunak, atau tidak berwujud, seperti layanan atau pengalaman (pikirkan layanan hukum atau kapal pesiar).

Pemasar harus selalu memiliki konsep yang jelas tentang apa yang diperjuangkan produk mereka, dan apa yang membedakan mereka dari persaingan, sebelum mereka dapat dipasarkan dengan sukses. Saat ini, internet dapat dianggap sebagai media untuk pembelian, melalui e-commerce, atau produk itu sendiri, seperti layanan media sosial. Karena itu, sangat penting bagi pemasar untuk sepenuhnya memahami produk yang mereka jual, bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan target pelanggan mereka, dan apa yang membuat produk mereka berdiri di atas persaingan.

Beberapa pertanyaan kunci yang perlu dijawab pemasar meliputi:

  • Apa yang diinginkan pelanggan dari produk/layanan Anda? Apakah itu memenuhi kebutuhan mereka?
  • Fitur apa dari produk / layanan Anda yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda? Apakah Anda melewatkan fitur apa pun?
  • Bagaimana dan di mana pelanggan akan menggunakannya?
  • Bagaimana pelanggan akan mengalaminya?

Price

Pertama datang produk, dan segera setelah itu muncul penentuan nilainya di antara audiens target. Strategi penetapan harga adalah seni dan ilmu pengetahuan, karena melibatkan data pasar dan perhitungan yang cermat, serta secara terampil menyeimbangkan antara penetapan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan memahami bagaimana condongnya kedua cara tersebut dapat merusak merek.

Harga tidak hanya mengacu pada nilai moneter suatu produk, tetapi juga waktu atau upaya yang bersedia dikeluarkan pelanggan untuk memperolehnya. Menentukan hal ini akan menjadi faktor penting dalam pendapatan bagi merek karena akan berdampak pada keuntungan, penawaran, permintaan, dan berapa banyak pemasar yang harus dibelanjakan untuk promosi atau strategi pemasaran. Ini, dengan sendirinya, adalah mengapa ‘P’ ini adalah salah satu yang paling penting. Jika suatu produk dihargai terlalu tinggi atau terlalu rendah, produk – dan merek – bisa gagal.

Beberapa pertanyaan kunci yang perlu dijawab pemasar meliputi:

  • Berapa nilai produk atau layanan bagi pembeli?
  • Bagaimana harga Anda dibandingkan dengan pesaing?
  • Apakah ada kemungkinan titik harga yang ditetapkan untuk produk / layanan di area ini?

Place

Era internet telah memperkenalkan tantangan baru dalam hal menjangkau pelanggan Anda. Tempat mengacu pada menyediakan pelanggan akses ke produk, dan juga memanggil kenyamanan bermain bagi pelanggan. Pemasaran, melalui sarana digital atau lainnya, adalah tentang menempatkan produk yang tepat, di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, pada waktu yang tepat, di depan pelanggan.

Beberapa pertanyaan kunci yang perlu dijawab pemasar meliputi:

  • Di mana target pelanggan berbelanja?
  • Apakah mereka menggunakan desktop atau perangkat seluler?
  • Apakah mereka berbelanja produk serupa secara online, atau di toko fisik?
  • Di mana mereka terlibat di media sosial?

Meskipun transaksi dengan perusahaan Anda dapat dilakukan secara eksklusif di dalam toko atau online, pelanggan kemungkinan berinteraksi dengan merek Anda atau produk spesifik Anda di berbagai tempat. Penting untuk mempertimbangkan bagaimana masing-masing tempat ini memengaruhi pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Promotion

Sekarang, bagaimana cara membuat audiens sadar akan produk tersebut? Dalam kerangka empat P, promosi terutama mengacu pada komunikasi pemasaran.

Komunikasi ini menggunakan saluran seperti hubungan masyarakat, periklanan, pemasaran langsung, pemasaran email, pemasaran media sosial, atau promosi penjualan; anggap saja sebagai cara apa pun pemasar menyebarkan informasi produk yang relevan kepada target pelanggan mereka.

Promosi adalah area yang bisa dibilang telah melihat pertumbuhan dan perubahan terbesar sebagai akibat dari era digital. Dengan akses luar biasa yang ditawarkan oleh solusi pemasaran B2C, pemasar sekarang dapat mempromosikan produk dengan lebih mudah, lebih efektif, dan dengan lebih banyak personalisasi daripada sebelumnya, sehingga mengarah pada hasil yang lebih besar dan harapan yang terus meningkat.

Beberapa pertanyaan kunci yang perlu dijawab pemasar meliputi:

  • Bagaimana Anda akan menjangkau audiens target Anda?
  • Di mana Anda akan mengirim pesan pemasaran Anda ke audiens target Anda?
  • Bagaimana pesaing Anda mempromosikan produk mereka? Apakah itu memengaruhi aktivitas promosi Anda sendiri?
  • Kapan waktu terbaik untuk berpromosi?