WhatsApp dan UKM Indonesia Luncurkan Chatbot Dukung Pedagang Pasar

Beberapa hari lalu, WhatsApp dan UKM Indonesia meluncurkan program chat “JuW Ara Market” di Tanah Air. Chatbot WhatsApp berbasis API memungkinkan anggota komunitas untuk mengakses katalog pasar JuWARa. Panduan Pasar JuWARa sendiri berisi informasi tentang pedagang pasar tradisional di 22 kota di Indonesia. JuWARa Market Chatbot memungkinkan anggota komunitas untuk berbelanja di dealer pasar tradisional terdekat melalui WhatsApp. Anggota komunitas ini dapat berbelanja di pedagang pasar tradisional mereka tanpa harus pergi ke pasar tradisional yang bersangkutan.

Chatbot pasar JuWARa diharapkan dapat membantu pedagang pasar tradisional meningkatkan penjualan tanpa mengandalkan WhatsApp dan UKM Indonesia untuk memudahkan konsumen memasuki pasar tradisional seperti yang dikutip dari laman https://bertahan.my.id/. Jika negara ini masih mengalami COVID-19, ini mungkin juga menjadi solusi. WhatsApp dan UKM Indonesia telah mengkonfirmasi bahwa wabah COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat telah mengurangi penjualan pedagang pasar tradisional hingga hampir 40%.

“Kami sangat senang dapat membawa katalog chatbot berbasis API ke pasar sebagai kelanjutan dari kursus pelatihan bisnis WhatsApp dan rangkaian program ‘JuWARa Market’ untuk memastikan komitmen UKM terhadap transformasi digital tidak berakhir di virtual. cara… Ini menunjukkan semakin banyak merchant yang bisa mendaftar chatbots untuk tetap berhubungan dengan jutaan konsumen Indonesia melalui WhatsApp. Kami berharap semakin banyak orang yang bisa menggunakan software chat ini untuk berbelanja melalui WhatsApp di warung-warung pasar tradisional,” Esther Samboh (WhatsApp Indonesia Public) Direktur Kebijakan mengatakan.

Sriani Wulan, pedagang di Pasar Baru Mojokerto, mengatakan: “Ini berdampak besar pada input karena pelanggan di pasar sangat sedikit karena pandemi. Semua orang yang tahu menggunakan WhatsApp, jadi mencoba menjual di WhatsApp adalah hal yang baik. ide. Berarti.” Dalam katalog, pembeli dapat memesan langsung dari sana. Kami juga berharap chatbot Joara Market dapat meraih lebih banyak pelanggan,” lanjut Suryani Wulan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, chatbot Juwara Marketplace merupakan kelanjutan dari program JuWARa Marketplace. Sebagai bagian dari rencana pemasaran JuWARa, 1.130 retailer dari 66 pasar di 25 kota di Indonesia telah menyelesaikan pelatihan bisnis WhatsApp dan melakukan transaksi melalui WhatsApp. Market plan JuWARa sendiri diluncurkan pada April 2021. Oleh karena itu, chatbot Pasar JuWARa harus memudahkan anggota komunitas untuk menemukan dan membeli akun bisnis WhatsApp untuk pedagang pasar tradisional.

Anggota komunitas dapat menggunakan JuWARa Market Chatbot di WhatsApp 087775313357 atau link wa.me/6287775313357. Setelah mencapai nomor di atas atau tautan di atas, anggota komunitas dapat mengirim pesan “halo” untuk menerima respons dari chatbot dan melanjutkan dari sana.

UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita dan salah satu sektor yang paling terdampak pandemi. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama untuk mendukung kelangsungan dan kemakmuran perusahaan-perusahaan tersebut, seperti program Pasar JuWARa yang diluncurkan oleh WhatsApp dan UKM Indonesia. Program ini memberikan peluang berharga bagi para pedagang pasar untuk menjangkau jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia,” tutup Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.