Akuntansi Adalah – Karier akuntan ialah semua sektor pekerjaan yang menggunakan ketrampilan di bagian akuntansi, terhitung sektor pekerjaan akuntan khalayak, akuntan internal yang bekerja pada perusahaan industri, keuangan atau dagang, akuntan yang bekerja di pemerintahan, dan akuntan sebagai pengajar.

Akuntansi Adalah Dalam makna sempit, karier akuntan ialah cakupan pekerjaan yang dilaksanakan oleh akuntan sebagai akuntan khalayak yang wajarnya terbagi dalam pekerjaan audit, akuntansi, pajak dan konselor management.

Arah Profesi Akuntansi

Pengertian Motivasi

Arah program study mengarah pada arah instansi dan sebagai turunan dari tugasnya sebagai berikut ini:

  • Terlaksananya Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam sektor akuntansi yang berpikiran global.
  • Terselenggaranya pengajaran akuntansi yang berkualitas dan berkepanjangan yang gampang dijangkau dan dapat dijangkau oleh warga luas hingga sanggup berperanan aktif dalam mencerdaskan bangsa.
  • Terlaksananya aktivitas riset dan peningkatan pengetahuan ekonomi terutamanya dalam sektor akuntansi dan usaha yang efektif dan efisien hingga hasilkan alumnus sektor akuntansi yang inovatif,kreatif dan sanggup berkompetisi.
  • Turut berpartisipasi dalam mempersiapkan tenaga pakar profesional dalam sektor akuntansi yang mempunyai kredibilitas dan siap hadapi dunia usaha yang aktif, junjung etika-etika dan norma karier.

Target Profesi Akuntansi

Target Akuntansi Adalah program study PPAk merujuk pada target kualitas Kampus, yakni:

  • Sekurangnya 75% mahasiswa lulus on time (2 semester) dengan prestasi yang memberikan kepuasan (IPK >= 2,75).
  • Sekurangnya 75% alumnus mempunyai Skor EPT minimum 450.
  • Sekurangnya 75% alumnus kuasai program computer di bagian akuntansi dengan nilai minimum B.

Kurikulum Profesi Akuntansi

  • Kurikulum Program PPAk sejumlah besar berisi materi program dan ide akuntansi yang bisa diterapkan di dunia praktek dan memerhatikan keperluan pemakai layanan akuntansi
  • Kurikulum dan Silabus Program PPAk berdasar Tutorial Penyelenggaraan PPAk yang dikeluarkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).
  • Kurikulum sejumlah 28 SKS (periode study cuman 2 semester) yang terdiri dari 10 (sepuluh) mata kuliah dan tanpa pekerjaan akhir/skripsi.

jenis Profesi Akuntansi

Kalian punyai niat terjun di dunia akuntansi dan memperdalam pekerjaannya? Akuntansi Adalah Tetapi bingung dengan adanya banyak opsi karier dan alasan tingkatan karier yang akan datang? Tenang, jumlahnya opsi janganlah sampai ketidaktahuan, kalian harusnya suka lapangan pekerjaan terbuka seluas-lebarnya.

Saat sebelum jatuhkan opsi pada satu tipe karier akuntansi, seharusnya kalian terlebih dahulu ketahui keterangan dan perincian tipe karier akuntansi sebagai ini. Menambahkan pengetahuan itu perlu, supaya tidak perlu percuma dengan salah jalan sekedar cari tahu.

1. SAP Application Consultant

Pekerjaan ini pas untuk kamu yang telah mempunyai sertifikasi SAP dan sudah melakukan training dari Trainer SAP yang berkuasa. Walau ongkos training SAP termasuk mahal, tetapi hal tersebut dipandang pantas sebagai investasi.

SAP (Sistem Application and Product in data processing) ialah Software Enterprise Sumber Rencana (ERP). Yang mana dapat disimpulkan sebagai satu tools IT dan management untuk menolong perusahaan berencana dan lakukan aktivitas operasinya secara efisien dan efektif.

2. Auditor

Jadi seorang auditor ialah opsi karier yang paling prospektif untuk hari esok kalian yang ceria. Terutama bila kalian telah lulus pengajaran di bagian akuntansi. Opsi karier ini benar-benar pas untuk diperhitungkan.

Tetapi menjadi seorang auditor professional tidak gampang. Kalian minimum harus kuasai ide dasar akuntansi dan auditing. Untuk tingkatkan kekuatan karena itu kalian harus mengikut program pengkajian karier akuntan (PPAk) dan lulus ujian Certified Public Accountant dan atau Certified Intern Auditor.

3. Akuntan

Jadi karier yang terbanyak disukai jadikan akuntan lebih terkenal dibanding tipe karier akuntansi lainnya. Ditambah lagi jika kalian baru lulus kuliah di jalur Akuntansi dan ingin coba pengalaman pertama bekerja.

Pada intinya, tipe pekerjaan seorang akuntan baik di kantor akuntan khalayak atau kantor perusahaan tertentu nyaris selalu terkait dengan pengaturan neraca keuangan. Dengan upah di tahun pertama memegang sejumlah 5 – 10 juta telah cukup buat hidup pantas.

Tapi, jikamana karier kalian ingin tidak cuman stop sampai di akuntan, karena itu seharusnya mengikut pengajaran kelanjutan dan mendapatkan Certified Managemant Accountant (CMA) atau Certified Public Accountant (CPA). Beberapa instansi telah sediakan program ini.

4. Business Analyst

Kemampuan kunci yang kalian diperlukan menjadi seorang Business Analyst ialah dengarkan. Karier ini menuntut kalian untuk menganalisa keperluan usaha dan persoalan penting beberapa faksi yang memiliki kepentingan dengan menyarankan jalan keluar ringkas.

Persyaratan kalian jadi riset usaha ialah memiliki sertifikasi dan berdasar belakang pengajaran management, keuangan, dan akuntansi. Dengan arah sanggup menyaksikan ada kelengahan sampai keperluan perusahaan dengan cermat.

5. Financial Analyst

Berita bahagia untuk kalian yang kuliah di jalur Akuntansi atau Management Keuangan. Apa lagi bila kalian mempunyai kelebihan memikir rasional, sanggup menangani penekanan pekerjaan, dan memiliki sifat tegas, karier Financial Analyst menanti hari esok kalian.

Pekerjaan Financial Analyst ialah memberi analisis, perkiraan, dan kecondongan sebuah usaha dan tawarkan jalan keluar untuk kurangi risiko usaha perusahaan. Kekuatan menganalisis keuangan berdasarkan neraca keuangan, kalian bisa memandang kekuatan hari esok perusahaan.

Upah Financial Analyst /bulan di tahun pertama capai 5 – 10 juta Rupiah. Bila kalian ketarik menyelami karier ini bisa mengikut program pengajaran kelanjutan dengan gelar Certified Financial Analyst (CFA).

6. Kredit Analyst

Ketarik dengan karier ini? Kalian akan memperoleh upah seputar 5 – 7 juta Rupiah /bulan di tahun pertama. Dengan persyaratan lulus S1 dan pernah bekerja di perusahaan pendanaan dan perbankan baik swasta atau pemerintahan.

Pekerjaan khusus jadi kredit analyst ialah menganalisis kekuatan calon pencarian credit dalam soal bayar kembali pinjamannya, berbentuk uang dasar utang dan bunganya. Dapat kalian pikirkan sebuah bank yang tidak mempunyai kredit analyst professional?

Dapat buyar di tengah-tengah jalan. Karena itu, kehadiran karier satu ini benar-benar penting untuk kelangsungan hidup perusahaan seperti bank dan instansi leasing.

7. Financial Planner (Perencana Keuangan)

Keperluan perusahaan akan seseorang yang dapat memberi saran di bagian keuangan bertambah bersamaan bertumbuhnya kesejahteraan ekonomi Indonesia akhir-akhir ini.

Kalian ingin bekerja di bagian akuntansi tetapi tidak mempunyai background pengajaran di bagian yang serupa? Tenang, lowongan Financial Planner terbuka untuk jalur apa, tidak selalu cuman untuk alumnus ekonomi.

Bila kalian ketarik melalui karier sebagai Financial Planner, kalian minimal pernah magang di perusahaan yang beroperasi di sektor perencana keuangan dan seterusnya dapat ambil sertifikasi sebagai Financial Planner yang dikeluarkan oleh instansi berkuasa.

8. Akun Payable Clerk

Pekerjaan khusus jadi Akun Payable Clerk ialah tangani proses akuntansi hutang, menginput data, dan mempersiapkan bukti transaksi bisnis. Document yang lain yakni tangani invoice, laporan perpajakan, prepaid expenses, dan accrual and balance sheet reconciliation.

Proses pendataan akun payable diawali saat perusahaan mempunyai hutang pada perusahaan lain atau supplier, pembelian barang yang telah diterima, atau telah lakukan DP saat sebelum barang yang dibeli diterima.

Terlihat gampang ditangani? Untuk memperdalam karier ini kalian tidak perlu lulus Sarjana Ekonomi, apa lagi harus tersertifikasi oleh instansi tertentu. Setiap bulannya, kalian akan dibayar sejumlah 3 – 5 juta Rupiah.

9. Enterpreneur (Wiraswastawan)

Opsi paling akhir karier akuntansi yang dapat kalian jalani ialah jadi seorang enterpreneur. Sebuah karier di mana kalian tidak dituntut menjadi alumnus apa saja dan mempunyai kemampuan setinggi-tingginya sama seperti yang perusahaan mencari.

Menjadi seorang enterpreneur yang diperlukan cuman kreativitas, imajinatif, enerjik, dan mempunyai jiwa yang positif jika pada jalan paling akhir yang kalian tentukan ini akan sukses di masa datang.

Sekian ulasan dari kami tentang Akuntansi Adalah, semoga bermanfaat.

Sumber Referensi: